Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Oww… Jadi Seperti Ini Lho Penampakan Tweet Hasil Edit di Twitter!

edit tweet twitter
Indri Penulis

Setelah berbagai rumor beredar soal tombol edit Twitter, kini muncul gambar yang memperlihatkan penampakan fitur edit di Twitter.

Tombol edit adalah fitur yang paling diinginkan oleh mayoritas pengguna Twitter selama bertahun-tahun. Sayangnya Twitter tetap kekeuh dengan pendiriannya, yakni sama sekali nggak mau bikin tombol edit untuk platform-nya.

popculture.id

Tapi memasuki tahun 2022, sepertinya pemikiran Twitter mulai melunak. Yah, atau mungkin mereka berhasil menemukan strategi baru untuk menambah penghasilan dengan cara menjadikan tombol edit sebagai umpannya.

Beberapa bulan lalu, sempat muncul kabar jika Twitter telah mengembangkan tombol edit. Tapi.. Tombol tersebut nanti hanya diperuntukkan buat pelanggan Twitter Blue (nah kan, strategi buat nambah cuan sih kalau ini).

Masuk di bulan April 2022, sempat tersiar kabar kalau uji coba tombol Edit sudah mulai dilakukan. Berdasarkan tangkapan layar yang viral di internet, tombol tersebut sudah mulai terpasang di Twitter milik sebagian pengguna, hanya saja belum bisa digunakan dengan normal.

Sementara itu pengamat media sosial, Jane Manchun Wong, sempat menulis di akun Twitter-nya. Ia membocorkan jika tombol edit nantinya akan menampilkan riwayat pengeditan Twitter.

Jadi semua orang bisa tahu mana cuitan asli, dan mana cuitan hasil editan. Sayangnya belum satupun gambar yang memperlihatkan cara kerja tombol tersebut.

Awal Agustus 2022, Jane Manchun Wong membeberkan kabar bagus. Ternyata Wong telah menemukan tampilan asli tombol edit Twitter, lengkap dengan cara kerjanya.

Dalam cuitannya di atas, Wong mengatakan kalau cuitan yang disematkan akan menunjukkan apakah cuitan tersebut telah diedit, atau apakah ada versi baru dari cuitan tersebut.

Saat sebuah situs menyematkan cuitan lalu diedit, sematan tidak hanya menampilkan versi baru (menggantikan yang lama). Sebaliknya, itu menunjukkan indikator jika ada versi baru dari cuitan tersebut.

Lalu kapan fitur ini akan diluncurkan? Beberapa waktu lalu, Twitter sempat mengatakan kalau mereka masih terus mengembangkan tombol edit dan baru akan meluncurkannya dalam beberapa bulan mendatang.

Saat diluncurkan, tombol tersebut cuma bisa dinikmati oleh pelanggan Twitter Blue. Dengan naiknya harga langganan Twitter Blue saat ini (dari yang awalnya $2,99 menjadi $4,99), mungkin keberadaan tombol edit akan membuatnya cukup sepadan.

Tapi tombol edit bukan satu-satunya fitur yang bikin Twitter Blue patut dipertimbangkan. Setidaknya saat ini Twitter Blue sudah lebih berwarna dengan adanya fitur unggahan video lebih panjang, tema aplikasi, navigasi khusus, folder bookmark, dll.

    %d blogger menyukai ini: