Twitter Bikin Sayembara Hacker Buat Bobol Fitur Crop Gambar Otomatis

Hadiah Fantastis! Mau Ikut?

Twitter bikin sayembara untuk hacker yang bisa bobol fitur crop gambar otomatis mereka. Mau ikut? Baca detilnya dulu di sini ya.

Pengumuman soal sayembara hacker diumumkan Twitter di blog resminya, 30 Juli lalu. Dalam pengumumannya, Twitter ingin agar hacker dan para peneliti bisa mengidentifikasi kelemahan dari algoritme pemotongan/crop gambar otomatis mereka.

Peserta sayembara nanti harus menyerahkan deskripsi dari temuan mereka. Mereka juga harus mengumpulkan data yang bisa dijalankan lewat algoritme, untuk menunjukkan masalah tersebut.

Selanjutnya, Twitter bakal memberikan poin berdasarkan jenis bahaya yang ditemukan, seberapa besar potensinya dalam mempengaruhi pengguna Twitter, dan masih banyak lagi.

Hadiah Sayembara Capai Ribuan Dolar

Buat yang berhasil memenangkan sayembara ini, mereka bakal mendapatkan uang sebesar $3.500. Masih ada lagi hadiah tambahan $1.000 yang diberikan secara terpisah, untuk temuan yang terinovatif dan paling bisa digeneralisasikan.

Kembali lagi ke algoritme pemangkasan gambar. Twitter sebenarnya telah melakukan penelitian untuk algoritme ini sejak bulan Mei. Sempat dicap ‘rasis,’ Twitter akhirnya menghapus sebagian besar pratinjau pemangkasan gambar otomatis.

sanyembara hacker twitter
Sumber : Techthirsty

Twitter juga pernah mengadakan sesi tanya jawab untuk tim internalnya. Dalam sesi tersebut, anggota tim bisa mengajukan berbagai pertanyaan tentang kelemahan algoritma tersebut (pertanyaan yang mungkin tak pernah terpikirkan oleh Twitter sekali pun).

Mengadakan challenge berhadiah fantastis seperti sekarang ini jelas memberi keuntungan tersendiri buat Twitter. Sebab mereka jadi bisa mendapatkan umpan balik dari perspektif yang jauh lebih luas.

Saat kabar sayembara ini mencuat, jelas banget orang-orang langsung heboh. Bahkan ada beberapa yang bercanda kalau Twitter harus menambah ‘nol ekstra’ di belakang nominal hadiahnya.

Sementara itu, ini bukan pertama kalinya Twitter bikin challenge berhadiah buat hacker. Twitter selalu menyediakan program hadiah bug normal.

Nantinya Twitter bakal membayarmu $2.940 kalau kamu berhasil menemukan bug, yang memungkinkan kamu melakukan tindakan untuk orang lain (seperti me-retweet tweet atau gambar secara otomatis).

Nah, kalau kamu berhasil mengambil alih akun Twitter orang lain, hadiahnya jauh lebih besar yakni $7.700. Karena itu artinya, kamu berhasil menembus sistem keamanan ‘paling penting’ milik Twitter.

Tapi Twitter mengatakan dalam blog-nya kalau challenge ini terpisah dengan program hadiah bug. Kalau kamu mengirimkan laporan tentang kelemahan algoritmik ke Twitter di luar kompetisi, apa yang kamu kirimkan bakal diklaim Twitter sebagai laporan basi alias sudah nggak berlaku.

Kalau kamu tertarik buat ikut sayembara ini, kamu bisa langsung cus ke halaman kompetisi HackerOne untuk melihat aturan, kriteria dan informasi penting lainnya.

Pendaftaran dibuka hingga 6 Agustus 2021, dan pemenang challenge bakal diumumkan di Def Con AI Village pada tanggal 9 Agustus 2021.

Ayo hacker Indonesia, buktikan kemampuanmu! Hehehe~

%d blogger menyukai ini: