Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Makin Seru, Twitter Bakal Punya Fitur Podcast!

Indri Penulis

Ada kabar bagus buatmu pengguna Twitter! Sebentar lagi Twitter akan punya fitur Podcast. Fitur ini bakal diintegrasikan dengan tab Space.

Dalam pengumumannya, Twitter resmi melakukan uji coba hari ini. Uji coba tersebut dilakukan untuk menguji versi terbaru tab Twitter Space yang di dalamnya sudah ada Podcast.

popculture.id

Lalu apa fungsi fitur Podcast? Fitur tersebut memungkinkan pengguna Twitter mendengarkan acara lengkap lewat daftar putar yang dikuratori berdasarkan minat pengguna.

Tab Space versi baru bisa dibuka via Station. Di dalam sana, akan ada daftar putar berbasis topik yang menggabungkan episode podcast yang diambil dari RSS, dengan acara dan rekaman audio sosial Twitter. Selain itu Live dan fitur-fitur lainnya juga masih tetap ada di tab, tepatnya di bagian bawah halaman.

Sementara itu, pengujian fitur Podcast akan diluncurkan ke grup Space secara acara di seluruh dunia (jadi tidak terbatas di kawasan tertentu). Di awal pengujian ini, fitur tersebut hanya tersedia dalam bahasa Inggris.

Saat pertama kali digunakan, fitur Podcast akan menyajikan daftar putar yang mengandalkan minat penggunanya. Jadi sebelum daftar putar selesai dibuat, pengguna mungkin diberi jajak pendapat untuk mengisi daftar minat mereka. Kalau minat pengguna sudah teridentifikasi, barulah data tersebut digunakan Twitter untuk menyusun daftar putar Podcast.

Satu lagi yang nggak kalah penting. Konten-konten Podcast yang hadir di Twitter nggak cuma itu-itu saja. Pasalnya semakin banyak pengguna mendengarkan Podcast, maka konten di daftar putar yang direkomendasikan oleh algoritma juga bakal semakin beragam.

Nggak cuma itu, daftar putar Podcast juga akan berkembang sesuai dengan minat orang yang di-follow oleh pengguna. Jadi daftar putar nanti bakal lebih beragam.

Apa yang benar-benar kami coba tangkap di sini adalah seolah-olah pengguna lain merekomendasikan sesuatu kepada Anda,” kata manajer produk senior Twitter, Evan Jones.

Di sisi lain, pengujian kali ini bisa dibilang ‘masih jauh dari kata sempurna.’ Kenapa? Karena pengguna baru bisa mendengarkan Podcast dari fitur Space, bukan dari Timeline. Walau begitu, Twitter dan podcast bisa menjadi pilihan yang bermanfaat.

Apalagi Podcast ada di dalam tab Space yang notabene jadi fitur audio tersukses di Twitter. Dengan basis pengguna Space yang cukup besar, kemungkinan besar juga akan mempengaruhi kesuksesan Podcast nantinya.

Pertanyaannya, kapan fitur Twitter Podcast diluncurkan? Dalam keterangannya, Evan Jones terlihat masih enggan membeberkan informasi tersebut. Tapi Jones membocorkan kalau peluncuran Podcast tergantung kesuksesan uji coba ini. Kalau uji coba berjalan lancar, kemungkinan kita akan bisa melihat Podcast dalam waktu dekat.

    %d blogger menyukai ini: