Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Twitter Uji Format Timeline Baru Buat Sebagian Pengguna di AS

Indri Penulis

Twitter sangat ini dikabarkan tengah uji coba format Timeline baru di platform-nya, yang dibuat dan dikuratori khusus oleh developer.

Kabar ini disampaikan oleh Amir Shevat dalam cuitan di akun Twitter-nya. Amir mengatakan bahwa Twitter telah resmi melakukan uji coba format timeline baru.

popculture.id

Seperti apa format template baru ini? Inti dari format ini adalah fokus pada topik yang bisa digeser atau klik dari umpan utama. Dengan begitu, pengguna bisa nge-scroll percakapan di subjek tertentu.

Dalam uji coba pertama ini, Twitter fokus pada The Bachelorette terlebih dulu. Timeline khusus The Bachelorette akan tersedia selama 10 minggu sebagai ‘uji coba terbatas’ di Twitter web. Sayangnya berdasarkan keterangan dari jubir Twitter Shaokyi Amdo kepada The Verge, uji coba ini baru bisa dinikmati oleh sebagian pengguna Twitter di AS dan Kanada.

Pengguna yang kebagian uji coba bisa mencoba format Timeline baru lewat permintaan di dalam aplikasi. Permintaan tersebut akan muncul untuk orang-orang tertentu yang mengikuti topik atau akun terkait.

Untuk saat ini, konten yang ada di linimasa terbaru akan disajikan berdasarkan algoritme. Jadi peserta uji coba belum bisa mengganti umpan kronologi sesuai keinginan mereka.

Konten yang muncul di Timeline khusus dipilih dan diurutkan berdasarkan relevansi dengan tema Timeline, menggunakan informasi seperti istilah pencarian, Topik, kurasi manual, dll,” menurut keterangan dari halaman Twitter Help.

Oya kalau kamu nggak kebagian uji coba, tenang aja. Kamu bisa coba cara alterntaifnya yakni dengan mengurutkan / membuat timeline versimu sendiri menggunakan daftar/list. Cuma yang bikin ribet, kamu perlu mengkurasinya secara manual. Selain itu, timeline via daftar juga cuma menampilkan tweet saja. Kamu nggak akan bisa melihat istilah pencarian atau topik terkait yang bisa muncul di Twitter pada timeline biasa.

Di sisi lain, ini bukan pertama kalinya Twitter mengutak-atik fitur Timeline-nya. Sebelumnya, Twiiter juga pernah memisah Timeline berdasar algoritma dan tweet terbaru. Tapi karena banyaknya protes, Twitter kemudian membatalkan dan menghapus tab Timeline itu.

Kalau dipikir-pikir, bukan kah ini agak mirip dengan proses uji coba format Timeline terbaru Twitter saat ini?

Saat ini, The Bachelorette adalah satu-satunya format Timeline baru yang tersedia dalam program uji coba Twitter. Juru bicara Twitter juga enggan memberikan komentar lebih mengenai jenis Timeline lain yang saat ini mungkin tengah dikerjakan.

    %d blogger menyukai ini: