Instagram Uji Coba Fitur Scroll Vertikal untuk Story

Indri Penulis

Instagram sedang menguji coba fitur scroll vertikal di Instagram Story. Lewat fitur ini, pengguna bisa scroll Story ke atas atau bawah.

Semenjak TikTok booming, tak sedikit pengguna Instagram yang beralih menggunakan TikTok (atau menghabiskan lebih banyak waktunya di TikTok ketimbang Instagram).

Untuk mencegah pengguna Instagram beralih ke TikTok, Instagram mengupayakan berbagai trik khusus. Salah satunya yakni dengan membuat fitur kloningan seperti yang ada di TikTok, lalu memboyongnya di Instagram. Contohnya bisa kamu lihat pada Reels. Cara kerja fitur tersebut mirip banget dengan TikTok, yakni pengguna Instagram bisa bikin video pendek vertikal dengan berbagai tools edit di dalamnya.

Instagram sepertinya masih nggak mau menyerah untuk ‘mengkloning’ TikTok. Bahkan pada Februari 2021, Instagram sempat mengatakan kalau mereka akan membuat mode Instagram Story agar bisa bergulir secara vertikal. Sayangnya sampai tahun 2021 berakhir, nggak ada kabar lebih lanjut soal mode tersebut.

Di awal tahun 2022 ini, Instagram akhirnya mulai tancap gas! Dilansir dari 9to5Mac, Instagram kini tengah menguji coba mode Story vertikal di Turki dan Brazil. Dengan mode baru itu, pengguna bisa scroll layar ke atas / bawah untuk beralih ke Story yang lain.

Seperti yang bisa kamu lihat di video yang ada dalam cuitan di atas, dengan mode vertikal, pengguna bisa mengganti Story dari pengguna yang berbeda (kalau sekarang, fungsi tersebut hanya bisa dilakukan dengan menggeser Story secara horizontal alias ke samping).

Walau sudah ada mode Story vertikal, namun menggeser Story secara horizontal juga masih ada lho. Fungsi tersebut bisa digunakan untuk beralih Story dari pengguna yang sama (kalau saat ini sih caranya dengan klik Story).

Sementara itu, belum jelas kapan metode baru pengguliran Story ini akan rilis. Juga belum jelas, apakah Instagram benar-benar jadi merilis mode tersebut atau tidak.

Btw kalau misalnya jadi rilis, kira-kira pengguna Instagram bakal bingung cara pakainya nggak ya? Pasalnya selama bertahun-tahun pengguna Instagram sudah familiar dengan swap layar ke samping untuk ganti Story. Hm, mungkin bakal bingung di awal doang sih. Gimana menurutmu?

    %d blogger menyukai ini: