Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Microsoft Uji Variasi Tombol Pencarian (Search) Windows 11

windows 11 search icon taskbar
Anom Penulis

Microsoft mengumumkan Windows 11 Insider Preview Build 25158 yang memberikan variasi tombol pencarian (search) di Taskbar. Kelihatannya obsesi Microsoft terhadap kotak pencari ini masih kuat.

Microsoft mengumumkan uji coba ini melalui blog resmi Windows. Mereka menyebutkan kalau mulai Build di atas, anggota Insider yang masuk dalam Dev Channel akan melihat beberapa tampilan search berbeda di Taskbar.

popculture.id

Uji Tampilan dan Fungsi Search di Taskbar

Dari ilustrasi yang Microsoft berikan, kita bisa melihat paling tidak ada 3 variasi kotak pencari. Yang pertama berupa kotak pencari dengan keterangan “search,” yang kedua hanya berupa ikon, dan yang ketika dengan keterangan “Search the web.”

variasi search button taskbar WIndows 11
variasi search (gambar: Microsoft)

Microsoft tidak memberi penjelasan lebih jauh soal bagaimana variasi search di Windows 11 itu bekerja.

Bisa jadi, opsi pertama dan kedua hanya membedakan tampilan, sementara fungsinya berupa pencarian global di desktop (untuk aplikasi, file, atau saran mencari di internet). Sementara yang kedua kelihatannya memang khusus ditujukan untuk pencarian di web (internet).

Karena fitur ini baru muncul untuk Insider Preview Dev Channel, maka memang baru sebatas uji coba. Microsoft sendiri memang meminta masukan (feedback) sehubungan fitur ini. Jika memang tidak populer, maka ya tidak akan dirilis ke publik.

Windows 11 Punya (Terlalu) Banyak Fitur Search

Entah kenapa, Microsoft kelihatannya cukup terobsesi dengan kotak pencari ini. Sejak Windows 10 kita sudah melihat kotak ini di Taskbar.

Anehnya, ketika klik kotak pencari itu, Windows 10 tetap akan memunculkan kotak pencari lain, baru kita akan mengetik apa yang kita cari. Kurang efisien.

Begitu juga di Windows 11. Ada tombol search di Taskbar, ada kotak pencari di Start Menu, dan ada kotak pencari lain di Widget. Termasuk juga kalau kamu pencet shortcut Windows + S. Banyak kan?

screenshot start menu Windows 11

Jika variasi pencarian itu jadi dirilis, maka kita akan memiliki lebih banyak lagi kotak pencari. Mungkin terlalu banyak.

Sementara di macOS, fitur pencarian—yang punya nama “Spotlight”—hadir di dua tempat. Di menu bar (atas) dan melalui shortcut + space. Elegan, tidak berlebihan.

Yah, mungkin pengguna Mac memang sudah biasa dengan sistem pencarian dengan shortcut. Sementara pengguna Windows lebih terbiasa dengan tampilan antarmuka seperti ikon atau kotak pencari.

Saya pribadi lebih suka jika Search di Windows 11 hanya muncul sebagai ikon di Taskbar dan melalui kombinasi shortcut + S. Selain lebih sederhana, tampilannya juga konsisten dengan ikon aplikasi lainnya.

Tapi itu saya. Mungkin pengguna lain lebih suka jika ada lebih banyak pilihan. Bagaimana dengan kamu?

    %d blogger menyukai ini: