Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Instagram Mulai Uji Coba Bikin Semua Postingan Video Jadi Reels

Indri Penulis

Instagram kini tengah mulai proses uji coba untuk membuat semua postingan video jadi Reels. Upaya ini dilakukan untuk perketat persaingan dengan TikTok.

Sudah bukan rahasia lagi kalau Instagram adalah salah satu kompetitor TikTok yang paling kuat saat ini. Sebelumnya Instagram mungkin cuma platform untuk berbagi foto dan video biasa.

popculture.id

Tapi sejak adanya TikTok dengan konsep video pendek vertikal plus fitur pengeditan canggih di dalamnya, Instagram langsung ‘kepanasan’ dan nggak berapa lama mendebutkan fitur Reels.

Seperti yang kita tahu, Reels adalah fitur untuk berbagi video pendek berbentuk vertikal yang memiliki cara kerja seperti TikTok. Karena dari awal basis pengguna Instagram sudah sangat besar, jadi jangan kaget kalau jumlah pengguna Reels juga membludak. Bahkan nggak sedikit orang yang lebih suka pakai Reels, karena mereka bisa dapatkan fitur mirip TikTok dalam satu aplikasi yang juga bisa dipakai berbagi foto.

Awal tahun ini, Instagram sendiri telah membeberkan daftar rencana mereka selama tahun 2022. Salah satu rencana Instagram adalah akan lebih fokus pada fitur Reels.

Selain mempercanggih fitur-fitur yang ada di Reels, Instagram juga mengatakan kalau mereka akan menyederhanakan postingan video di platform-nya. Yakni dengan cara mengalihkan semuanya Instagram menjadi Reels.

Baru-baru ini berdasarkan tangkapan layar yang diunggah Matt Navarra ke Twitter, Instagram kelihatannya sudah mulai tahap uji coba dari rencananya itu. Matt Navara juga menyebutkan kalau setiap konten yang berubah menjadi Reels nantinya diharapkan bisa menjangkau lebih banyak audiens di Instagram maupun Facebook.

Selain itu tangkapan layar di atas juga menunjukkan bahwa keterangan dari Instagram yang bunyinya kurang lebih, “Postingan video sekarang dibagikan sebagai Reels.”

Lebih lanjut dalam keterangannya Instagram juga berharap dengan mengarahkan semua video ke Reels, konten tersebut akan menjangkau lebih banyak orang, meningkatkan interaksi, dan Instagram juga akan menambahkan fitur efek, musik, dan juga bisa di-remix menjadi Reels yang baru.

Sementara itu dilansir dari TechCrunch, juru bicara Meta menulis bahwa, “Kami menguji fitur ini sebagai bagian dari upaya kami untuk menyederhanakan dan meningkatkan pengalaman video di Instagram.”

Sekali lagi, perubahan video Instagram jadi Reels masih dalam tahap uji coba, dan belum jelas kapan versi akhirnya akan diluncurkan ke semua pengguna. Juga belum jelas, apakah perubahan ini nantinya hanya berlaku pada video yang ‘baru akan’ diposting, atau juga berlaku untuk semua video yang sudah pernah diposting sebelumnya.

    %d blogger menyukai ini: