Unboxing dan Review Acer Liquid M220

Setelah hampir sebulan menggunakan, inilah review Acer Liquid M220 dari kami. Ponsel dengan sistem operasi Windows Phone dengan harga murah ini, apakah ponsel buatan Acer ini akan memiliki pangsa pasar tersendiri? 

Paket Penjualan

Sama seperti kebanyakan ponsel pintar lainnya, Liquid M220 hadir dengan paket penjualan standar. Kalian akan mendapatkan Liquid M220, charger, kabel data dan earphone. Ini cukup mengejutkan, karena dengan harga 700-an ribu, kita masih tetap mendapatkan earphone!

Desain

Liquid M220 memiliki layar 4 inchi, sudah sangat jelas, Acer bermain di pasar low-end dengan merilis tipe ini. Namun, meski menyasar pasar kelas entry level, desain dari Liquid M220 cukup elegan. Jika kalian hanya melihat tanpa menyentuhnya, peranti ini akan disangka sebuah ponsel pintar kelas menengah. Kebetulan saya memiliki warna hitam, itu membuatnya lebih terlihat elegan.

Bodi dari peranti ini cukup menyenangkan, bahkan jika harus dibandingkan dengan Lumia versi low-end, secara pribadi saya menyukai tekstur-nya yang tidak licin saat dipegang. Goresan-goresan yang ada pada bagian belakang selain membuatnya tidak licin, juga menimbulkan kesan mewah.

Acer Liquid M220 menggunakan plastik sebagai material untuk casing-nya, saat diraba, saya tidak merasakan bahwa ponsel ini ditujukan untuk kelas low-budget, namun baru ketika saya ketuk-ketuk, baru terasa bahwa material Liquid M220 adalah ponsel low-end.

Untuk meminimalisir biaya produksi, Liquid M220 hadir dengan tombol virtual untuk fungsi search, home dan back. Begitu juga dengan tombol kamera yang ditiadakan. Hal ini bisa dimaklumi, karena strategi ini diterapkan untuk membuat peranti Windows Phone mid-low bisa berkompetisi dengan peranti Android dari segi harga.

Performa

Liquid M220 menggunakan prosesor Qualcomm MSM8210 Snapdragon 200, Dual-Core 1.2 GHz Cortex-A7 dengan RAM 512 MB. Tak perlu khawatir, meskipun RAM yang diberikan hanya 512 MB, performa dari Liquid M220 ini bisa dibilang lancar. Pihak Acer bahkan memberikan garansi Liquid M220 bisa di upgrade ke Windows 10 mobile! (update : Microsoft mengubah syarat minimal hardware untuk bisa upgrade ke Windows 10 mobile. Jadi ponsel ini tidak bisa upgrade)

Selama sebulan menggunakan peranti ini, tidak banyak kendala yang saya alami. Tentu saja saya sadar diri, dalam melakukan review Acer Liquid M220. Ponsel ini merupakan jenis smartphone yang ditujukan untuk aktifitas harian saja, seperti chat, sosial media dan produktivitas.

Kekurangan yang cukup mendasar adalah memori internal yang cukup mini, cuma 4 GB. Untungnya, di Windows Phone 8.1 sudah ada opsi untuk memasang aplikasi di SD Card. Meskipun begitu, ada beberapa aplikasi yang tidak bisa dipasang di SD Card seperti WhatsApp. Jadi kita tetap harus pintar-pintar untuk mengelola memori.

Kamera

Liquid M220 memiliki kamera utama 5 megapixel dengan hasil kerapatan 2592 х 1944, autofocus dan LED flash. Jika melihat besarnya megapixel, jelas kita tidak bisa mengharapkan hasil kamera yang istimewa. Untuk hasil kamera di tempat yang memiliki cahaya cukup, foto yang dihasilkan tidak mengecewakan. Jika menilik dari harganya, adanya lampu flash membuatnya cukup menarik sebagai pertimbangan membeli sebuah smartphone berharga murah. Selain itu kamera depan dengan kemampuan 2 megapixel adalah tawaran menarik lainnya buat kalian yang hobi melakukan video call. Ini merupakan salah satu poin menarik saat melakukan review Acer Liquid M220.

Spesifikasi Acer Liquid M220

  • Dimensi 124.9 x 64 x 9.6 mm.
  • Berat 119 gram.
  • Dual SIM.
  • Layar 4 inchi, tipe TFT capacitive touchscreen.
  • Resolusi layar 480 x 800 pixels.
  • Prosesor Qualcomm MSM8210 Snapdragon 200.
  • CPU Dual-core 1.2 GHz Cortex-A7.
  • GPU Adreno 302.
  • Slot microSD, up to 32 GB.
  • Memori internal 4 GB.
  • RAM 512 MB.
  • Kamera utama 5 MP, 2592 х 1944 pixels, autofocus, LED flash.
  • Kamera depan 2 MP.
  • Baterai Li-Ion 1300 mAh.

Kesimpulan

Sebelum memilih sebuah ponsel pintar, kalian harus cukup pintar untuk tahu apa yang sebenarnya kalian butuhkan. Acer Liquid M220 merupakan smartphone yang ditujukan untuk para entry level yang ingin beralih dari featured phone ke sebuah smartphone dengan harga yang sangat terjangkau dan performa yang menjanjikan.

Hal yang mengganggu dari peranti ini adalah kapasitas penyimpanan internal yang hanya 4 GB saja. Ya meskipun kita bisa mengakali-nya dengan memasang aplikasi di SD Card.

Jadi, jika kalian hanya membutuhkan sebuah fungsi dasar sebuah smartphone dan enggan untuk merogoh kocek ekstra, Liquid M220 bisa jadi pilihan. Kalian bisa membeli Acer Liquid M220 secara online.

  1. katanya ada yg versi memori 8gb n ram 1gb ?? sperti strategi acer biasanya di kelas low-end (andro)

  2. Kekurangan beli wp selain lumia ya itu, app eksklusif lumia mungkin gk bisa didownload di acer

  3. Sebelumnya saya mau tanya, kenapa Anda menggemari windowsphone? Jujur, saya juga pengguna windowsphone, tapi menurut saya banyak sekali kekurangannya. Dari segi aplikasi masih jauh tertinggal versinya dibandingkan Android.
    Trims.

  4. Pertama, lingkungan Windows Phone membuat saya nyaman dalam ber-produktivitas. Kedua, Saya lebih bias berkreasi dan berekspresi dengan tile-tile di yang ada di Windows Phone. Ketiga, dalam segi aplikasi menurut saya tidak jauh tertinggal, hanya ada beberapa aplikasi saja yang belum ada dan itupun sudah digantikan oleh 3rd app untuk aplikasi yang belum ada tersebut, selain itu banyak aplikasi keren yang dapat di gunakan baik itu untuk fotografi, games, produktivitas dan lain sebagainya. Pokoknya nyaman aja kalo ane pake Windows Phone 😀

  5. Ya, soal aplikasi memang seringkali kudu iri dengan pengguna Android karena biasanya fitur2 istimewa duluan mereka rilisnya. Apalagi aplikasi2 yg dulunya spesifik Windows Phone juga sekarang ada di Android.
    Tapi ada satu yg bikin saya tetap pake Windows Phone, pengalaman penggunaan. Ya ini memang subjektif sekali dan sulit dijelaskan.
    Lalu secara hardware juga Lumia khususnya, lebih bagus daripada rata2 Android. Entah kalo yang Acer ini, saya belum ngoprek, barangnya belum datang *eh

  6. Kenapa Pake windowsphone? Tentu saja saya jawab “Karena dengan Windows Phone saya mendapatkan semua Feature yang saya butuhkan”. Untuk Aplikasi, semua aplikasi yang saya butuhkan ada di WP kok, Snapchat nggak ada di WP? saya bukan pengguna snapchat, CoC gak ada di WP, Age of Empire lebih OK. Siegefall nya GL juga enak. Tapi memang untuk jumlah kesediaan aplikasi lebih banyak di Andro, Apa semua aplikasi itu mau diinstall semua? kan enggak. Kita cuma butuh aplikasi2 yang biasa kita pake sehari2 doank. SosMed yang saya ikuti ada semua di WP. Saya pecinta photography, Kamera OK, aplikasi editing ada. 🙂 daaaaan di WP ini anti laging. thats why I am using WP. hehe.

  7. Nie ane makek ni WP dari Acer.. jujur aja minat pertama beli ini karena suka ama modelnya beda dari WP lainnya.. Pas makek overal OK semua.. tak buat edit dokumen baca PDF browsing lancar semua tanpa kendala, n jarang close sendiri kec FB..:-p..
    Kamera aq rasa lebih dari dari cukup gan terutama dari segi Widenya sama warna yang dihasilkan.. ane juga makek Huawei W1 bisa aq bilang bagusan Acer untuk kameranya.. Soalnya Huawei cenderung merah hasil fotonya..
    Memory internal 4 Giga yaa begitulah dah terbiasa ane makek internal kecil..wehehe..
    Untuk layar warnanya sebenernya cukup bagus daripada L530 atau 435/430 cuman yang ngeganggu itu mungkin teknologi layarnya yang silau kalau kena sinar.. ini yg agak ngeganggu padahal output warnanya lebih bagus dari L435 430 530..
    Kala boleh bilang Acer M220 gak nyesel untuk dibeli untuk kelas low budget..
    TIPS: kalau mw hasil kamera bagus n fokus sempurna jangan makek tombol layar shoot kamera tapi makek touch fokus dulu baru tombol shoot kamera dan jangan makek metode sentuh layar langsung jepret dijamin kagak bakal fokus.. 😀

Comments are closed.

More Stories
instagram windows 10 mobile
12 Poin Profil Bisnis Instagram yang Perlu Diketahui