Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

6 Update Baru yang Diboyong WhatsApp untuk Fitur Pesan Suara

Indri Penulis

WhatsApp resmi menghadirkan 6 update baru yang fokus pada fitur pesan suara. Salah satunya kamu bisa mendengarkan pesan suara di luar chat WhatsApp.

Sebagai pengguna WhatsApp, kamu tentu sudah nggak asing dengan fitur pesan suara kan? Ya, fitur ini memungkinkan kamu mengirim pesan dalam bentuk suara ke orang lain. Biasanya fitur ini dipakai pas pengguna dalam kondisi susah mengetik pesan (contoh sedang nyetir, di kendaraan umum, dll).

popculture.id

Menariknya, ternyata pesan suara adalah salah satu fitur yang paling laris di WhatsApp. Bahkan baru-baru ini WhatsApp mengumumkan kalau setidaknya ada sekitar โ€˜7 miliarโ€™ pesan suara yang dikirimkan seluruh pengguna setiap harinya.

Makanya demi menambah kenyamanan pemakaian fitur tersebut, WhatsApp memutuskan untuk sedikit merombak fitur pesan audio. Wacana ini sebenarnya sudah beredar sejak beberapa bulan lalu, tepatnya saat WhatsApp mulai menguji coba tools pause dan preview pada pesan suara.

Kabar bagusnya, akhir Maret ini, WhatsApp resmi meluncurkan pembaruan terhadap fitur pesan suara. Tak tanggung-tanggung, setidaknya ada 6 hal baru yang kini sudah bisa kamu nikmati di fitur pesan suara WhatsApp. Nah apa saja pembaruannya?

  • Pemutaran di luar chat: Sekarang kamu bisa mendengarkaan pesan suara WhatsApp di luar chat. Kemampuan ini memungkinkan kamu melakukan aktivitas lain di luar aplikasi WhatsApp, sambil mendengarkan pesan suara yang dikirim oleh orang lain. Kamu juga bisa mengirim pesan ke orang lain sambil mendengarkan pesan suara yang masuk.
  • Jeda/lanjutkan perekaman: Ini adalah fitur yang ditunggu-tunggu pengguna. Dengan fitur ini, kamu bisa menjeda atau melanjutkan perekaman suara saat sudah siap. Fitur ini akan meminimalisir kesalahan pengucapan saat mengirim audio.
  • Penanda pemutaran: Kalau menjeda saat mendengarkan pesan suara, kamu bisa melanjutkan pemutaran terakhir saat kembali ke chat.
  • Preview/pratinjau draf: Dengan fitur ini kamu bisa mendengarkan pesan suara sebelum mengirimnya. Kalau sudah oke, kamu bisa langsung mengirimnya. Tapi kalau dirasa belum oke, kamu bisa membatalkan pesan suara tersebut dan merekamnya lagi.
  • Pemutaran cepat di pesan yang diteruskan: Kamu sekarang bisa mengatur kecepatan pemutaran pesan dari 1,5x sampai 2x, untuk mendengarkan pesan suara lebih cepat di pesan biasa/pesan yang diteruskan.
  • Visual audio berbentuk gelombang: Dulu sebelum adanya perubahan, visual audio yang sedang diputar cuma menampilkan garis lurus. Sekarang setelah update, visual audio dibikin bergelombang.

Nah itu tadi beberapa pembaruan yang disajikan WhatsApp khusus untuk pesan suara. Dari keenam pembaruan di atas, mana yang paling kamu suka?

    %d blogger menyukai ini: