Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Update Aplikasi Discord Android Kini Bersamaan iOS & Desktop

Indri Penulis

Discord akhirnya menyetarakan aplikasi di semua platform. Sekarang update aplikasi Discord Android akan dibikin berbarengan dengan iOS dan Desktop.

Kebanyakan pengguna aplikasi Discord Android sudah cukup menderita selama ini. Bagaimana tidak, setiap kali ada pembaruan atau penambahan fitur baru, pasti pengguna aplikasi Android suka ketinggalan pembaruan bahkan sampai berbulan-bulan. Pasalnya setiap kali ada pembaruan pasti diarahkan terlebih dulu ke aplikasi iOS atau Desktop.

Tapi kabar baiknya awal Agustus ini, Discord mengumumkan bahwa mereka bakal merombak aplikasi Android-nya dalam beberapa minggu mendatang, sehingga setiap fitur dan update terbaru akan tiba bersamaan dengan aplikasi iOS dan Desktop.

Secara historis, pengerjaan implementasi fitur baru Android sering tertunda hingga Desktop dan iOS selesai, menghasilkan beberapa fitur yang diluncurkan pertama kali di satu platform sebelum akhirnya tiba di platform lain,” jelas tim produk Discord dalam postingan blog mereka.

Dalam pengumumannya, Discord memutuskan untuk beralih ke React Native untuk aplikasi Android-nya. Dengan React Native, Discord bisa meluncurkan fitur-fitur baru di setiap platform secara bersamaan.

Itu artinya, desain Discord di Android kemungkinan besar juga akan menjadi lebih mirip dengan versi iOS dan Desktop.

Di sisi lain, React Native telah banyak digunakan di berbagai aplikasi seluler termasuk Instagram, Microsoft Outlook, Shopify, Tesla, Pinterest, dll. Discord sendiri telah menggunakan React Native untuk aplikasi iOS-nya pada tahun 2015. Hal tersebut memungkinkan Discord untuk membangun aplikasi iOS dari inti aplikasi React-nya.

Nah perpindahan ke React Native di Android nanti bakal bikin fitur dan juga desain Discord lebih konsisten (desain Android, iOS dan Desktop hampir mirip).

Tapi untuk sementara ini, aplikasi Discord Android nggak langsung berubah drastis mengikuti teman-temannya di platform lain. Untuk sementara waktu beberapa elemen seperti ukuran font bakal diselaraskan antara Android dan iOS.

Baca Juga:  Cara Pakai Fitur Discord Voice yang Kini Resmi Hadir di Xbox

Pengguna Android juga akan menikmati manfaat dari siklus rilis pembaruan aplikasi yang lebih cepat,” jelas Discord. “React Native memungkinkan kami untuk merampingkan dan mengkonsolidasikan proses kami, yang membantu teknisi kami bekerja lebih efisien dan mendorong pembaruan lebih sering, terutama sekarang karena tim tidak akan menghabiskan banyak waktu untuk mempertahankan basis kode yang berbeda untuk perangkat yang berbeda,” sambung Discord.

Sementara itu, saat ini Discord sudah mulai meluncurkan update ke aplikasi Android supaya nggak ketinggalan dengan iOS dan Desktop. Tapi pembaruan tidak langsung diluncurkan secara serentak. Discord bilang kalau pembaruan ini akan diluncurkan secara bertahap selama beberapa minggu mendatang.