Update Telegram Maret 2022 Boyong Fitur Download Manager, Lampiran, dll

Indri Penulis

Telegram merilis update di bulan Maret 2022. Dalam update kali ini Telegram memboyong fitur Download Manager, menu Lampiran, dll.

Sebagai salah satu aplikasi chat terpopuler di dunia, Telegram terkenal sebagai platform yang memiliki perkembangan sangat pesat. Pasalnya Telegram lebih cepat dan sering meluncurkan fitur baru, ketimbang pesaingnya (contohnya WhatsApp).

Setidaknya hampir setiap bulan Telegram menghadirkan update. Nggak cuma untuk memperbaiki masalah yang mungkin ada di platform-nya, update yang dilakukan Telegram juga bertujuan untuk menghadirkan fitur-fitur anyar.

Update terakhir Telegram dilakukan pada 31 Januari 2022 (sebelumnya juga pernah ada update di bulan Desember 2021). Pembaruan tersebut menyajikan fitur Stiker Video, pembaruan fitur reaksi supaya lebih baik, dll.

Di bulan Maret 2022 ini Telegram kembali merilis update terbaru. Berbeda dengan update sebelumnya yang minim fitur baru, update kali ini justru memboyong banyak fitur baru. Nah kira-kira apa saja fiturnya? Mari kita lihat.

Download Manager

Fitur ini memungkinkan kamu mengirim berkas jenis apa pun hingga 2GB untuk masing-masing berkas, dan bisa mengaksesnya lewat perangkat apa pun via penyimpanan cloud dengan kapasitas tak terbatas.

Nanti pas mengunduh berkas, Telegram akan memunculkan ikon baru di bilah Search. Kamu bisa klik ikon download yang ada bilah Search. Selanjutnya kamu akan dibawa ke tab Download untuk melihat dan mengelola berkas. Kamu bisa menjeda atau meneruskan proses download salah satu/semua file dari tab tersebut.

Menu Lampiran Baru

Sekarang kalau kamu mau mengirim foto/video, kamu bisa klik ikon lampiran di sudut kiri bawah layar. Setelah itu kamu bisa pilih foto/video mana yang mau dikirim lewat tab Galerry, atau memilih beberapa file di tab File.

Kalau mau mengirim foto/video, kamu bisa klik beberapa foto/video yang mau dikirim. Setelah itu klik tab “Selected” yang ada di bagian atas layar. Tab tersebut akan menampilkan Message Preview yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatur tata letak foto/video sebelum dikirim ke orang lain.

Tampilan Semi Transparan di Android

Saat mengaktifkan Mode Gelap di aplikasi Android, panel dan tab bagian atas sekarang punya efek transparan yang halus. Efek ini membuat latar belakang obrolan, stiker dan media menjadi tampak bersinar dan berpijar saat kamu menggeser layar.

Sebenarnya ini bukan fitur baru di Telegram sih. Sebab semua pengguna pengguna aplikasi iOS sudah bisa menikmatinya sejak Juni 2021.

Desain Login Baru

Telegram menghadirkan desain Login baru yang lebih mulus di aplikasi Android dan MacOS. Di Android, kamu bisa perhatikan saat digit dari kode login-mu meluncur ke tempatnya. Terlihat lebih smooth dan menarik kan?

Kalau di aplikasi Telegram untuk MacOS, kamu bisa lihat kode Matrix yang tampak berjatuhan di layar QR Code. Selain tampak lebih menarik, tampilannya juga terlihat lebih canggih.

Tautan Nomor Telepon

Telegram sekarang memungkinkan penggunanya buat bikin nama panggilan ‘@username’dari halaman Settings/Pengaturan. Fungsinya untuk memudahkan orang lain kalau ingin menghubungimu lewat fitur Search atau tautan ‘t.me/username’ tanpa perlu berbagi nomor telepon.

Di sisi lain saat kamu mengirimkan tautan ‘t.me’ ke orang lain, si penerima bisa langsung membuka obrolan denganmu. Format untuk bikin tautan tersebut adalah ‘t.me/+6281777777777 (contoh nomor telepon).’ Pastikan kamu pakai format internasional untuk membuatnya ya (pakai kode ‘+62’ bukannya ‘08’).

Perlu diingat, tautan tersebut hanya berfungsi kalau pengaturan privasimu mengizinkan orang lain menemukanmu lewat nomor telepon.

Live Streaming dengan Aplikasi Lain

Saat ini fitur Group dan Channel telah mendukung aktivitas live streaming tanpa batasan penonton. Tapi karena sekarang makin banyak vlogger dan jurnalis profesional yang pakai fitur Live Streaming Telegram untuk menjangkau followers mereka, jadi Telegram menghadirkan sedikit perubahan.

Sekarang streamer bisa menyiarkan tayangan langsung mereka lewat aplikasi streaming seperti OBS Studio dan Xsplit Broadcaster, untuk menambahkan overlay dan tampilan multi-screen dengan mudah.

Untuk siaran langsung di Telegram pakai aplikasi lain, kamu bisa mulai Obrolan Video baru di grup atau bikin Live Streaming baru di channel-mu. Setelah itu, klik tombol “Start with..” dan masukkan informasi yang diminta oleh aplikasi.

Tapi perlu kamu tahu, nggak semua orang bisa menonton siaran langsungmu via aplikasi lain. Mereka harus memperbarui aplikasi Telegram ke versi terbaru.

    %d blogger menyukai ini: