Update Telegram Terbaru Beri Video Call dan Animasi Background

Seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya, update terbaru Telegram kali ini menghadirkan video call, screen sharing, dan juga animasi background. Hm, banyak nih yang perlu dibahas.

Ya, di antara sekian banyak aplikasi chatting, Telegram terkenal sebagai yang paling sering memberi fitur baru. Tidak heran kalau ia sering dianggap sebagai alternatif terbaik untuk WhatsApp. Tidak sedikit pula yang menganggap aplikasi ini lebih baik dari WA.

Kali ini, Telegram memberikan bukan hanya satu, tapi dua update pada aplikasinya. Update pertama untuk video call dan fitur terkait, sedangkan update kedua untuk animasi background dan fitur terkait.

Update Telegram Video Call

Mari kita lihat dulu apa saja yang tersedia pada update pertama. Inti dari update ini adalah obrolan yang lebih baik.

Video Call

Telegram menyebutkan kalau kamu sekarang bisa mengubah voice chat menjadi video call hanya dengan menekan tombol kamera. Kamu juga bisa menekan tampilan video untuk membuatnya full screen dan jika kamu menyematkannya, video call akan tetap fokus berjalan seiring pengguna lain bergabung.

video call di telegram

Fitur video call ini juga tersedia di aplikasi tablet dan desktop (komputer). Nah, karena layar kedua perangkat itu lebih besar, maka kamu bisa membuka panel samping untuk melihat tampilan video call dan peserta secara berdampingan.

Khusus di komputer, jendela voice chat dan video call hadir terpisah dengan obrolan teks. Jadi kamu tetap bisa mengetik sambil ngobrol tanpa menutup jendela aplikasi.

Screen Sharing

Selain tampilan kamera, kamu juga bisa berbagi layar (screen sharing) dalam percakapan video. Hm, bahkan bisa dua-duanya sekaligus. Berguna banget nih.

berbagi layar di video call telegram

Nah, kalau kamu pakai aplikasi desktop, tampilan layar yang dibagi oleh siapapun akan disematkan secara otomatis. Jadi tiap peserta bisa langsung fokus ke sana (asal jangan iseng kirim tampilan layar yang aneh-aneh saja, hahaha).

Noise Suppression

Telegram juga mengoptimalkan fitur noise suppression (mengurangi gangguan suara) sehingga percakapan bisa lebih jelas terdengar. Uniknya, Telegram memberi pilihan apakah kamu mau memakai fitur ini atau tidak. Yah, siapa tahu suara tempe masuk ke minyak yang panas (sreeeeng!) bisa memberi nuansa tersendiri di grup masak.

Update Animasi Background

Kalau update di atas bicara soal obrolan yang lebih asik, maka update yang ini menekankan soal animasi.

Animasi Latar Belakang

Animasi latar belakang ini mungkin bukan seperti yang kamu bayangkan. Karena “hanya” berupa animasi gradasi warna. Tapi ya lumayan cool.

Kalau kamu memilih latar belakang animasi, setiap kamu mengirim pesan background percakapan akan menampilkan gerakan gradasi warna warni. Kamu bisa menemukannya di Setelan; di Android: Chat Setting > Change Chat Background, di iOS: Appearance > Chat Background.

Menariknya, kamu juga bisa memilih warna. Kamu bisa memadukan sampai empat warna dan pola latar yang kamu suka. Bahkan kamu juga bisa mengirim latar buatanmu itu ke teman.

Fitur Baru di iOS

Untuk pengguna iOS, kamu kini ada dua pilihan ikon aplikasi dengan gradasi yang tampil di layar. Lalu, tampilan header dan footer percakapan memiliki transparansi halus, sehingga latar belakang agak terlihat.

Menu untuk Bot

Menggunakan perintah bot bisa membingungkan bagi mereka yang tidak terbiasa. Kini Telegram menambahkan menu khusus, tempat kamu menelusuri berbagai fungsi bot yang bersangkutan (misalnya waktu membuat stiker).

Impor Stiker Buat Pengembang

Bicara soal stiker, mungkin kamu merasa repot kalau membuatnya sendiri. Sekarang Telegram memberikan alat buat para pengembang, sehingga mereka bisa membuat aplikasi yang membantu pengguna lain membuat stiker dan mengimpornya ke aplikasi utama.

Tapi kalau kamu mampu, kamu masih bisa membuat stiker sendiri dan mengunggahnya dengan bantuan bot Telegram.

Animasi Emoji Baru

Telegram juga menambahkan animasi emoji. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mengirim satu emoji (tanpa tambahan kata-kata) untuk membuatnya bergerak.

Nah, silakan cek aplikasi di smartphone kalian. Lihat apakah kamu sudah dapat fitur video call atau animasi background di Telegram. Kalau sudah, selamat mencoba.

%d blogger menyukai ini: