Video: 10 Alasan Upgrade ke Windows 10

Microsoft mulai melakukan hitung mundur menjelang rilis Windows 10 sejak beberapa waktu lalu. Hitung mundur itu dilakukan dengan merilis playlist video 10 Alasan Upgrade ke Windows 10 di channel YouTube. Satu demi satu, video yang menunjukkan kelebihan Windows 10 dirilis. Sampai hari ini, sudah 9 video dirilis. Besok adalah hari H-nya.

Video tersebut adalah:

  1. Multi-Doing – Menampilkan fitur seperti snap, multi desktop, action center, dll.
  2. Xbox – Menampilkan fitur streaming game dari Xbox, DirectX 12, merekam permainan, dan sisi media sosial dengan Xbox Live.
  3. Microsoft Edge – Menampilkan browser terbaru Windows, dengan segala fiturnya, seperti coretan, daftar bacaan, tampilan bacaan, hasil cepat saat mencari, dll.
  4. Cortana – Menampilkan debut asisten pribadi di Windows.
  5. Familiar – Menampilkan fitur yang sudah kita kenal sebelumnya, seperti Start Menu dari era Windows 7, dan Live Tile dari era Windows 8.
  6. Security – Menampilkan fitur keamanan Windows 10 seperti Windows Defender, update yang terus hadir, SmartScreen, juga sekilas Windows Hello.
  7. Windows Hello – Menampilkan fitur login yang lebih personal dan lebih aman, dengan pengenalan biometrik seperti retina dan sidik jari.
  8. Music and More – Aplikasi Foto, Musik, Video, Peta.
  9. Continuum – Menampilkan Windows yang berjalan di berbagai perangkat.
  10. Windows Store – Menampilkan bursa baru Windows, dengan aplikasi, musik dan video populer.

Kalau boleh jujur, tema 10 video ini mudah diduga. Rilis playlist ini pun mudah diduga. Ya, wajar saja, namanya juga memperkenalkan sesuatu yang baru. Apalagi sesuatu itu membawa beberapa gebrakan ang seru.

Namun, ada satu yang menarik dari video tersebut. Di seri Continuum, kita tidak melihat pengoperasian Windows 10 Mobile (Windows phone) yang diubah menjadi desktop. Bahkan, kita tidak melihat Windows phone satu pun.

Memang sih, secara umum, konsep Continuum adalah keberlangsungan Windows 10 di berbagai perangkat. Tidak hanya Windows phone bisa jadi komputer saja. Tapi juga komputer hybrid (2 in 1), yang mengadaptasi perubahan saat kita mengubahnya dari laptop ke tablet.

Lagipula, Satya Nadella, Terry Myerson, dan Kevin Turner sudah memastikan kalau Windows phone merupakan bagian penting ekosistem Windows, dan tetap akan ada.

Namun, tetap saja…. 😀

Yah, sambil menunggu rilis Windows 10, silakan dilihat video 10 Reasons to Upgrade to Windows 10.