3 Video Game Terbaik ini Didesain dengan Cara Jenius, Kalian Wajib Coba

Membuat sebuah video game membutuhkan waktu yang sangat lama untuk dikembangkan. Bahkan game terkenal pun tetap memakan waktu yang lama untuk pembutannya, yaitu hampir 3-5 tahunan.

Saat terciptanya sesuatu yang berharga, tentu dibalik itu semua terdapat seseorang yang sangat berjasa besar bukan?

Nah, sama halnya dengan pembuatan video game ini, di dalam sebuah tim developer, bagian terpenting yaitu video game designer menjadi salah satu pahlawan saat pembuatan video game, disamping director atau writer dari game itu sendiri.

Para video game designer selalu tahu bagaimana mereka menerapkan ide-ide jenius di sebuah video game yang mereka ciptakan.

Dan untuk menghargai ide-ide mereka semua, berikut ini adalah 3 video game terbaik yang diciptakan dari ide-ide super jenius dari para video game designer.

Horizon Zero Dawn hanya me-render dunia yang pemain lihat

Sumber Gambar : PlayStation

Untuk yang pertama kali memperkenalkan teknik ini adalah Naughty Dog pada trilogy Crash Bandicoot yang pertama.

Pada event tersebut, mereka menyebutkan bahwa objek terjauh atau yang tidak bisa dilihat oleh pemain, memiliki kecenderungan untuk diabaikan begitu saja.

Dan akhirnya proses rendering pada game buatannya hanya terjadi pada bagian dunia atau wilayah yang bisa dilihat oleh para pemainnya saja.

Dan cara ini rupanya diterapkan juga oleh game buatan Guerilla Games, yaitu game Horizon Zero Dawn ini. Mereka menerapkan teknik dan desain yang sama untuk membuat tampilan game semakin keren.

Dengan cara tersebut, akhirnya game Horizon Zero Dawn ini mempunyai dunia permainan yang luas dan detailnya yang super mewah, namun tetap berada di dalam framerate yang stabil.

Xenomorph pada Alien Isolation punya dua AI

Sumber Gambar : echnoBuffalo

Ide super jenius kedua diterapkan pada game Alien Isolation ini, game ini memiliki karakter Xenomorph yang begitu keren dan luar biasa.

Yang membuat game Alien ini semakin keren adalah fakta dimana Xenomorph yang dapat memburu para pemain, dan sekaligus memiliki otak atau pemikiran yang tidak bisa ditebak sama sekali.

Terciptanya game dengan level kecerdasan yang sangat luar biasa seperti ini, tak lepas dari kerja keras para developernya.

Para developer game ini telah mendesain Xenomorph sedemikian rupa agar memiliki dua AI atau kecerdasann buatan.

Xenomoph ini memang diciptakan menjadi karakter yang sangat pintar, yaitu ia diberi kemampuan untuk mengetahui lokasi bersembunyi sebelumnya dari pemain.

Selain itu ia juga dapat mengetahui dari mana asal suara yang diciptakan para pemain. Dengan adanya cara ini, pengalaman bermain yang ditawarkan oleh game Alien Isolation ini menjadi lebih dinamis dan berbeda dari yang lainnya.

Musuh pada Uncharted cenderung gagal mengenai sasaran ketika menembak

Sumber Gambar : Den of Geek

Dan ide jenius yang ketiga adalah diterapkan pada game Uncharted. Game ini memiliki karakter utama yang sulit mati.

Hal ini memang sudah dirancang sedemikian rupa, yaitu franchise Uncharted sengaja mendesain agar AI dari musuh tidak terlalu pintar untuk melakukan serangan.

Jadi setiap kali karakter utamanya keluar, yaitu Drake, maka musuh akan diberikan jatah untuk gagal melakukan serangan sebanyak dua kali.

Cara ini memang dibuat secara khusus dengan tujuan agar setiap pertemuan dapat terasa lebih intens dan lebih lama.

Dan dengan kata lain, seolah-oleh karakter yanga ada di game Uncharted ini mampu menghabisi musuh-musuh bodoh hingga tak berdaya.