Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Wallpaper, Efek Paralaks, dan Start Screen Windows 10 Mobile

Anom Penulis

windows 10 mobile lumia 920

Sebelum ini kami pernah membahas Start Screen Windows 10 Mobile. Sekarang, kami mau membahas bagaimana wallpaper ditampilkan dengan efek paralaks di Windows 10 Mobile.

popculture.id

Apa itu efek paralaks? Efek paralaks dikenal juga dengan istilah parallax scrolling. Pada dasarnya, efek ini merupakan animasi gambar dengan gerak gambar di latar belakang lebih lambat (atau lebih sedikit) dari gerak gambar di depannya. Efek ini ditujukan untuk menimbulkan kesan kedalaman dimensi.

Efek paralaks sudah digunakan di Windows Phone 7 sebagai background tampilan panorama aplikasi. Kemudian, efek tersebut hadir di Start Screen di Windows Phone 8 seiring dengan tile transparan. Windows 10 Mobile masih meneruskan tradisi ini.

Efek paralaks vertikal di Start Screen Windows 10 Mobile
Efek paralaks vertikal di Start Screen Windows 10 Mobile

Sekarang, efek paralaks tidak hanya hadir di Start Screen saja. Tapi juga jadi efek animasi untuk perpindahan dari Start Screen ke halaman daftar aplikasi. Hal itu akan hadir apabila kita memilih gambar full screen untuk background.

Kalau di Start Screen efek paralaks bergerak atas-bawah, maka di perpindahan dari Start Screen ke daftar aplikasi gerakannya kanan-kiri (perhatikan rusa di gambar di bawah). Dengan kata lain, sesuai gerakan swipe-nya. Namun di halaman daftar aplikasi sendiri tidak ada efek paralaks saat kita melakukan swipe atas bawah.

Efek paralaks di Start Screen dan Daftar Aplikasi Windows 10 Mobile
Efek paralaks di Start Screen dan Daftar Aplikasi Windows 10 Mobile

Sampai di sini mungkin ada yang bertanya-tanya, apa gunanya mengetahui hal ini?

Mengenali efek ini akan berguna saat kita ingin menggunakan wallpaper dengan obyek di tengah Start Screen. Misalnya wallpaper logo klub sepak bola favorit kita. Masalahnya, kalau kita memasang wallpaper begitu saja, gambar tersebut justru tidak akan berada di tengah. Karena lebar wallpaper terbentang dari Start Screen sampai ke halaman daftar aplikasi.

Wallpaper di start screen windows 10 mobile dan windows phone 8.1
Wallpaper di Windows 10 Mobile dan Windows Phone 8.1

Dengan demikian, gambar itu harus sedikit dimodifikasi atau diatur posisinya supaya tepat. Lebih baik kalau gambar wallpaper itu besar. Sehingga saat melakukan cropping dan mengatur posisi akan lebih mudah.

Di sisi lain, hal ini tidak menimbulkan masalah kalau wallpaper yang digunakan berupa gambar abstrak atau berbentuk pola berulang (pattern). Jadi, tidak perlu repot memikirkan posisi obyek gambar. Tinggal pasang, selesai.

Semoga tips ini bisa memberi sedikit pencerahan untuk mereka yang bingung mengatur wallpaper di Windows 10 Mobile.

    %d blogger menyukai ini: