5 Web yang Akan Bantu Kamu Bikin Skripsi

Skripsi adalah salah satu hal yang paling ditakuti oleh sebagian mahasiswa semester akhir. Sebab dalam tahap ini, akan menjadi penentu perjuangan mereka selama menempuh pendidikan.

Skripsi adalah suatu proses yang melelahkan, itu menurut sebagian besar orang. Ada beberapa hal yang harus ada dalam skripsi seperti landasan teori, pengumpulan data, sampai referensi.

Terkadang hal tersebut justru dapat menjadi kendala, yang membuat penyusunan skripsi menjadi lebih lama.

Ditambah saat seseorang baru mulai membuat skripsi, mereka tentu membutuhkan referensi terkait penelitian yang akan diambil.

Banyak mahasiswa biasanya akan menghabiskan waktu di perpustakaan kampus. Dan menurut saya itu hal yang sangat merepotkan.

Belum lagi jika harus ke perpustakaan lain, karena referensi untuk penelitian yang diambil belum atau atau masih sedikit.

Jika kalian mencoba mencari referensi skripsi melalui mesin pencari Google, mungkin juga sedikit merepotkan. Sebab hasil yang keluar pasti akan tercampur dengan beberapa blog tidak jelas sumbernya.

Namun jangan khawatir, untuk mengatasi hal tersebut, saya akan rekomendasikan beberapa situs yang dapat kalian kunjungi, dan bisa membantu kalian mencari referensi penyusunan skripsi.

Berikut beberapa situs referensi untuk penyusunan skripsi:

Sumber Gambar : Revi

Google Scholar

Google Scholar merupakan salah satu layanan Google, yang memungkinkan kalian untuk mencari referensi penelitian dalam format publikasi.

Ada beberapa fitur di dalam Google Scholar  yang akan memudahkan kalian dalam mencari. Kalian bisa membuat bookmark pada publikasi yang ditemui.

Tidak hanya itu, kalian juga bisa mengutip sebuah publikasi yang telah disediakan, ke dalam beberapa gaya sitasi.

Apabila kata kunci yang kalian tulis masih bersifat umum, maka hasil pencarian menjadi terlalu beragam. Kalian dapat mencari publikasi terkait, supaya hasil lebih spesifik dengan topik yang dibutuhkan.

Kunjungi Website

Academia

Beberapa dari kalian tentu sudah familiar dengan situs yang satu ini. Yup, Academi merupakan salah satu jejaring sosial untuk para akademisi, yang digunakan sebagai media sharing makalah penelitian.

Berbeda dengan Google Scholar, di Academia kalian hanya bisa mencari jurnal, yang memang diunggah oleh pengguna Academia.

Academia mungkin belum terlalu lengkap layaknya mesin pencari. Namun kalian dapat berkomunikasi langsung dengan pemilik jurnal.

Misalnya dengan memberikan pesan, pertanyaan, hingga meminta penulis untuk mengunggah jurnal yang telah dia publikasikan.

Kunjungi Website

Microsoft Academic

Ini merupakan mesin pencari referensi penelitian dalam format publikasi. Ada beberapa fitur filter yang bisa membantu kalian dalam pencarian.

Misal fitur untuk mencari jurnal berdasarkan penulis, maupun afiliasi tempat bernaungnya penelitian yang kalian cari. Menurut saya, Microsoft Academic telah memberikan beragam fitur pencarian yang sangat membantu.

Sebab filter yang mereka hadirkan membuat pencarian bisa lebih spesifik. Apabila kalian kesulitan mencari bahan di Google Scholar, mungkin tidak ada salahnya mencoba Microsoft Academic.

Kunjungi Website

[irp posts=”47910″ name=”Kreatif! Mahasiswa Ini Membuat Game Contra 2028 Hanya Dalam 8 Minggu”]

Indonesia Publication Index

IPI atau sebutan lainnya Portal Garuda, merupakan mesin pencari jurnal layaknya Google Scholar maupuan Microsoft Academic.

Tapi situs ini hanya memberikan hasil jurnal berbahasa Indonesia. Apabila kalian butuh jurnal berbahasa Indonesia untuk membantu penyusunan skripsi, maka situs ini adalah solusinya.

Situs ini bisa menjadi solusi jitu bagi kalian yang pusing dengan jurnal berbahasa Inggris. Namun disisi lain, kalian lebih baik mengutamakan jurnal Internasional, sebab ini bisa melatih kalian dalam memahami Bahasa Inggris.

Kunjungi Website

ResearchGate

ResearchGate adalah platform media sosial untuk peneliti. Situs ini tidak hanya digunakan saat skripsi saja, namun situs ini juga berguna bagi kalian yang berniat melanjutkan kuliah dari S1 ke S2.

Ada sebuah forum diskusi yang melibatkan banyak peneliti dari seluruh dunia. Kalian bisa mengajukan pertanyaan dalam forum tersebut, untuk mendapatkan jawaban dari pengguna lain.

Kunjungi Website