Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

5 Website Tertua di Dunia yang Nggak Banyak Diketahui Orang

Indri Penulis

Penasaran nggak sih, kira-kira mana saja website tertua di dunia? Masih ada kah mereka sampai sekarang? Cek informasinya di sini.

Website atau situs tentunya bukan hal yang asing buat banyak orang. Apalagi website memang sudah ada sejak berpuluh-puluh tahun. Bentuknya pun beragam. Ada website yang cuma dipakai untuk menyajikan informasi (contoh Wikipedia), ada juga website yang dipakai untuk jualan online.

popculture.id

Ngomongin soal website, pernah kebayang nggak sih, kira-kira website mana yang pertama kali ada di dunia? Lalu tahun berapa dia dibuat?

Kalau pernah merasa penasaran tentang hal itu, saya bakal menjawab rasa penasaranmu sekarang juga. Kali ini saya telah merangkum beberapa website tertua di dunia. Sayangnya tidak semua website di daftar bisa diakses, pasalnya ada beberapa yang sudah nggak aktif.

Okelah kalau begitu, mari langsung saja simak ulasan berikut!

Symbolics.com

Symbolics.com merupakan sebuah situs yang dibuat oleh perusahaan manufaktur komputer bernama Symbolics Inc. Domain ini pertama kali didaftarkan pada tanggal 15 Maret 1985, nggak berapa lama setelah pengimplementasian TCP/IP.

Menariknya sampai sekarang situs tersebut masih aktif lho. Cuma bedanya, tampilannya sekarang sudah dibikin kekinian. Nggak jadul seperti era tahun 80-an. Hohoho.

BBN.com

BBN.com adalah situs tertua nomor dua di dunia setelah Symbolics.com. Situs ini dibikin oleh perusahaan bernama Raytheon BBN Technologies pada tanggal 24 April 1985.

Sama seperti situs yang pertama, BBN.com sampai sekarang juga masih eksis. Cuma bedanya tampilan situsnya sudah terlihat jauh lebih modern dibanding saat pertama kali dibuat.

Think.com

Sekarang kita ketemu dengan situs yang ketiga. Dia adalah Think.com, situs yang pertama kali didaftarkan pada tanggal 24 Mei 1985. Situs ini dulunya dijadikan etalase produk dan media informasi oleh produsen superkomputer Thinking Machines Corporation.

Tampilan pertama kali situs Think.com

Sayangnya ketika saya mencoba mengakses situs tersebut, dia sudah tidak ada. Jadi saya nggak bisa menunjukkan tampilan terkininya buat kamu deh.

Dec.com

Dec.com merupakan domin milik Digital Equipment Corporation. Mereka adalah perusahaan yang pernah menjadi vendor hardware dan software terkenal di era 1960-an sampai 1990-an. Tercatat, domain Dec.com pertama kali didaftarkan pada tanggal 30 September 1985.

Tampilan pertama kali situs Dec.com

Sayangnya nasib situs ini sama dengan Think.com. Saat saya coba mengaksesnya, dia sudah tidak ada. Hm.. Sayang banget ya.

SRI.com

Namanya terkesan lokal banget ya buat orang Indonesia. Tapi ini bukan situs milik orang Indonesia kok. SRI.com merupakan situs tertua kelima di dunia. Situs milik R&B Independent (organisasi yang didirikan Stanford Research Institute) ini pertama kali didaftarkan pada tanggal 17 Januari 1986.

    %d blogger menyukai ini: