Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

WhatApp Bikin Fitur Polling dan Tab Khusus “Komunitas”

Indri Penulis

Kabar terbaru mengatakan kalau WhatsApp sebentar lagi akan tambahkan fitur Polling. Mereka juga tengah menyiapkan tab khusus “Komunitas.”

WhatsApp makin berani bereksperimen membuat fitur baru akhir-akhir ini. Bahkan WhatsApp juga telah menguji banyak fitur selama beberapa bulan terakhir, untuk mengejar ketertinggalan mereka dengan Telegram.

WhatsApp baru-baru ini meluncurkan tools pratinjau dokumen, dan juga menambahkan kemampuan untuk pause/resume saat pengguna sedang merekam voice note.

Menariknya di waktu yang sama, WhatsApp kabarnya juga tengah menguji fitur baru untuk grup. Fitur tersebut memungkinkan pengguna melakukan jajak pendapat alias polling dalam grup WhatsApp.

Kabar ini pertama kali dibeberkan oleh WABetaInfo lewat postingan Twitter-nya. WABetaInfo mengatakan kalau WhatsApp sedang mengembangkan fitur baru yang memungkinkan pengguna membuat polling di obrolan grup, untuk mensurvei anggota grup dengan cepat.

Dalam tangkapan layar yang diunggah oleh WABetaInfo, kamu bisa lihat kalau WhatsApp bakal meminta penggunanya untuk memasukkan pertanyaan polling terlebih dulu.

Kemudian dalam tangkapan layar berikutnya, pengguna bisa bikin opsi jawaban yang nantinya bisa dipilih oleh semua anggota grup.

WABetaInfo juga menambahkan kalau polling hanya akan tersedia di grup WhatsApp., dan bakal dilindungi enkripsi end-to-end.

Sebenarnya ini bukan pertama kalinya ada fitur polling di aplikasi chat. Di tahun 2018, Telegram sudah lebih dulu memungkinkan penggunanya untuk melakukan polling langsung di dalam obrolan.

Di sisi lain, WhatsApp kabarnya juga tengah menguji tab khusus “Community” atau “Komunitas.” Fitur tersebut digadang-gadang akan memudahkan pengguna untuk melacak grup dan komunitas yang diikuti. Kabarnya, “Komunitas” akan menggantikan tab kamera yang saat ini terletak di sisi kiri layar.

Sementara itu baik fitur polling atau tab “Komunitas,” sepertinya mereka berdua masih dalam tahap awal pengembangan. Pasalnya dilansir dari XDA-Developers, sampai kabar ini muncul, fitur tersebut belum tersedia di WhatsApp.

Berdoa saja semoga mereka berdua jadi rilis ya. Pasalnya keduanya bakal sangat bermanfaat buat mayoritas pengguna. Mereka bisa langsung bikin polling langsung dari aplikasi WhatsApp (sekarang bikin polling perlu bantuan website tambahan). Sementara buat pengguna yang bergabung ke dalam banyak grup, mereka bisa menemukan grup/komunitas dengan gambar lewat tab khusus “Komunitas.”