Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

WhatsApp Resmi Menguji Coba Fitur Komunitas untuk Aplikasi Android

Indri Penulis

WhatsApp resmi melakukan uji coba fitur Komunitas untuk aplikasi Android. Nah apa fungsi fitur ini dan bagaimana cara kerjanya? Mari kita lihat.

Kalau kamu rutin mengikuti berita-berita terbaru soal WhatsApp, mungkin kamu nggak asing dengan fitur Komunitas. Pasalnya fitur ini sudah sempat diumumkan WhatsApp pada April lalu (sebelumnya telah dikembangkan sejak Oktober 2021). Sayangnya waktu itu WhatsApp belum mengungkapkan kapan fitur tersebut akan rilis, atau minimal jadwal uji cobanya.

popculture.id

Menjelang akhir Agustus 2022 ini, WhatsApp kabarnya sudah mulai uji coba fitur Komunitas untuk sebagian pengguna Android. Kabar ini disampaikan oleh situs WABetaInfo.

Berdasarkan keterangan dari WABetaInfo, fitur Komunitas diluncurkan via side server. Pengguna aplikasi Android versi 2.22.19.3 (beta) dan 2.22.19.2 (stabil) adalah yang berpeluang kebagian uji coba dari WhatsApp.

Buat pengguna yang kebagian uji coba ini, mereka akan menemukan tab Komunitas di aplikasi. Menariknya dalam uji coba ini posisi tab Komunitas menggantikan tab Kamera lama.

Lalu apa yang bisa dilakukan pengguna dengan tab Komunitas? Jadi dalam tab tersebut, pengguna bisa membuat Komunitas baru dan menambahkan hingga 10 sub-grup ke dalamnya. Setiap sub-grup kemudian bisa berisi hingga 512 anggota.

Ketika pertama kali membuat Komunitas, WhatsApp otomatis akan membuat grup Pengumuman. Grup tersebut mencakup semua anggota sub-grup. Grup ini akan memudahkan admin untuk mengirim pesan umum ke semua orang sekaligus.

Satu yang perlu kamu tahu. WhatsApp tidak akan menyembunyikan nomor telepon pengguna. Dengan begitu setiap anggota komunitas bisa saling melihat informasi kontak. Tapi kabarnya ini cuma sementara. Ke depan, WhatsApp tetap akan meluncurkan kemampuan untuk menyembunyikan nomor telepon setiap anggota Komunitas.

Nah dengan kemampuan seperti itu, cocoknya buat siapa nih fitur Komunitas? Bisa dibilang fitur Komunitas sangat cocok buat admin sekolah, komunitas lingkungan, fandom KPOP, dll. Dengan fitur ini, pengguna bisa membuat sub-grup yang relevan di dalam satu komunitas yang sama.

Sekali lagi, fitur Komunitas masih dalam tahap uji coba di aplikasi WhatsApp Android. WhatsApp juga belum membeberkan kapan fitur tersebut akan resmi diluncurkan. Jadi kalau kamu udah nggak sabar buat mencicipi fitur ini, tetap sabar ya!

    %d blogger menyukai ini: