Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

WhatsApp Beta Hadirkan Mode Companion di Tablet Android

WhatsApp background art
Indri Penulis

WhatsApp rilis mode Companion untuk sebagian pengguna beta Android. Fitur ini bisa dipakai untuk menautkan akun WhatsApp ke tablet Android.

April lalu, WhatsApp sempat menguji coba mode Companion dalam versi beta. Dalam pengujian sebelumnya, pengguna bisa menambahkan perangkat lain ke akun WhatsApp via scan QR code.

September ini pengujian masih terus berlanjut. Bahkan WABetaInfo baru-baru ini turut memaparkan seperti apa tampilan mode Companion versi tablet.

Menurut WABetaInfo, mode Companion di WhatsApp beta untuk Android v2.22.21.6 saat ini memungkinkan pengguna menautkan akun ke tablet Android. Caranya tetap sama seperti pengujian sebelumnya, yakni dengan memindai kode QR. Tapi dalam pengujian ini pengguna belum bisa menghubungkan akun WhatsApp ke smartphone sekunder.

whatsapp beta companion tablet

Kalau pengguna menjalankan beta terbaru, pengguna bisa menguji fitur tersebut di bagian Perangkat Tertaut di Pengaturan WhatsApp. Selanjutnya pengguna tinggal memindai kode QR yang ditampilkan dalam tablet. Tapi syaratnya, semua pesan WhatsApp harus disinkronkan ke tablet selama ponsel memiliki koneksi internet aktif.

Nah nanti kalau proses sinkronisasi sudah selesai, pengguna bisa pakai WhatsApp di tablet bahkan ketika ponsel nggak tersambung dengan koneksi internet aktif. Serunya, mode Companion juga memungkinkan pengguna menautkan akun WhatsApp di iPhone ke tablet Android lho.

Oya karena ini sifatnya masih beta, jelas akan ada beberapa fitur yang mungkin nggak tersedia di perangkat pendamping. Misalnya pengguna tidak bisa nonton lokasi dan komunitas langsung dari perangkat pendamping. Tapi menurut WABetaInfo, fitur-fitur tersebut akan hadir saat mode baru sudah diluncurkan secara resmi.

Sayangnya sampai sekarang belum diketahui kapan WhatsApp akan merilis mode Companion secara resmi. WABetaInfo sendiri cuma bilang kalau pengujian mungkin akan diperluas ke ponsel Android lainnya. Dengan begitu pengguna bisa mengakses akun WhatsApp yang sama di dua ponsel.