WhatsApp Bakal Bisa Kirim Video 8K Tanpa Kurangi Kualitas

whatsapp android iphone
Indri Penulis

Kabar bagus buatmu pengguna aplikasi WhatsApp. Sebab WhatsApp bakal bisa kirim video 8K dari ponselmu tanpa kurangi kualitasnya.

Banyak pengguna selama ini mengeluhkan kebiasaan menjengkelkan WhatsApp yang suka “memotong” kualitas media, lalu mengompresnya di luar batas kewajaran. Alhasil, kualitas media yang dikirim pengguna ke orang lain jadi turun kasta alias buruk.

Masalah serupa juga sering dialami ponsel-ponsel flagship yang mendukung perekaman video 8K. Apalagi saat mereka ingin mengirim video ke WhatsApp di ponsel yang tak mendukung video 8K.

Buat WhatsApp, problem semacam itu boleh dibilang wajar. Sebab kalau kamu mengirim video 8K atau foto-foto berkualitas tinggi, jelas dapat memakan banyak ruang.

Tapi tenang, karena menurut WABetaInfo, versi WhatsApp yang bakal datang akan menangani masalah ini. Artinya, kamu bakal bisa mengirim file “versi lengkap” tanpa dikompresi oleh aplikasi.

Jika kamu lihat pada screenshot di atas, WhatsApp beta terbaru Android memungkinkan penggunanya untuk menyesuaikan kualitas video lewat 3 opsi yakni Auto, Best Quality dan Data Saver.

Opsi “Auto” membuat WhatsApp bisa menentukan video mana yang ‘wajib’ dan ‘nggak boleh’ dikompresi. Opsi “Best Quality” akan mengirim video-mu apa adanya (misal ukuran 700MB, ya ukuran segitu juga yang bakal dikirim ke orang lain). Terakhir opsi “Data Saver” bakal mengompresi semua video-mu sebelum dikirim.

WABetaInfo menambahkan untuk sementara ini, fitur tersebut baru tersedia untuk video. Tapi nggak menutup kemungkinan juga kalau fitur ini bakal tersedia buat foto.

Kalau nanti fitur ini benar-benar sudah resmi rilis, mungkin bisa mempermudah banyak pengguna ponsel flagship, atau buat mereka yang ponselnya dibekali penyimpanan super longgar. Tapi gimana dengan ponsel-ponsel yang storage-nya pas-pasan?

Contoh kasus, pada ponsel Samsung Galaxy S20/S21, setiap menit (1 menit) video 8K yang direkam bakal berbobot 600MB. Kalau di kirim ke ponsel ber-storage luas sih oke-oke saja. Tapi bayangkan kalau video itu dikirim ke ponsel lain yang minim penyimpanan, apa ya nggak jebol itu ponsel?

Hm, ya sudahlah, yang penting WhatsApp sudah ada usaha memberi opsi untuk menyesuaikan kualitas video sebelum dikirim. Jadi mau nanti opsi ini bakal di pakai atau nggak, itu terserah penggunanya. Ya nggak?

    %d blogger menyukai ini: