Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

WhatsApp akan Blokir Screenshot untuk Fitur View Once

WhatsApp background art
Indri Penulis

WhatsApp meluncurkaan fitur baru yakni kontrol status online, fitur untuk kabur dari grup diam-diam, dan fitur blokir screenshot di View Once WhatsApp.

Selama beberapa bulan, WhatsApp telah melakukan uji coba untuk beberapa fitur baru. Dua diantaranya adalah uji coba untuk menyembunyikan status online, lalu yang satunya lagi ada fitur yang memungkinkan penggunanya cabut dari grup secara diam-diam alias tanpa pemberitahuan.

popculture.id

Awal Agustus ini akhirnya fitur-fitur tersebut resmi diluncurkan. Selain meluncurkan kontrol status online dan fitur untuk keluar grup secara diam-diam, WhatsApp juga sudah mulai menguji coba fitur blokir screenshot untuk foto View Once / Sekali Lihat. Nah kalau begitu mari kita bahas satu per satu ketiga fitur ini.

Blokir Screenshot di Fitur View Once

Fitur View Once resmi hadir di WhatsApp tahun lalu. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengirimkan foto ‘sekali lihat’ seperti di Instagram. Jadi ketika foto tersebut sudah dibuka oleh si penerima, maka penerima tidak akan bisa menyimpan atau membukanya lagi untuk yang kedua kalinya.

Keberadaan fitur View Once memberikan banyak manfaat. Pertama, fitur ini berguna banget untuk mengirim foto-foto yang sifatnya sensitif alias tidak boleh terlihat oleh orang lain kecuali si penerima. Kedua, fitur ini juga bisa menghemat ruang penyimpanan karena setiap foto yang dikirimkan tidak akan masuk ke dalam memori ponsel.

Sayangnya selama ini keamanan fitur View Once masih sangat rentan. Orang masih bisa mengambil screenshot untuk menjepret gambar sekali lihat yang dikirimkan si pengirim.

Sekarang dengan adanya uji coba fitur baru untuk blokir screenshot View Once, orang-orang yang suka curi-curi foto sekali lihat sebentar lagi nggak bakal bisa berkutik. Sayang dalam pengumumannya, WhatsApp belum membocorkan kapan fitur ini akan meluncur.

Sembunyikan Status Online

Kadang sebagian pengguna WhatsApp merasa keberadaan status online bakal merepotkan. Kenapa? Karena biasanya jika orang mengetahui teman/keluarganya online, mereka bakal langsung mengirim pesan atau melakukan panggilan. Padahal bisa jadi orang tersebut sedang tidak mau diganggu.

Kabar baiknya, sekarang fitur untuk mematikan status online resmi diluncurkan. Pengguna WhatsApp bisa menonaktifkan status online untuk semua kontak, atau hanya untuk orang tertentu saja.

Jujur fitur ini sangat membantu banget sih. Tapi bahayanya, fitur ini juga bakal merugikan orang-orang yang punya pasangan. Kok bisa? Ya iya lah, fitur ini bisa dipakai buat mengelabui pasangan saat si doi sedang chatting-an dengan selingkuhannya. Gimana, bahaya banget kan?

Cabut Dari Grup Secara Diam-Diam

Dari ketiga fitur baru yang diluncurkan WhatsApp, ini yang paling saya suka! Dengan fitur ini, kita bakal bisa cabut dari grup secara diam-diam. Nggak bakal tuh ada notifikasi yang mengatakan kalau kita sudah keluar dari grup. Cocok banget buat keluar dari grup kelas yang nggak penting nih. Hahaha!

Sepertinya fitur-fitur di atas diluncurkan secara bertahap. Karena setelah saya cek di aplikasi WhatsApp di ponsel saya, belum ada pemberitahuan untuk melakukan update. Kamu gimana, sudah dapat update kah?

    %d blogger menyukai ini: