WhatsApp Multi-Device Beta Rilis! Ini Info Penting Yang Perlu Kamu Tahu

Ini yang ditunggu-tunggu, WhatsApp akhirnya meluncurkan dukungan multi-device versi beta ke beberapa pengguna. Begini cara kerjanya.

Dukungan multi-device adalah salah satu fitur yang selama ini paling banyak diminta pengguna WhatsApp. Tapi entah karena apa, WhatsApp terbilang sangat lambat dalam menghadirkan fitur yang satu ini.

Walau pun lambat, tapi WhatsApp tidak ‘kaku-kaku amat.’ Mereka telah memberikan petunjuk tentang dukungan multi-device sejak tahun lalu.

Namun baru bulan lalu, Mark Zuckerberg mengonfirmasi kalau dukungan multi-device bakal diluncurkan ke semua orang dalam beberapa bulan mendatang.

Dan.. Seperti yang sudah mereka janjikan, WhatsApp kini akhirnya meluncurkan pengalaman multi-device buat beberapa pengguna beta.

Cara Kerja Dukungan Multi-Device WhatsApp

Meski masih dalam tahap pengujian beta, tapi lewat dukungan ini, kamu bisa mengaktifkan dan menjalankan akun WhatsApp yang sama di ‘hingga empat perangkat non-smartphone.’

Itu artinya, kamu masih ‘tetap tak bisa menggunakan akun WhatsApp yang sama di lebih dari satu ponsel.’ Tapi kamu bisa memakai akun yang sama di WhatsApp untuk Web, Desktop dan Portal secara bersamaan.

Sumber : Facebook

Untuk saat ini, kita memang bisa mengakses WhatsApp di ponsel dan browser PC secara bersamaan. Syaratnya, ponsel kita harus selalu terhubung internet. Kalau tidak, kita bakal kehilangan akses ke WhatsApp di PC.

Nah dengan dukungan multi-device, setiap perangkat pendamping akan terhubung ke akun WhatsApp-mu secara mandiri. Artinya kalau perangkat utama (katakanlah ponselmu) kehilangan koneksi internet, WhatsApp-mu yang ada di perangkat lain (PC contohnya) tak akan terputus.

Sumber : Facebook

WhatsApp berjanji kalau enkripsi end-to-end dalam dukungan ini tak akan terganggu ketika menyinkronkan obrolan, arsip obrolan, pesan berbintang, nama kontak, dll, di semua perangkat.

Nantinya perangkat pendamping (bukan ponsel utama) harus dihubungkan lebih dulu dengan memindai kode QR. Sementara pada perangkat yang kompatibel, WhatsApp bakal menerapkan otentikasi biometrik (buat keamanan tambahan).

Kamu nggak perlu khawatir, nanti bisa melihat semua perangkat pendamping yang terhubung ke WhatsApp-mu langsung lewat aplikasi. Kamu bisa melihat daftar perangkat pendamping dan kapan terakhir mereka dipakai. Oya, kamu juga bisa me-logout mereka dari jarak jauh lho.

%d blogger menyukai ini: