Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

5 Widget Aplikasi Google yang Bikin Beranda HP-mu Lebih Berfaedah

Indri Penulis

Beberapa widget aplikasi Google ini bisa membuat layar beranda HP Android-mu lebih berfaedah. Nggak percaya? Coba lihat dulu daftar widget-nya yuk.

Wallpaper cantik, ada aplikasi favorit dan beberapa widget penting di atasnya. Hmm.. kurang lebih seperti itulah gambaran layar beranda yang bagus dan fungsional.

popculture.id

Tapi kalau benar-benar mau bikin layar beranda yang ‘berfaedah,’ mungkin tips saya kali ini bisa kamu coba. Kali ini saya mau merekomendasikan beberapa widget aplikasi Google yang bisa mempermudah aktivitas kamu mulai dari bikin catatan secepat kilat, mengakses tempat-tempat tertentu dengan cepat, dll.

Oya, kali ini saya menggunakan Android 12 saat mengutak-atik widget ya. Yuk langsung saja simak ulasan saya berikut ini.

Google Keep

Google Keep adalah aplikasi catatan yang paling gampang pemakaiannya, kalau menurut saya. Tampilannya yang bersih dan enteng dipakai, membuat saya pribadi betah pakai aplikasi yang satu ini.

Nah kalau kebetulan kamu menginstal aplikasi Google Keep di HP, pas banget. Aplikasi ini punya widget yang bisa kamu manfaatkan. Seperti yang bisa kamu lihat pada gambar di atas, ada dua tampilan widget Google Keep yang bisa kamu pilih.

Kedua tampilan tersebut memungkinkan kamu membuat cacatan langsung dari layar beranda, tanpa perlu masuk ke aplikasi Google Keep. Cuma bedanya tampilan atas cuam menampilkan tombol catatan, sedang yang bagian bawah menampilkan tombol dan isi catatan Google Keep-mu. Santai, mereka semua bisa kamu geser dan atur ukurannya sesuai selera kok.

Google Maps

Google Maps sekarang punya widget ‘Temukan tempat terdekat’ dengan tampilan yang cantik. Kamu bisa coba widget ini untuk menemukan tempat terdekat dari lokasimu seperti restoran, SPBU, rumah sakit, hotel, dll.

Secara default, widget ini akan menggunakan panel berukuran 3×2 di layar beranda. Tapi kamu nanti bisa mengubah ukurannya menjadi 2×2 atau 4×2. Kamu juga bisa melihat minimal empat dan maksimal delapan rekomendasi tempat.

Kamu juga bisa menggunakan fitur widget Google Maps lain seperti ‘Lalu lintas di sekitar,’ ‘Bagikan lokasi’ (untuk berbagi lokasi ke orang lain secara real-time), ‘Lokasi teman,’ dll.

Google Clock

Google Clock punya widget bernama World. Sesuai namanya, widget ini bisa kamu pakai untuk melihat jam di kota-kota seluruh dunia. Di widget ini kamu bisa menambahkan secara manual jam di kota yang ingin dipantau (maksimal 32 kota).

Yah mungkin kamu nggak memerlukan fitur ini secara maksimal. Tapi bagaimanapun juga, fitur ini tetap merupakan alat yang hebat untuk menunjukkan beberapa kota sekaligus. Kalau kamu sering terbang ke luar negeri, widget yang satu ini jelas sangat bermanfaat buat kamu.

Google News

Banyak orang menggunakan Google News untuk tetap update berita yang relevan. Kalau kamu salah satunya, kamu bisa pakai widget aplikasi untuk melihat berita utama sesuai topik yang kami minati. Rekomendasi berita yang tampil di widget ini akan sesuai dengan ‘yang diketahui Google’ tentang kamu.

Nggak cuma menampilkan berita, widget ini juga punya alat cuaca bawaan untuk memberi tahu kamu soal perkiraan cuaca dan suhu di wilayah tertentu. Sayangnya widget ini hanya tersedia dalam ukuran 4×2 dan nggak ada cara untuk mengubahnya.

Google Drive

Google Drive punya tools yang bernama ‘Quick Action.’ Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan kamu untuk mencari, mengunggah, atau bahkan memindai file di Google Drive dengan cepat.

Secara default, widget ini akan mengambil ukuran 3×1. Tapi kamu bisa mengubah ukuran widget menjadi 2×1, 3×2 atau bahkan 4×1. Jangan heran ya, karena widget ini memang punya tampilan yang sangat mirip dengan punyanya Google Keep.

Nah itu tadi beberapa widget aplikasi Google yang sangat berguna untuk layar beranda HP Android-mu. Gimana kamu mau coba pakai widget yang mana?

    %d blogger menyukai ini: