Widget Pantau Kemacetan Google Maps Mulai Diluncurkan ke Pengguna

Indri Penulis

Widget Google Maps buat pantau kemacetan saat ini sudah mulai diluncurkan ke pengguna. Lihat penampakannya di sini yuk.

Pekan lalu, Google sempat mengumumkan beberapa widget baru yang bakal datang ke platform mereka. Salah satunya adalah widget buat pantau kemacetan secara real-time di layar beranda pengguna.

Waktu widget tersebut diumumkan, Google cuma membocorkan kalau widget tersebut akan diluncurkan pengguna ‘dalam beberapa minggu mendatang.’ Tapi menurut Mishal Rahman, sepertinya widget tersebut sudah mulai muncul di beberapa pengguna.

Dalam temuan terbaru Mishal Rahman, widget Nearby Traffic atau Lalu Lintas Terdekat diluncurkan dalam Google Maps v11.35.1 yang hadir lewat pembaruan aplikasi di Play Store.

Seperti yang kamu lihat dalam tangkapan layar di bawah, widget Nearby Traffic menampilkan tepi yang membulat, dan ukurannya 4 x 3 (kalau secara default). Tapi kamu bisa menambah atau mengurangi ukurannya untuk mengakomodasinya dalam tata letak layar beranda kamu saat ini.

widget pantau kemacetan google maps

Widget ini nantinya bakal menunjukkan lokasi terbarumu dalam bentuk titik biru di tengah. Sedangkan lapisan peta lalu lintas bakal menyoroti kondisi lalu lintas di sekitarmu dengan garis hijau, oranye, dan merah.

widget pantau kemacetan google maps

Selain itu ada juga tombol aksi mengambang (FAB) dengan ikon kaca pembesar berada di sudut kiri bawah, yang memungkinkan kamu memperbesar dan memperkecil peta. Di sebelahnya, kamu bakal menemukan logo Google.

Yah Nearby Traffic mungkin cuma menunjukkan kondisi lalu lintas untuk area kecil di sekitar lokasimu saat ini. Tapi kamu nggak perlu khawatir, kamu bisa mengetuknya untuk melihat lokasi area yang lebih luas di Google Maps.

Kok aku belum dapat fitur Nearby Traffic?

Sabar. Kalau misalnya kamu sekarang belum menerima fitur widget buat pantau kemacetan di Google Maps, kamu sepertinya perlu menunggu beberapa waktu lagi. Pasalnya peluncuran fitur ini sepertinya diluncurkan secara berkala.

    %d blogger menyukai ini: