Keren! Google Maps Bakal Punya Widget Khusus Buat Pantau Macet

Indri Penulis

Google mengumumkan bahwa mereka akan hadirkan widget baru ke Google Maps. Widget terbaru Google Maps bisa buat pantau macet lho.

Lewat pengumuman resminya, Google memperkenalkan 5 widget baru untuk aplikasi besutannya. Kelima widget tersebut ada yang berfungsi untuk mengarsipkan email secara instan, scroll daftar tugas, menelusuri terjemahan favorit, mengubah ukuran widget sesuai selera, sampai widget buat pantau kemacetan.

Tapi khusus dalam ulasan kali ini, saya bakal membahas soal widget pemantau kemacetan. Widget buat pantau macet ini bakal hadir di Google Maps.

Bagaimaca cara kerja widget ini? Sederhana banget. Widget ini bakal memberikan informasi terbaru soal lalu lintas terdekat dari lokasimu saat ini.

widget macet google maps

Pratinjau yang dipamerkan Google Maps saat ini berupa kotak bulat dengan titik biru di tengahnya yang menunjukkan peta dengan lokasimu saat ini. Sama seperti peta Lalu Lintas di dalam aplikasi, Google akan menandai kondisi lalu lintas dengan garis berwarna hijau, oranye dan merah.

Widget ini nantinya juga bakal menampilkan sebuah tombol floating action (FAB), yang bertema Dinamic Color di sudut kanan bawah. Tombol ini memungkinkan kamu memperbesar / memperkecil pratinjau keadaan lalu lintas. Oya nggak lupa, kamu juga bakal melihat logo Google muncul di sudut kiri bawah.

Kalian akan melihat informasi lokasi saat ini langsung dari layar Utama Android. Jadi, jika kalian meninggalkan rumah, kantor, sekolah atau tempat lain, kalian secara sekilas akan tahu persis seperti apa kondisi lalu lintas lokal,” kata Google dalam pengumumannya.

Sayangnya dalam pengumumannya itu, Google baru membocorkan satu tampilan widget pemantau kemacetan besutannya itu. Kalau dilihat dari petunjuk yang diberikan, kemungkinan widget tersebut akan berukuran 2×2. Belum jelas apakah widget tersebut bisa diubah ukurannya, atau dia bakal jadi satu dengan widget “Temukan tempat terdekat dengan cepat” atau tidak.

Sementara itu, widget ini akan hadir di aplikasi Google Maps Android dalam beberapa minggu mendatang (sebelumnya sudah pernah diluncurkan di iOS tahun lalu).

    %d blogger menyukai ini: