Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Windows Phone vs Android: Pengalaman SocMed di Facebook dan Twitter

Salah satu kegiatan yang sangat sering dilakukan di smartphone saat ini adalah social network, kamu pasti pernah melakukan salah satunya. Facebook dan Twitter adalah dua jenis social network yang paling sering diakses, bagaimana karakteristik kedua social network itu di smartphone Android dan Windows Phone? Sama sajakah atau sangat berbeda?

Pada komparasi ini, screenshot android selalu disebelah kiri Kamu, dan screenshot Windows Phone selalu disebelah kanan Kamu.

Home Facebook

Tidak ada perbedaan signifikan yang bisa kita lihat selain selera pengaturan kedua sistem operasi ini.  Di android informasi lebih minim, seperti  simbol jempol tidak ada keterangan, sementara di android diberi keteranga “Like” di samping simbol jempol.  Bagi yang biasa bermain facebook, tentu selera di Windows Phone bakal familiar dan tampak lebih “clean”.  Sementara yang jarang facebook-an, sedikit keterangan tambahan akan sangat membantu.

Pengalaman penulis, pengaturan Windows Phone lebih mengasyikkan, tombol untuk menulis status baru, mengupload foto dan check in berada di bagian bawah layar, sehingga kita bisa menghemat waktu untuk mengaksesnya, di android mesti scroll ke top screen dulu.  Pengoperasian menggunakan satu tangan akan lebih memungkinkan di Windows Phone.  Satu lagi kelebihan Windows Phone pada tampilan home ini, yakni kita bisa geser (swipe) ke kanan dan ke kiri untuk melihat siapa yang online atau melihat menu facebook.  Di android kita harus menekan tombol di pojok atas bagian kanan atau kiri, cukup menegesalkan jika kita melakukannya cukup sering.

Swipe ke kiri dan kanan lebih mudah di windows phone

Profile Facebook

Jika kita melihat profile seseorang, android dan lumia memberikan tampilan yang sedikit berbeda.  Windows Phone menghilangkan informasi yang cukup berharga, tiga keterangan utama: pekerjaan, sekolah dan lokasi rada rancu di windows phone, jika bekerja di suatu universitas X dan bekerja di universitas Y, maka pembaca akan bingung mana tempat dia kuliah dan dimana dia bekeja.  Sebaliknya di android hal ini tidak terjadi, pembaca akan mengetahui dimana dia bekerja dan dimana dia kuliah dulu.

Tapi Windows Phone juga punya kelebihan, seperti foto cover di facebook android tampak sedikit dicrop, sementara di windows phone utuh ditampilkan.  Satu hal yang penulis rasakan membantu adalah, tombol message dll ada dibagian bawah layar, sehingga kita lebih cepat melakukan interaksi dengannya, terutama jika kita mengoperasikannya dengan satu tangan, penempatan tombol dibawah akan sangat membantu.

Album Foto

Pada penampakan album facebook, Windows Phone hanya unggul di adanya informasi album milik siapa dan foto yang terlihat tampak lebih detail dari android (tentu untuk full detailnya kamu bisa klik foto-nya).  Android sendiri lebih banyak fiturnya, dan kita bisa memasukkan direcly foto kedalam album itu (tombol +).  Sementara jika kita melihat per foto, tidak tampak perbedaan berarti antara android dan windows phone.

Baca Juga:  Fitur Dynamic Island di Android Bisa Kamu Rasakan Pakai Aplikasi

Satu yang Saya anggap sebuah keunggulan mutlak, saat mengupload foto dari gallery, Windows Phone cukup unik fiturnya, kita bisa men-tag wajah pada foto terlebih dahulu sebelum mulai di upload, foto sebelum diuploadpun disajikan cukup besar.  Sementara di android, tidak ada yang istimewa, cukup membosankan interfacenya.

Secara Umum Tidak Jauh Beda

Tiga hal tadi penulis rasakan adalah fitur-fitur yang biasa diakses orang secara umum.  Fitur-fitur lainnya tidak jauh berbeda dari kedua aplikasi itu, yang cukup jadi pembeda adalah tombol-tombol yang sering diakses pada android terletak diatas, dan pada Windows Phone terletak dibawah untuk mempermudah akses. Dan yang cukup mengesalkan, aplikasi facebook android sering sekali memasukkan iklan di timeline, membuat akses sedikit tersendat, dan memakan kuota. Walaupun pergerakan di aplikasi facebook android sedikit lambat beberapa detik dan patah-patah dibanding di Windows Phone, tapi push notifikasi di android lebih cepat 1-2 detik dari di windows phone.

Berikut beberapa fitur “WoW” pada Facebook for Windows Phone yang tidak ada di Facebook for Android.

Keunikan Facebook (dan Twitter) Windows Phone: Contact Integration

Kesatuan utuh facebook dengan sistem, adalah suatu hal unik yang ditawarkan Windows Phone.  Jika kamu hendak melihat atau menulis di dinding teman kamu, tidak perlu capek-capek buka aplikasi yang mesti nyari-nyari dulu temanmu dan kadang proses loading buka aplikasi dan searching yang mengesalkan (apalagi sinyal kembang-kempis).  Cukup cari namanya di phonebook (People), lalu tekan deh “write on wall”, sangat mudah bukan??  Jika temanmu punya twitter, kamu bisa langsung mention dia via phonebook dengan memilih “mention”.

Tidak cuma menulis di dinding teman, jika kamu mau lihat status-status terbaru temanmu, cukup geser saja ke kiri layar di phonebookmu, maka kamu akan bisa lihat status-status terbaru temanmu (baik facebook atau twitter), atau foto-foto yang baru mereka upload (dan di tag).  Tidak perlu repot membuka aplikasi facebook atau twitter kan (yang kadang loadingnya mengesalkan) ?

Tidak sampai disana saja, kamu mau melihat kumpulan foto-foto temanmu di facebook atau twitter bisa geser layar ke kiri lagi phonebook-nya. Asik kan!

Dan yang paling asik, jika kita ditelpon, foto panggilan-nya sesuai dengan foto profile teman itu di facebook (atau twitter)

Keunikan Facebook (dan Twitter) Windows Phone: Live Tiles

Kalau kamu pengen lebih terkoneksi dengan orang-orang yang kamu sayangi, kamu bisa pin phonebook-nya ke Live Tiles, sehingga kamu tidak akan melewatkan setiap status-nya di facebook dan twitter.  Setiap saya punya status baru di twitter atau facebook, tiles itu akan menampilkannya secara live.

Jika kamu punya pacar, biar makin dekat, pin phonebook-nya, sehingga kamu ga pernah melewatkan.  Jika kamu punya beberapa sahabat, buat grup di phonebook-mu, dan pin grup tersebut, kamu tidak akan lewatkan semua status mereka.  Nah terutama jika kamu punya gebetan, paling asik kepoin semua status mereka dengan live tiles ini. Punya lebih dari satu gebetan? tinggal dikelompokkan saja tiles-nya.

Baca Juga:  Akuisisi Twitter oleh Elon Musk Ditunda Gara-Gara Akun Spam

Keunikan Facebook Windows Phone: Integrasi Kaleder Dengan Facebook

Pernah di invite via facebook untuk suatu acara?  Baik undangan serius, ulang tahun atau sekedar kumpul-kumpul?

Jika kamu menerima undangan via facebook tadi, maka secara otomatis kalendermu akan terisi jadwal tersebut.  Tidak perlu repot lagi menuliskan di agendamu, fitur ini sangat berguna jika kantormu sering mengundang rapat via facebook.

Keunikan Facebook (dan Twitter) Windows Phone: Fast Status Update

Satu hal yang simple tapi sangat berguna, jika kamu ingin cepat mengupdate status ke facebook atau twitter (atau sekaligus ke keduanya), cukup via tile Me saja, kamu bisa skip membuka aplikasi facebook atau twitter yang memakan waktu (apalagi sinyak kurang bersahabat).  Bahkan status itu bisa kamu set bisa dilihat sama semua atau hanya orang tertentu saja.

Twitter for Android dan Twitter for Windows Phone

Perbedaan Utama Twitter for Android dan Twitter for Windows Phone adalah di Integrasinya dengan phonebook dan sistem pada windows phone (seperti di facebook diatas), sementara pada android seperti dunia yang berbeda.  Tapi dari interface aplikasi penulis tidak temukan perbedaan signifikan selain penempatan tombol-tombol android selalu diatas dan Windows Phone selalu dibawah.  Penulis rasa solusi penempatan tombol Windows Phone lebih memudahkan akses kita. Penulis juga rasa aplikasi di android lebih lambat terbuka dan tidak jarang patah-patah (tapi ini mungkin dipengaruhi tipe smartphone-nya), tapi untuk push notifikasi unggul android beberapa detik.  Beberapa hal yang tidak mengenakkan di android adalah munculnya iklan (seperti di facebook) pada timeline.

KESIMPULAN

Masing-masing punya keunggulannya, android unggul di push notifikasi yang lebih cepat dan beberapa fitur standar yang lebih lengkap.  Windows Phone lebih unggul di smooth interface dan beberapa fitur WOW yang unik.  Mana yang lebih kamu sukai tentu kembali ke masing-masing selera.  Tapi penulis sendiri setelah 7 bulan menggunakan android lalu #SwichToLumia sejak bulan Mei 2013, merasakan gairah baru dalam ber-facebook karena lumia, yang hilang setahun belakangan (karena bosan).  Kamu sendiri bagaimana??

catatan teknis: dalam komparasi ini penulis menggunakan smartphone android lenovo s560 (processor dual core 1Ghz mediatek & ram 512) dan smartphone nokia lumia 720 (processor dual core 1 Ghz qualcomm & ram 512), keduanya menggunakan kartu telkomsel (via hotspot), perbedaan pengalaman mungkin dirasakan dengan smartphone atau layanan operator yang berbeda.

catatan teknis: dalam komparasi ini penulis menggunakan smartphone android lenovo s560 (processor dual core 1Ghz mediatek dan ram 512) dan smartphone nokia lumia 720 (processor dual core 1 Ghz qualcomm dan ram 512), keduanya menggunakan kartu telkomsel (via hotspot), perbedaan pengalaman mungkin dirasakan dengan smartphone atau layanan operator yang berbeda.