Vivobook X BAPE
Vivobook X BAPE
Vivobook X BAPE

Microsoft Rencanakan Xbox Mobile Game Store, Siap Tarung Lawan Apple & Google

gambar perangkat xbox cloud gaming
Gambar: Xbox
Avatar of Anom
Anom Penulis
gambar ilustrasi microsoft membeli activision blizzard
Gambar: Microsoft | Xbox

Apalagi, melalui akuisisi Activision Blizzard, Microsoft akan mengantongi berbagai waralaba game besar. Call of Duty: Mobile dan Candy Crush adalah dua game di antaranya. Tentu Microsoft bisa memanfaatkannya lebih jauh.

Walau begitu, bersaing dengan Google Play Store di Android mungkin masih akan lebih “mudah” daripada bertarung dengan Apple di iOS. Karena Apple punya peraturan ketat soal toko pihak ketiga di iOS. Terutama masalah transaksi.

Sebelum ini Apple sudah pernah bersengketa dengan Epic Games untuk masalah transaksi di dalam game. Sengketa Apple vs Epic ini berjalan cukup panjang dengan kekalahan di pihak Epic.

Epic Games kemudian mengalihkan ketersediaan Fortnite untuk iOS melalui layanan Xbox Cloud Gaming. Dengan kata lain, Epic Games beralih ke Microsoft.

Xbox Cloud Gaming sendiri merupakan layanan streaming game yang masih dalam tahap pengembangan. Melalui layanan ini, gamer bisa memainkan game AAA kesayangan mereka di perangkat bergerak melalui teknologi cloud.

Di platform cloud ini, Microsoft pun bergerak cepat. Mereka langsung bekerja sama dengan Valve untuk ketersediaannya di Steam Deck, juga dengan perangkat mobile lain seperti milik Logitech dan Razer.