Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Xender: Mengirim Berkas Antar Perangkat

Anom Penulis

xender windows phone

Setelah kehadiran beberapa aplikasi pengirim berkas–seperti Dukto, Zapya, atau Feem–ada lagi yang datang menyusul. Namanya Xender. Sama seperti lainnya, aplikasi ini juga berfungsi mengirim berkas antar perangkat dan antar platform.

popculture.id

Aplikasi pengirim berkas seperti ini sangat berguna kalau kamu ingin mengirim berkas dengan ukuran cukup besar. Terutama kalau tidak ingin menggunakan koneksi internet. Aplikasi semacam ini biasanya menggunakan koneksi wifi secara lokal, alias antar perangkat saja.

Xender pun menggunakan cara yang sama. Kita harus menghubungkan perangkat dulu untuk bisa menggunakannya. Perangkatnya pun tidak hanya Windows Phone saja, tapi juga iOS dan Android.

connect xender

Kalau sudah terhubung, kita bisa memilih jenis berkas yang mau dikirim. Apakah itu foto, musik, video, atau dokumen. Pilih berkas yang bersangkutan dan kirim.

Tampilan aplikasi ini menyenangkan. Rapi dan cukup jelas. Aplikasi ini memanfaatkan pivot ala Windows Phone dengan baik. Penggunaan ikon–bukan nama kategori–cukup efisien.

tampilan xender

Sejauh yang saya coba, aplikasi ini cukup lancar. Namun masih ada beberapa kendala. Saya menghubungkan Lumia 920 dengan Lumia 930. Di sisi Lumia 920 pengenalan perangkat berjalan lancar. Sementara di Lumia 930, tidak nampak Lumia 920. Hubungan akhirnya dilakukan dari Lumia 920. Kemudian, saya menuju ke galeri, menghapus salah satu foto, dan kembali ke aplikasi Xender. Tampilan dari galeri tidak berubah. Berkas foto yang saya hapus masih terlihat. Payahnya, belum ada tombol refresh.

Aplikasi Xender sebenarnya juga bisa dihubungkan dengan komputer melalui browser (scan QR code di situs Xender). Lagi-lagi, fitur untuk ini belum tersedia di aplikasi Windows Phone. Yah, memang… di situsnya juga belum tercantum kalau aplikasinya tersedia untuk Windows Phone. Seperti biasa.

Aplikasi ini baru saja mendapat update yang berisi perbaikan. Melihat gelagat ini, bukan tidak mungkin nantinya fitur-fitur lain datang menyusul. Apalagi melihat Windows 10 yang diadopsi dengan antusias.

Kesimpulan sementara, aplikasi Xender memuaskan dari segi tampilan, tapi masih belum cukup fungsional dari segi fitur. Silakan mencoba sendiri. Siapa tahu di perangkat yang kalian gunakan lebih lancar dari perangkat saya.

Download: Xender – gratis

QR code:

xender-qr-code

    %d blogger menyukai ini: