Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Xiaomi 12S Ultra akan Pakai Sensor Kamera 1 inci Jumbo Bikinan Sony

Indri Penulis

Muncul kabar terbaru jika Xiaomi 12S Ultra akan pakai sensor kamera 1 inci bikinan Sony. Nah pertanyaannya, apa yang bikin sensor ini spesial?

Xiaomi siap mendebutkan jajaran Xiaomi 12S Series pada tanggal 4 Juli 2022. Nggak mau buang-buang waktu, Xiaomi beberapa waktu menggoda Mi Fans dengan sederet poster yang menunjukkan ketiga model ponsel yakni Xiaomi 12S, Xiaomi 12S Pro dan Xiaomi 12S Ultra.

popculture.id

Dari postingan tersebut, terbongkar kalau jajaran Xiaomi 12S Series akan menggunakan kamera hasil kolaborasi antara Xiaomi dan Leica.

Tapi sepertinya ada yang unik nih sama model super premium Xiaomi 12S Ultra. Xiaomi mengungkapkan pada postingan Weibo (via Android Central), bahwa ponsel premiumnya itu akan menggunakan Sony IMC989 beruk sebagai sensor utama yang besarnya mencapai 1 inci.

Xiaomi nggak menyebutkan resolusinya, tapi konon sensor ini akan punya resolusi 50MP dengan piksel 1,15ยตm. Hal ini membuat ponsel tersebut lebih unggul dibanding beberapa ponsel Android terbaik yang saat ini ada di pasaran.

Sony IMX989 sendiri adalah sensor terbaru yang diumumkan Sony. Hal yang unik dari sensor ini adalah dia berukuran 1 inci dan benar-benar dibuat secara eksplisit untuk smartphone.

Xiaomi 12S Ultra sendiri bukan ponsel pertama dengan dukungan sensor 1 inci. Sebelumnya ponsel lain seperti Sharp Aquos R6, Sharp Aquos R7 dan Sony Xperia PRO-I sudah lebih dulu menggunakan sensor 1 inci.

Sementara itu dilansir dari Android Police, kualitas yang dihasilkan Sony IMX989 mungkin belum se-WOW sensor 200MP ISOCELL HP3 Samsung. Tapi kabar bagusnya, sensor ini mampu menghadirkan gambar cahaya rendah dan malam hari yang sangat mengesankan, terutama kalau mempertimbangkan dari segi binning pikselnya.

Xiaomi juga mengklaim kalau pemakaian sensor Sony IMX989 akan meningkatkan penangkapan cahaya 76% lebih tinggi, kualitas gambar yang lebih bagus, serta kecepatan statup yang lebih bagus dibandingkan dengan model iPhone terbaru.

Hm.. Kalau saya pribadi sih belum mau berasumsi atau menilai lebih awal gimana kualitas sensor Sony IMX989 di Xiaomi 12S Ultra nantinya. Lebih baik menunggu pengumuman resmi Xiaomi nantinya, dan lihat hasilnya. Hehehe.

    %d blogger menyukai ini: