Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Yang Perlu Diketahui Tentang OnePlus 5

handphone oneplus 5
Anom Penulis

OnePlus 5 merupakan handphone andalan OnePlus terbaru. Pengumumannya menjadi penantian banyak orang. Terutama karena OnePlus terkenal sebagai produsen handphone spesifikasi tinggi dengan harga terjangkau.

OnePlus melewati versi “4” untuk produk andalannya ini. Dari OnePlus 3, OnePlus 3T, langsung ke OnePlus 5. Bisa jadi karena angka 4 dalam bahasa Tionghoa berbunyi sama dengan “mati”. Bagaimanapun OnePlus adalah manufaktur handphone dari daratan Cina.


BACA: 6 Fitur Canggih Samsung Galaxy S8


Kalau kamu melihat handphone ini, mungkin kamu akan melihat tren handphone masa kini. Banyak fitur yang sebelumnya sudah kita lihat di handphone flagship yang sudah lebih dulu dirilis.

Desain OnePlus 5: Minim Bingkai dan Horizon Line

desain oneplus 5

Menyusul popularitas Samsung Galaxy S8, handphone ini juga memiliki layar yang hampir tanpa bingkai. Bidang yang memotong layar hanyalah di bagian atas — tempat speaker dan kamera depan — dan bagian bawah — tempat mikrofon dan tombol fisik.

Namun harus diakui bentuk handphone ini enak dilihat. OnePlus menyebutkan bahwa mereka sudah menguji lebih dari 100 variasi sampai menemukan bentuk yang sempurna. Bodi OnePlus 5 yang tipis (7,25 mm) memiliki lengkungan halus di bagian belakang supaya enak digenggam. Mereka menyebutnya Horizon Line.

OnePlus 5 akan hadir dalam dua variasi warna. Yang pertama adalah Slate Gray, dan yang kedua Midnight Black. Warna gelap ini berpadu baik dengan layar 5,5 inci AMOLED yang ada di depan.

OnePlus 5 menggunakan dual kamera

kamera oneplus 5

Fitur satu ini pun mudah diduga. OnePlus 5 menggunakan dual kamera di bagian belakang. Dari sisi desain, penempatannya sama seperti iPhone. Sedikit mengecewakan dan kurang berani — walau tetap bagus — kalau menurut saya.

Bagaimana dari segi spesifikasi? Dual kamera itu terdiri dari satu kamera wide-angle 16MP dengan EIS (electronic image stabilization), dan satu kamera telephoto 20MP. Untuk menemani kamera tersebut, hadir dual LED flash di sampingnya.


BACA: Gebrakan Dual Lensa Kamera Smartphone


Spesifikasi OnePlus 5 cukup menggoda

Bicara soal spesifikasi selalu menarik. Karena di sinilah biasanya perbandingan dilakukan.

Secara umum, spesifikasi OnePlus 5 cukup memuaskan. Ia memiliki prosesor Snapdragon 835. Lalu kita bisa memilih paduan RAM 6GB dengan penyimpanan 64GB, atau RAM 8GB dengan penyimpanan 128GB. Sayangnya tidak mendukung SD card. Tapi saya pikir penyimpanan seperti itu sudah mencukupi.

Baterai OnePlus 5 cukup standar, yaitu 3300mAH. Namun OnePlus menjanjikan kemudahan dengan fitur Dash Charge andalannya. Dengan Dash Charge, kamu bisa mengisi daya handphone ini dengan cepat dan lebih awet. Mereka menyebutkan kalau mengisi daya selama setangah jam bisa digunakan untuk sehari penuh.

Smartphone terbaru dari OnePlus ini juga mendukung beberapa fitur lain. Misalnya fingerprint sensor di bagian depan, dan — ahem — colokan audio 3,5 mm yang akhir-akhir ini sering jadi perbincangan. Jadi boleh dibilang kondisinya cukup normal.

Sayangnya handphone ini tidak anti air.


BACA: 7 Hal Tentang iPhone 7 yang Perlu Kamu Tahu


Harga dan Ketersediaan

Sejauh ini ponsel ini cukup menarik untuk dimiliki. Desainnya cukup keren walau dari belakang sedikit kurang kreatif (mirip iPhone). Teknologinya pun up to date. Tentu saja performanya masih perlu diuji.

Handphone ini dilepas dengan harga mulai dari $479 untuk wilayah Amerika Serikat. Rencananya, OnePlus 5 akan mulai dirilis ke lebih dari 33 negara, seperti Amerika, Kanada, Inggris, India, Cina, dll mulai bulan Juni 2017. Belum ada informasi lebih jauh apakah akan tersedia di Indonesia dan berapa harganya.

Kalau ingin informasi lebih detil bisa mengunjungi website resmi OnePlus.

    %d blogger menyukai ini: