Cara Pasang Situs YouTube Jadi Aplikasi di Komputer Windows atau Mac

Kamu ingin pakai YouTube sebagai aplikasi tersendiri di komputer Windows atau Mac? Bisa. Kini caranya pun sangat mudah.

Asiknya, kamu tidak perlu mencari aplikasi lain, selain situs YouTube itu sendiri. Ya, kini YouTube sudah menjadi Aplikasi Web Progresif (Prograssive Web App / PWA). Hal ini memudahkanmu untuk memasang alias “install” YouTube sebagai aplikasi.

Perubahan ini pertama kali diketahui oleh 9to5Google (via Android Central). Mereka menyebutkan kalau saat ini tidak ada fitur khusus yang membedakan antara YouTube sebagai situs maupun sebagai aplikasi.

Yang jelas, sebagai aplikasi, kamu bisa membuka YouTube secara langsung di komputer hanya dengan klik ikon. Tidak perlu membuka browser dan klik bookmark atau mengetik alamat.

Lalu bagaimana melakukannya?

Cara Membuat Aplikasi YouTube di Komputer Windows atau Mac

  1. Buka browser Google Chrome atau Microsoft Edge.
  2. Buka situs YouTube.
  3. Cari dan klik tombol (+) di kotak alamat browser.
  4. Klik ‘Install’ untuk konfirmasi tindakan.
  5. YouTube akan terpasang sebagai aplikasi di komputer.

Kamu akan menemukan ikon YouTube di daftar aplikasi di komputer. Kalau kamu klik ikon itu, YouTube akan terbuka layaknya aplikasi lain.

Penampilannya pun memiliki sedikit perbedaan. Di bagian atas tidak ada lagi kotak alamat seperti di browser. Cuma ada tombol back dan refresh di sebelah kiri bagian atas. Uniknya, tetap ada fungsi ekstensi seperti di browser.

aplikasi youtube di mac

Sejauh ini memang pemakaiannya tidak terlalu berbeda dengan di browser. Tapi kalau kamu ingin sekedar ingin menonton video YouTube di komputer, dengan aplikasi ini lebih singkat daripada membuka browser.

Nah, selamat mencoba dan salam olahraga.

%d blogger menyukai ini: