Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Pelanggan YouTube Premium akan Bisa Pakai Fitur Zoom di Aplikasi Android

Indri Penulis

Ada kabar gembira buatmu pelanggan YouTube Premium. Karena aplikasi YouTube Android akan mendukung fitur zoom video.

YouTube sering menambahkan fungsi baru ke halaman fitur eksperimental mereka. Biasanya beberapa fitur eksperimental diprogram khusus agar cuma bisa dinikmati oleh pelanggan YouTube Premium.

popculture.id

Inilah yang terjadi baru-baru ini. Dikutip dari situs 9to5google, YouTube baru saja menambahkan fitur zoom baru yang hanya bisa dinikmati oleh pelanggan YouTube Premium di halaman fitur eksperimental mereka.

Tapi perlu diketahui, fitur zoom ini berbeda dengan gesture yang memungkinkan semua pengguna (baik pengguna YouTube gratisan atau berbayar) untuk menampilkan video layar penuh dengan sekali cubit. Fitur zoom hanya bisa memperbesar video hingga beberapa kali, tapi bukan menampilkannya dalam layar penuh.

Selain itu fitur zoom hanya tersedia di aplikasi YouTube Android, dan itupun cuma bisa dinikmati oleh pelanggan YouTube Premium lewat pengaturan profil mereka.

Sayangnya karena fitur ini masih bersifat eksperimental, itu artinya ia belum diluncurkan secara resmi ke pengguna. Demo untuk fitur ini hanya akan tersedia sampai tanggal 1 September 2022.

Setelah itu, kami berharap kalau YouTube akan segera meluncurkan fitur tersebut secara resmi, atau YouTube setidaknya mengungkapkan tanggal peluncuran selanjutnya jika masih ada masalah fungsionalitas dalam fitur zoom di aplikasi YouTube Android.

Sementara itu, YouTube nggak cuma disibukkan dengan berbagai fitur khusus pelanggan YouTube Premium. Semua pengguna YouTube baik yang gratis atau Premium baru-baru ini dimanjakan dengan hadirnya fitur “Edit into a Short.”

Apa fungsi dari fitur “Edit into a Short?” Fitur ini memungkinkan konten kreator memilih klip dengan durasi sampai 60 detik dari salah satu video mereka, lalu membawa klip video tersebut ke tools pengeditan Short (misal untuk menambah teks, audio, dll), dan semuanya bisa langsung dilakukan di aplikasi YouTube Android dan iOS.

Nggak cuma itu, YouTube baru-baru ini juga meluncurkan layanan YouTube Shopping yang memungkinkan penggunanya berbelanja langsung lewat platform. Sayangnya fitur tersebut baru diluncurkan ke sebagian pengguna YouTube di negara tertentu. Belum ada kabar soal kapan fitur tersebut akan hadir di Indonesia.

    %d blogger menyukai ini: