Zapya: Pilihan Lain Transfer File Lewat Wifi

Anom Penulis

zapya wifi transfer

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, berbagi file semakin mudah dilakukan. Baik di komputer maupun perangkat bergerak seperti ponsel. Bahkan dengan perangkat yang punya sistem operasi berbeda. Setelah Easy Transfer, Feem, dan Dukto, ada lagi aplikasi transfer file lewat wifi yang hadir di Windows Phone. Aplikasi itu adalah Zapya.

Zapya merupakan aplikasi transfer file lewat wifi yang hadir di berbagai platform. Kamu bisa mendapatkan Zapya untuk perangkat Android, iOS, dan komputer Windows. Versi Windows Phone, walau sudah tersedia, masih berlabel beta. Artinya masih belum sempurna. Walau begitu, transfer file sudah dapat dilakukan tanpa halangan. Baik mengirim file, atau menerimanya.

Zapya bekerja seperti Feem dan Dukto. Perangkat yang akan digunakan untuk saling transfer file harus terlebih dulu dipasangkan/dihubungkan. Yang menarik, Zapya mendukung transfer file ke grup dengan anggota sampai 5 perangkat.

zapya windows phone

Karena masih berlabel beta, Zapya Windows Phone memang belum optimal. Yang paling mudah terlihat adalah tampilannya. Zapya Windows Phone masih memiliki tombol back di dalam aplikasi. Tidak menggunakan tombol back bawaan Windows Phone. Lalu sejauh yang saya coba, aplikasi ini belum bisa mengakses file selain media. Jadi transfer dokumen saat ini belum bisa dilakukan. Namun, melihat apa yang sudah dimiliki Feem atau Dukto, dan fakta bahwa file dokumen juga bisa diakses, tinggal menunggu waktu saja sampai hal ini hadir.

Untuk komputer, Zapya menyebutkan di situsnya kalau aplikasi ini mendukung Windows XP, Windows 7, Windows 8/8.1, dan bahkan Windows 10. Walau transfer file dari/ke komputer Windows mudah dilakukan dengan kabel data, tidak salah juga menggunakan pilihan lain. Toh, kalau ada wifi, kita tidak perlu repot dengan kabel.

Download:

QR code:

zapya windows phone qr code

Penulis
  1. Akhirnya datang jg apps yg ane cari” dr dlu.. ?

    @anom, ane pny 2 pertanyaan
    1. Utk device hub knp ya susah nyambungin k wifi laptop?
    2. Jk pakai app ini bs rawan pencurian data ga? Scr skrg kan banyak wifi yg bs d bobol oleh oknum

    Thanks

  2. Hm, saya mungkin kurang cukup kompeten buat jawab pertanyaan ini… 😀
    1. Sekarang yang ada di tempat saya ini laptop Mac, tablet Android, ponsel WP ama ponsel Nokia Symbian 😀 . Laptop Windows dibawa ama kakak saya. Jadi saya belum bisa jawab soal nyambungin ke laptop (Windows). Tapi gadget yang ada sekarang kebaca semua sih di device hub.
    2. Hm, saya juga bukan pakar security. Tapi emang agak rawan kayaknya. Saya sih berharap ada notifikasi kayak pair via bluetooth buat ijin jadi pasangan (paired). Sejauh ini kalo device-nya ga dikenal ya matiin aja koneksi/aplikasinya.

    Menurut saya, kayaknya memang masalah koneksi ini belum optimal di versi Windows sekarang. Jaman Windows Phone 7 malah bisa sinkron via wifi ke komputer. Harusnya, masalah ini terselesaikan di Windows 10. Kalo kata Sauron: “One Windows to rule them all” 😀

  3. Hmm, gitu.. Utk jawaban no 2 bener kyk smpean bilang sptnya perlu notif kyk pair via Bluetooth utk keamanannya, iy agak susah jg pairing wifi via win 7 apalagi win 8 ato win 8.1.. Y smg aja ada jawaban d win 10 ntar

    Ok thanks a lot

  4. mending tranfer via bluetooth aja gampang bisa smua media n platfom kecuali “apple” hahaha

Yuk komen

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

    %d blogger menyukai ini: