banner Vivobook S14

8 Keuntungan Facebook Page untuk Bangun Branding dan Promosi

sumber gambar: Timothy Hales Bennett/Unsplash

Siapa yang di sini masih mengandalkan FB untuk promosi? Jika iya, berarti kamu harus tahu berbagai keuntungan Facebook Page. Ini merupakan salah satu fasilitas yang sudah ada sejak lama di Facebook untuk memudahkan kegiatan promosi apapun bentuknya.

Untuk yang belum mengetahui tentang Facebook Page, mari kami berikan penjelasan singkatnya. Facebook Page ini merupakan layanan Facebook untuk kebutuhan marketing di berbagai bidang, entah itu kencantikan, teknologi, hiburan, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa membuat akun khusus untuk mempromosikan jasa atau barang jualanmu. Fungsinya mirip dengan akun Facebook biasa, hanya saja Facebook Page punya fitur yang lebih lengkap. Jadi, nanti ada feed khusus untuk posting yang berkaitan dengan page yang kamu buat.

Lalu, semua pengguna Facebook bisa follow atau likes Page yang kamu punya. Dengan begitu, jangkauan posting Facebook akan lebih luas. Apakah hanya itu saja? Tentu tidak, maka dari itu artikel keuntungan Facebook Page ini kami buat, agar kamu tahu beberapa kelebihannya.

Baca Juga: Handheld Konsol Game Terbaik

Keuntungan Facebook Page

Ada beberapa keuntungan Facebook Page, bukan hanya untuk posting feed saja. Apa saja keuntungannya? Mari telusuri semuanya satu per satu.

1. Bisa Memiliki Jumlah Friends yang Unlimited

Bisa Memiliki Jumlah Friends yang Unlimited
sumber gambar: Austin Distel/Unsplash

Perbedaan yang paling mencolok akun personal dan Facebook Page adalah di bagian jumlah friends atau teman. Akun personal memiliki batas jumlah teman, yaitu maksimal 5000 saja, tetapi keuntungan Facebook Page adalah, ia bisa menambah berapa pun jumlah teman, entah itu ribuan bahkan sampai jutaan.

Jika sudah memiliki banyak teman di Facebook Page maka secara otomatis kegiatan promosi bisnismu akan lebih mudah dijangkau secara luas oleh pengguna masyarakat. Bahkan, peluang marketing-nya pun lebih tinggi karena semua teman di Facebook Page bisa melihat segala update dari akun Facebook Page yang kamu buat.

2. Bisa Membuat Branding Lebih Profesional

Bisa Membuat Branding Lebih Profesional
sumber gambar: LinkedIn

Keuntungan Facebook Page lainnya adalah, kamu akan terlihat seperti akun profesional. Ini sangat penting untuk meningkatkan trust kepada para calon konsumen. Meski banyak yang melakukan branding jualan pakai akun personal, namun hal tersebut terasa sangat subjektif.

Biasanya calon konsumen lebih mementingkan keaslian produk atau jasa yang kamu tawarkan, lebih fokus pada produknya bukan siapa yang membuatnya. Untuk itu, Facebook Page adalah pilihan yang tepat karena lebih fokus mempromosikan konten, produk, atau jasa yang kamu punya.

Dengan begitu, calon konsumen yang ada di Facebook akan lebih fokus melihat detail produknya dan mengambil keputusan untuk loyal pada produk tersebut karena kualitas yang kamu berikan.

Baca Juga: Laptop Terbaik untuk Mahasiswa

3. Meminimalisir Budget Promosi

Meminimalisir Budget Promosi
sumber gambar: Towfiqu barbhuiya/Unsplash

Tidak masalah jika kamu memiliki budget yang minimalis saat memulai bisnis, karena keuntungan Facebook Page lainnya adalah bisa menekan biaya promosi. Semua fitur dan layanan di Facebook Page bisa kamu manfaatkan secara gratis!

Kamu tidak perlu repot lagi melakukan pendekatan promosi yang klasik, seperti sebar pamflet, pasang billboard, spanduk, dan lainnya, cukup posting saja di Facebook Page maka semua followers, likers, dan friends bisa melihat posting-an tersebut.

Namun mungkin effort-nya adalah mencari followers, likers, dan friends. Kamu bisa andalkan akun personal untuk promosi Facebook Page yang kamu punya, atau mungkin bisa coba Facebook Ads dengan biaya yang minimalis.

4. Lebih Mudah Memantau dan Menganalisis Engagement

Lebih Mudah Memantau dan Menganalisis Engagement
sumber gambar: UX Indonesia/Unsplash

Nah, keuntungan Facebook Page yang paling mendasar adalah, mereka akan memberikan data statistik yang akurat mengenai pergerakan dan perkembangan Facebook Page yang kamu punya. Dengan data ini, kamu bisa lebih mudah untuk memantau dan menganalisis engagement dari Facebook Page.

Sebenarnya fitur analisis data ini sudah ada di akun personal, tetapi kembali lagi bahwa akun personal memiliki keterbatasan jumlah teman sehingga hasil engagement-nya pun mungkin tidak akan sebesar dan sedahsyat Facebook Page.

Baca Juga: Laptop Tipis Terbaik

5. Promosi Terbaik untuk Pemilik Website

Promosi Terbaik untuk Pemilik Website
sumber gambar: Luis Villasmil/Unsplash

Jika kamu berpikir untuk meningkatkan visitors organik ke website maka Facebook Page adalah jawaban yang tepat. Seperti yang kami katakan sebelumnya, bahwa keuntungan Facebook Page ini bisa melakukan posting apapun, termasuk menyebarkan link.

Bagi kamu pemilik blog atau website jualan maka menyebarkan link website adalah hal yang paling lumrah dilakukan. Kamu bisa sebarkan lewat Facebook Page sambil melakukan promosi. Biasanya para followers kamu akan penasaran sehingga akhirnya mau klik link tersebut.

Jika mereka sudah klik, tentu secara otomatis akan menambah visitor organik pada website kamu kan? Dengan begitu, kamu sudah berhasil melakukan promosi digital dengan lebih mudah dan efektif.

6. Lebih Mudah Muncul di Search Engine

Lebih Mudah Muncul di Search Engine
sumber gambar: Edho Pratama/Unsplash

Jangkauan Facebook Page bukan hanya para pengguna Facebook, tetapi juga untuk semua pengguna internet. Pasalnya, Facebook Page juga bisa muncul lebih mudah di halaman pertama Search Engine, contohnya adalah Google.

Dengan adanya Facebook Page, kamu bukan hanya sekedar promosi saja tetapi juga meningkatkan strategi marketing ke jangkauan Search Engine di mana pengguna Search Engine seperti Google bisa turut mengunjungi Facebook Page yang kamu punya.

7. Bisa Dikelola oleh Lebih dari Satu Orang

Bisa Dikelola oleh Lebih dari Satu Orang - keuntungan facebook page
sumber gambar: Etienne Boulanger/Unsplash

Asyiknya lagi punya Facebook Page adalah kamu bisa menambahkan banyak admin ke dalam satu page. Tentu ini adalah keuntungan Facebook Page yang tidak bisa kamu temukan jika menggunakan akun personal Facebook biasa.

Dengan banyaknya admin, kamu bisa membagi-bagi tugas sehingga posting-an promosi di Facebook Page pun akan lebih konsisten dan teratur. Kamu bisa meminta siapa pun yang memiliki akun Facebook untuk menjadi admin di Facebook Page.

Baca Juga: Laptop Gaming Terbaik

8. Bisa Membuat Event Tertentu

Bisa Membuat Event Tertentu - keuntungan facebook page
sumber gambar: Eric Rothermel/Unsplash

Lalu, keuntungan Facebook Page yang paling penting di sini adalah kehadiran fitur Event. Kamu yang punya komunitas tertentu, pasti akan sangat terbantu dengan adanya fitur event. Pasalnya, fitur ini bisa membuat jadwal untuk event yang akan datang.

Kamu hanya perlu masukkan informasi event-nya, lalu secara otomatis Facebook Page akan menyebarkan pengumuman informasi event tersebut kepada semua followers, likers, dan friends di Facebook Page.

Dengan begitu, kamu tidak perlu repot mengetok Facebook messanger orang satu per satu untuk memberikan informasi terkait event tertentu. Dan, pastinya, semua followers, likers, dan friends akan diingatkan jika waktu event sudah dekat. Fitur pengingat event-nya pun otomatis kok. Lebih praktis kan?

Nah, setidaknya itulah ke delapan keuntungan Facebook Page yang bisa kamu dapatkan dibanding mempromosikan dagangan atau branding di akun personal. Meski memang agak sulit mencari followers, likers, dan friends, tetapi biasanya semua followers di Facebook Page akan lebih loyal.

Kenapa lebih loyal? Karena biasanya mereka hanya akan follow dan like Facebook Page yang menurutnya relevan dan mereka butuhkan saja. Jadi, ketika punya followers seperti itu, sudah pasti mereka akan menantikan update posting terbaru dari Facebook Page yang kamu kelola.

Sedikit tips untuk membangun dan mengembangakn Facebook Page, rajinlah promosi akun Facebook Page kamu dan pastikan niche-nya tidak campur. Fokus pada satu tema dan topik tertentu saja agar followers kamu lebih betah dan merasa Facebook Page kamu memang berguna dan sangat informatif.

Itu saja penjelasan dari kami, jika kamu memiliki saran yang lebih baik, jangan ragu untuk ungkapkan pendapat kalian melalui kolom komentar. Semoga Facebook Page kamu sukses, ya!

Bagikan:

Tags

Listiorini Ajeng Purvashti

Listiorini Ajeng Purvashti adalah penulis dan editor berpengalaman yang telah memulai karir menulisnya sejak 2017. Dengan latar belakang yang kaya, ia telah berkontribusi pada berbagai website seperti Bacaterus, Carisinyal, Diajartekno, ReviewBukalapak, OSCAS ID, Digitalic ID dan banyak lagi, serta pernah menjabat sebagai chief editor untuk Bacaterus, Keluyuran, dan Kamini. Listiorini juga mengelola blog pribadi yang berfokus pada Korean Culture, ww.hobihepi.com, serta blog tekno yang bertema game, www.playeatsleep.fun. Sebagai pecinta buku yang serius, ia mengasah skill menulisnya melalui kegiatan membaca lintas genre dan aktif sebagai Bookstagram dan Booktokers dengan username @listioriniap.