Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

7 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Mahasiswa 2022, Terlengkap dan Terupdate!

Dari 'si paling murah' sampai 'si paling sultan' komplit!

rekomendasi laptop terbaik untuk mahasiswa
Sumber: iStock
Indri Penulis

Kamu cari rekomendasi laptop terbaik untuk mahasiswa 2022? Wah kebetulan banget, baca ulasan ini sampai selesai untuk dapatkan rekomendasi terbaiknya!

Mahasiswa zaman sekarang pasti membutuhkan laptop untuk menunjang aktivitas perkuliahannya. Memang benar sih, setiap universitas pasti punya lab komputer. Tapi nggak mungkin juga kita memakainya setiap hari.

Punya laptop sendiri tentu jauh lebih efisien. Apalagi kalau pas musim banyak tugas, laporan dan skripsi. Tentu kita bakal menghabiskan banyak waktu di kost atau tempat selain universitas untuk menyelesaikan tugas. So, nggak mungkin pakai komputer lab kan?

Kalau kamu sedang mencari rekomendasi laptop mahasiswa terbaik, kebetulan banget. Zaman sekarang sudah ada banyak laptop yang dirancang khusus untuk mahasiswa.

Kali ini saya bakal memberikan beberapa rekomendasi laptop terbaik untuk mahasiswa 2022 ke kamu. Tenang, saya akan merekomendasikan laptop mahasiswa dari yang termurah sampai termahal. Komplit pokoknya!

Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Mahasiswa 2022

1. ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400)

ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) memiliki spesifikasi dan fitur yang sangat memadai. Kamu bisa memenuhi kebutuhan standar, seperti layar OLED 14 inci 2,8K dengan bingkai tipis, touchpad besar, dan keyboard yang enak dipakai.

rekomendasi laptop terbaik untuk mahasiswa
Sumber: ASUS

Spesifikasi laptop ini meliputi prosesor sampai AMD Ryzen 7 5800H, GPU AMD Radeon, RAM sampai 16GB DDR4, penyimpanan SSD 512GB M.2 NVME PCIe 3.0. Dijamin sangat memadai untuk aktivitas sehari-hari.

Baca Juga:  Review ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition: Berasa Jadi Kosmonot

2. MacBook Air M2

MacBook Air M2 hadir sebagai penerus MacBook Air M1. Laptop ini datang dengan desain ulang yang lebih apik dan tampilan lebih besar.

rekomendasi laptop terbaik untuk mahasiswa
Sumber: Apple

Dari segi performa, laptop ini juga lebih unggul dibanding pendahulunya. MacBook Air M2 ditenagai prosesor Apple M2 dengan CPU 8-core, GPU 8/10-core terintegrasi, dan RAM LPDDR5 hingga 24GB.

Lebih lanjut, MacBook Air M2 memanfaatkan layar Liquid Retine 13,6 inci dengan resolusi 2560 x 1664. Laptop ini juga mampu menyajikan masa pakai baterai yang lama, sehingga membuatnya cocok untuk kegiatan belajar.

3. MacBook Air M1

MacBook Air M2 mungkin memang sudah ada dan bahkan menyajikan kinerja yang lebih bagus. Tapi MacBook Air M1 juga nggak kalah bagus.

rekomendasi laptop terbaik untuk mahasiswa
Sumber: Apple

Laptop entry-level besutan Apple ini sangat cocok untuk keperluan sehari-hari, salah satunya aktivitas belajar mengajar. Apalagi laptop ini mampu menyajikan masa pakai baterai hingga 18 jam.

Seperti laptop Mac pada umumnya, MacBook Air M1 hadir dengan Magic Keyboard Apple, Touch ID, trackpad Force Touch, dan juga layar retina 13,3 inci. Dengan spesifikasi seperti itu, rasanya MacBook Air M1 sudah lebih dari cukup untuk dipakai sekolah.

4. HP Pavilion Aero 13

HP Pavilion Aero 13 hadir dengan sasis magnesium-alloy yang memanjakan mata. Tidak hanya itu, laptop ini juga sangat ringan karena bobotnya cuma 0,94 kg. Hal tersebut membuatnya cocok dibawa pergi sekolah atau belajar di mana pun tempatnya.

svg%3E
Sumber: IT Galeri

Hebatnya lagi, laptop ini juga menawarkan kinerja pemrosesan yang kuat. Ia juga menawarkan masa pakai baterai yang lama, layar cerah serta visual memukau.

5. Acer Chromebook Spin 513

Acer Chromebook Spin 513 sampai sekarang masih menjadi salah satu Chromebook terbaik Acer. Ia adalah Chromebook konvertibel two-in-one dengan layar 13,5 inci yang punya rasio aspek 3:2.

svg%3E
Sumber: Acer

Nah yang bikin seru, laptop ini punya ukuran layar yang hampir setara dengan kerta letter. Hal ini membuat Acer Chromebook Spin 513 sangat nyaman dipakai untuk mencatat dalam mode tablet.

Baca Juga:  6 Rekomendasi Laptop MSI Terbaik 2022, Laptop Gaming Sampai Konten Kreator Komplit!

Selain itu Acer Chromebook Spin 513 juga menawarkan masa pakai baterai yang lama. Membuatnya cocok untuk dipakai belajar sehari-sehari. Tapi sayangnya, laptop ini nggak mendukung port HDMI sehingga kurang kekinian.

6. Lenovo Yoga 7i

Lenovo Yoga 7i menjadi salah satu laptop Lenovo terbaik 2022. Ia adalah laptop konvertibel dengan berat yang hanya 3 pon. Laptop ini cocok banget buat kamu yang butuh laptop untuk keperluan sekolah atau kantor.

rekomendasi laptop terbaik untuk mahasiswa
Sumber: Lenovo

Laptop ini menawarkan sasis logam yang memberikan efek tampilan dan nuansa premium. Ia juga memiliki keyboard yang nyaman dipakai, serta touchpad presisi yang sangat responsif dan smooth.

Tidak hanya itu, Lenovo Yoga 7i bisa kamu pakai dalam beberapa mode, yakni mode laptop dan tablet. Ditambah dengan masa pakai baterai hingga 12 jam 45 menit, laptop ini dijamin bisa mendukung aktivitas belajarmu deh.

7. Dell XPS 13

Dell XPS 13 menyajikan desain yang bersih dan halus. Ia juga sangat ringan dan portabel. Laptop ini datang dengan layar 13,4 inci FHD Infinity-Edge Non-Touch, atau layar 13,4 inci UHD+ InfinityEdge Touch.

svg%3E
Sumber: Dell

Laptop ini ditenagai prosesor hingga Intel Core i7 Gen-12, GPU hingga Intel Iris Xe, RAM LPDDR5 hingga 32GB, dan juga penyimpanan internal SSD M.2 hingga 1TB. Laptop ini cocok banget untuk mahasiswa yang butuh banyak tenaga pemrosesan.

What’s Next?

Baiklah Urban People, itu dia beberapa rekomendasi laptop terbaik untuk mahasiswa 2022. Kamu bisa pilih laptop yang sesuai dengan budget yang dimiliki.

Kalau kamu punya budget yang pas-pasan, kamu bisa pertimbangkan laptop ASUS VivoBook Pro 14 OLED atau MacBook Air M1. Tapi kalau budget-mu kebetulan banyak dan kamu memang butuh laptop mahasiswa spek dewa, kamu bisa pertimbangkan Dell XPS 13.

Baca Juga:  Acer Rilis Acer Swift 3 OLED dan 2 Laptop Acer Spin Edisi Tahun 2022

Oya, kalau kamu butuh rekomendasi laptop untuk keperluan lainnya, saya ada banyak rekomendasi lho. Kalau butuh laptop bisnis, kamu tinggal baca artikel “5 Rekomendasi Laptop Bisnis Terbaik Indonesia Tahun 2022, Handal dan Bertenaga!

Atau kalau butuh laptop gaming, kamu bisa baca artikel “Rekomendasi Laptop Gaming ASUS Terbaik 2022” dari saya.


Jika kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]