11 Keuntungan Facebook Page vs Akun Personal

facebook page

Kali ini saya mau membahas keuntungan Facebook Page dibandingkan dengan Facebook Profile (akun personal). Terutama dari segi penggunaan praktis untuk bisnis. Kenapa ini penting? Karena seringkali orang salah kaprah dalam menggunakan Facebook untuk usaha mereka.

Facebook sendiri sudah menyatakan bahwa Page (Halaman) ditujukan untuk merk, bisnis, organisasi, dan tokoh masyarakat untuk membuat kehadirannya di Facebook, sedangkan Profil (akun personal) mewakili tiap individu. Lebih jauh lagi—kalau mau lebih detil—Facebook menyatakan di halaman Pernyataan Hak dan Kewajiban, butir ke-4 dari pasal ke-4 (Pendaftaran dan Keamanan Akun), bahwa “Anda tidak akan menggunakan kronologi pribadi Anda untuk keuntungan komersial, tetapi akan menggunakan Halaman Facebook untuk tujuan tersebut”.

tentang-facebook-page

Toh di samping hal di atas, keuntungan Facebook Page memang lebih banyak dari pada akun personal. Tidak percaya? Mari kita lihat.

Jumlah teman tak terbatas

Kalau tidak salah, jumlah teman akun personal terbatas hanya sampai 5000 orang. Sedangkan teman di Facebook Page, yang didapat dari Like, tidak terbatas.

Facebook Tab

Hanya Facebook Page yang memiliki Tab informatif. Akun personal tidak (hanya standar). Di dalam Tab ini hadir beberapa fungsi penting, seperti: Tentang, Ulasan (Reviews), Acara (Events), Suka (Likes), Foto, Video, dan Kiriman (Posts). Bahkan kita bisa menambah custom Tab di sini. Misalnya menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membuat kontes, promo, dll.

facebook tabs

Ulasan (Reviews)

Tab Ulasan berguna untuk menampilkan kesan pelanggan terhadap bisnis kita. Tentunya hal ini sangat penting untuk bisnis. Selain sebagai feedback, kalau mendapat rating bagus, bisa menambah kepercayaan orang dan menarik calon pelanggan baru.

Di akun personal jelas tidak ada. Sehingga tidak bisa merefleksikan citra yang baik di usaha kamu.

review di facebook page

Acara (Events)

Di Tab ini kita bisa menampilkan jadwal acara yang ada. Akan tampil baik acara yang lampau maupun acara mendatang. Dengan fitur ini, dengan mudah kita bisa mengirim undangan ke teman-teman. Pengguna lain pun bisa melihat jadwal dengan lebih baik.

Di akun personal, kiriman acara biasanya hanya berupa foto poster dan akan tenggelam di antara kronologi statusmu yang lain.

acara di facebook page

Informasi yang lebih detil

Informasi yang lebih detil hadir kalau kamu memilih kategori Bisnis Lokal. Informasi tersebut meliputi: Alamat, jam kerja, rentang harga, tempat parkir, dan informasi kontak. Fungsi alamat juga terkait dengan peta dan fungsi arahan. Jadi pelanggan yang tertarik bisa dengan mudah menemukan bisnismu.

Hal ini bukan sekedar keuntungan Facebook Page saja, tapi jelas sesuatu yang vital untuk bisnis.

keuntungan facebook page informasi detil

Tombol Tindakan

Dengan Facebook Page, kita bisa menambah tombol yang membantu pelanggan untuk berinteraksi dengan bisnis kita. Pilihan tombol yang ada meliputi: Pesan (Book Now), Telepon (Call Now), Hubungi Kami (Contact Us), Kirim Pesan (Send Message), Gunakan Aplikasi (Use App), Mainkan (Play Game), Beli (Shop Now), Daftar (Sign Up), Tonton Video (Watch Video), Kirim Email (Send Email), Selengkapnya (Learn More).

Akun personal jelas tidak memiliki pilihan ini. Sehingga pelanggan tidak bisa berinteraksi dengan cepat.

tombol facebook page

[junkie-alert style=”white”] Artikel terkait: 3 Langkah Mudah Membuat Facebook Shop [/junkie-alert]

Check-in dan Layanan Lokasi

Sehubungan dengan alamat, peta, dan Bisnis Lokal, dengan fitur ini pelanggan bisa melakukan check-in di tempatmu. Hal ini juga penting sehubungan dengan keterlihatan di News Feed (Kabar Berita).

check in di facebook

Tag dan Komentar

Sebagai Page, bisnis kita bisa di-tag oleh siapa saja. Sedangkan akun personal hanya bisa di-tag oleh teman kita.

Kemudian, kita bisa Like Facebook Page lain dengan Facebook Page kita. Kalau kamu punya rekanan bisnis, ini jelas akan berguna. Bisa saling mempromosikan, saling berkomentar (sebagai Page), dll. Dengan demikian masing-masing bisa menambah jangkauan dan bisa mendapat pelanggan baru.

Admin

Facebook Page bisa dikelola oleh banyak admin. Yang menjadi admin adalah mereka yang memiliki akun personal Facebook. Dengan fitur ini, kamu bisa berbagi tugas atau jadwal dengan rekan kerja atau temanmu. Ini akan memudahkan pengelolaan sehari-hari.

Dengan akun personal, kamu harus berbagi password, dan tidak bisa mengatur dengan baik pembagian tugas ini.

Insight

Facebook Page memiliki statistik. Dengan fitur ini, kamu bisa melihat dan memantau jangkauan kiriman status, foto, video, dll. Kamu juga bisa melihat demografinya (umur, jenis kelamin, dll). Dengan demikian, bisa mengenal lebih baik pelangganmu, dan bisa menyesuaikan strategi pemasaran yang lebih canggih.

Hal ini merupakan keuntungan Facebook Page yang tidak dimiliki akun personal.

Iklan dan Promosi

Dengan Facebook Page, kita bisa beriklan dan mempromosikan konten dengan audiens yang lebih spesifik dan sesuai dengan target pasar kita. Hal ini tentunya membuat kegiatan pemasaran yang kita lakukan lebih efisien.

Selain itu, kita bisa mengiklankan Facebook Page bisnis kita. Akun personal tidak bisa diiklankan.

[junkie-alert style=”white”] Artikel terkait: 4 Faktor yang Membuat Status Facebook Populer [/junkie-alert]

Itulah beberapa keuntungan Facebook Page dibanding akun personal. Semoga dengan artikel ini, kita bisa memanfaatkan Facebook dengan lebih baik.

%d blogger menyukai ini: