Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

21 Aplikasi Populer yang Update ke Universal App Windows 10

Anom Penulis

Kita sudah melihat beberapa aplikasi merilis versi universal app Windows 10. Ini berarti aplikasi tersebut sudah siap digunakan di berbagai perangkat. Paling tidak saat ini berlaku untuk PC dan handphone. Sebenarnya, sudah cukup banyak aplikasi yang melakukan hal tersebut. Kali ini kami mencoba sedikit memberi round up (merangkum) aplikasi populer apa saja yang sudah merilis versi universal app Windows 10.

Daftar yang ada di sini adalah daftar aplikasi yang memiliki nama besar, tidak hanya di Windows saja. Dengan kata lain, aplikasi dari pihak kedua, alias dari layanan itu sendiri. Bukan dari pihak ketiga. Oleh sebab itu, tidak ada aplikasi seperti MyTube, Tweetium, dll di sini. Juga tidak ada aplikasi seperti Microsoft Office (aplikasi pihak pertama/Microsoft).

popculture.id

Dari daftar ini, bisa kita lihat bagaimana respon aplikasi populer terhadap tawaran universal app Windows 10.

Wunderlist

Salah satu aplikasi To-do (tugas) terbaik. Sempat hadir di WIndows Phone 7.5, lalu menghilang di Windows Phone 8. Akhirnya aplikasi ini hadir kembali di Windows Phone 8.1. Beberapa waktu lalu, Microsoft membeli layanan ini. Jadi sangat wajar kalau aplikasi ini termasuk yang mengadopsi universal app.

Dropbox

Salah satu aplikasi/layanan penyimpanan Cloud populer. Rudy Huyn, developer yang terkenal Windows Phone, sekarang bekerja di Dropbox dan bertanggung jawab untuk versi Windows.

EDIT: Koreksi–Aplikasi Dropbox Windows 10 sedang dikerjakan.

Box

Salah satu aplikasi/layanan penyimpanan Cloud populer. Aplikasi ini sudah hadir cukup lama di Windows Phone (sejak 2012). Malah lebih dulu dari Dropbox. Box termasuk layanan yang berkomitmen saat Windows 10 dirilis.

The Wall Street Journal

Aplikasi ini merupakan versi digital dari koran The Wall Street Journal. Didesain untuk Windows 10 dengan menggunakan tampilan ala koran sebenarnya. The Wall Street Journal adalah harian dengan fokus bisnis yang populer (salah satu yang terbesar oplahnya di Amerika), dan dimiliki oleh Dow Jones & Company.

Shazam

Salah satu aplikasi untuk mengenali musik/lagu yang populer. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menawarkan konten yang berhubungan dengan lagu tersebut. Baik lirik maupun video. Layanan ini populer di berbagai platform.

Pandora (T/T di region Indonesia)

Pandora merupakan aplikasi/layanan rekomendasi dan streaming musik populer. Belum lama ini Pandora mengakuisisi Rdio, aplikasi/layanan serupa yang dibuat oleh mantan pendiri Skype.

TuneIn Radio

Salah satu aplikasi/layanan radio online populer. Aplikasi ini menyiarkan banyak stasiun radio dengan berbagai tema, baik musik maupun podcast. Pada tahun 2014, TuneIn mengumumkan ada lebih dari 50 juta pendengar aktif tiap bulannya.

iHeartRadio (T/T di region Indonesia)

Salah satu aplikasi/layanan streaming radio populer. Seperti juga TuneIn Radio, iHeartRadio juga menyiarkan berbagai stasiun radio dengan berbagai konten, mulai dari musik sampai olah raga dan komedi. iHeartRadio sudah mengadakan dua kali acara penghargaan iHeartRadio Music Awards.

VLC

Salah satu aplikasi media player populer. Terkenal sebagai media player yang bisa memutar hampir semua format, termasuk subtitle untuk film. VLC hadir di Windows Phone agak terlambat. Namun kini media player ini sigap hadir dalam universal app.

EDIT: Koreksi–Aplikasi Dropbox Windows 10 sedang dikerjakan.

MX Player

Salah satu aplikasi media player yang populer di Android. Kehadirannya di Windows Phone sempat diragukan. Media player ini juga sigap menangkap peluang dengan universal app. Saat ini masih cukup banyak keluhan mengenai kestabilan aplikasi ini.

Netflix (T/T di region Indonesia)

Sebuah aplikasi/layanan streaming film dan serial TV berlangganan yang populer. Setelah populer sebagai persewaan film, pada tahun 2011, Netflix mulai memproduksi serial orisinalnya sendiri. Salah satu di antaranya adalah House of Cards (Kevin Spacey). Layanan ini belum tersedia di Indonesia.

 

Plex

Sebuah aplikasi/layanan untuk mengatur koleksi media (foto, film, serial tv) dan melakukan streaming  dari satu perangkat ke perangkat lain (berbasis DLNA). Plex juga bisa digunakan sebagai media player. Aplikasi ini bahkan juga sudah bisa digunakan di Xbox One.

Audible

Aplikasi/layanan audio book dari Amazon. Aplikasi ini mendukung sinkronisasi bacaan antar perangkat. Berhenti di satu perangkat, bisa melanjutkan dari posisi tersebut di perangkat lain.

Kobo

Aplikasi/layanan untuk membeli dan membaca ebook yang populer. Mendukung tidak hanya buku, tapi juga komik. Namun buku yang bisa dibaca hanyalah buku yang dibeli melalui layanan ini.

Uber

Aplikasi/layanan taksi populer. Uber membeli divisi peta Microsoft (Bing Maps) untuk memperkuat armadanya. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan Cortana.

Salah satu aplikasi/layanan perjalanan yang populer. Aplikasi ini sedikit konroversial, karena disebut hanyalah berupa web-wrapper (hanya pengalihan dari web, bukan pengalihan menjadi aplikasi native Windows). TripAdvisor sendiri sudah hadir cukup lama di Windows Phone.

Zomato

Salah satu aplikasi/layanan rekomendasi rumah makan populer. Kita bisa melihat menu, foto, telepon, peta, ulasan, dan informasi lainnya yang diperlukan saat memilih restoran.

AccuWeather

Salah satu aplikasi/layanan cuaca populer. Menghadirkan informasi cuaca saat ini beserta rinciannya, juga perkiraan cuaca lokal untuk jangka pendek. AccuWeather sudah hadir di Windows Phone sejak lama.

Figure

Aplikasi pembuat musik yang populer di iOS. Dengan aplikasi ini kita bisa membuat musik dan berkolaborasi. Kehadirannya cukup menghebohkan komunitas penggemar Windows (di Android belum tersedia).

Edjing

Edjing adalah aplikasi konsol DJ. Dengan aplikasi ini kita bisa melakukan remix musik seperti DJ. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi populer di iOS.

BB-8™

BB-8 dari Sphero adalah sebuah mainan robot dari film Star Wars terbaru. Robot ini kelihatannya menjadi ikon baru, menyusul R2-D2 yang legendaris. Aplikasi ini akan mengontrol gerak robot tersebut (seperti remote control).

Beberapa aplikasi/layanan lain yang (diketahui) sedang mengembangkan versi universal app adalah Facebook (beserta Messenger dan Instagram), Adidas miCoach (tahap beta), dan Bank of America. Apakah strategi universal app Windows 10 mulai menampakkan hasil? Terlalu dini nampaknya untuk mengambil kesimpulan seperti itu. Kita lihat apakah akan ada aplikasi universal baru dan apakah aplikasi yang sudah ada akan mendapat update yang konsisten.

Apa ada aplikasi populer lain yang sudah menjadi universal app Windows 10 tapi belum tersebut? Silakan rekomendasikan di kolom komentar.

    %d blogger menyukai ini: