Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

4 Fitur WhatsApp Terbaru Oktober 2022, Edit Pesan Jadi Primadona!

fitur whatsapp terbaru
Sumber: Kurusetra
Indri Penulis

Ada beberapa fitur WhatsApp terbaru yang terbongkar di bulan Oktober 2022. Edit pesan jadi fitur yang paling primadona nih!

WhatsApp selama ini terkenal sebagai raksasa aplikasi chat onlinedi seluruh dunia. Tapi di sisi lain, WhatsApp juga terkenal super lemot dalam meng-upgrade fitur yang ada di platform-nya.

Bahkan WhatsApp selama ini sering dibandingkan dengan pesaingnya, Telegram. Aplikasi biru itu terkenal sangat inovatif dan cepat dalam menghadirkan fitur-fitur baru.

Namun itu dulu, sekarang sepertinya WhatsApp mulai berusaha berbenah diri. Terbukti selama beberapa bulan terakhir, WhatsApp telah meluncurkan dan menguji coba berbagai fitur baru.

Contohnya beberapa waktu lalu, WhatsApp sempat dikabarkan tengah mengembangkan stiker avatar buatan sendiri. Nggak berselang lama setelahnya, WhatsApp mengumumkan fitur baru “Call Link.”

Oktober 2022 ini, WhatsApp kembali mengguncang jagat dunia maya dengan berbagai fitur barunya. Penasaran apa saja fitur WhatsApp terbaru di bulan Oktober 2022? Yuk kemon kita cek!

Fitur WhatsApp Terbaru Bulan Oktober 2022

Fitur “Call Link” untuk Bikin Tautan Panggilan Ala Google Meet

Apa itu WhatsApp Call Link? Call Link adalah cara baru untuk bergabung/memulai panggilan. Cara kerja fitur ini sebenarnya hampir mirip dengan Google Meet.

Dengan fitur ini, pengguna bisa mengirim tautan untuk mulai panggilan suara/video. Selain itu, pengguna juga bisa membagikan tautan kepada orang lain, supaya mereka bisa join ke panggilan yang sedang berlangsung.

Menariknya lagi, cara kerja fitur WhatsApp Call Link nggak sereceh itu. Pengguna juga bisa mengirim tautan ke orang-orang yang nggak ada di daftar kontak mereka. So, siapapun bisa bergabung ke panggilan asalkan mendapat tautan.

Bagaimana cara menggunakan fitur WhatsApp Call Link? Tenang, kebetulan aplikasi WhatsApp saya sudah memperoleh fitur WhatsApp Call Link (fitur ini datang tanpa update). Jadi saya akan bagikan caranya di bawah ini:

  • Buka aplikasi WhatsApp di ponselmu.
  • Selanjutnya buka tabPanggilan.”
fitur whatsapp terbaru
  • Klik fitur “Buat tautan panggilan” yang ada persis di bawah tab Panggilan.
  • Klik menu “Jenis Panggilan” untuk memilih jenis panggilan yang mau kamu buat.
fitur whatsapp terbaru
  • Sebagai contoh, saya akan membuat panggilan suara.
  • Klik opsi “Suara” untuk bikin panggilan suara.
  • Tunggu sebentar sampai tautan yang dibuatkan WhatsApp jadi.
fitur whatsapp terbaru
  • Kalau sudah, klik “Kirim tautan via WhatsApp” untuk mengirim tautan ke kontakmu.
  • Atau klik “Salin Tautan” untuk meng-copy tautan dan membagikannya ke orang non-kontakmu.
  • Atau klik “Bagikan Tautan” untuk membagikan tautan ke platform lain.
Baca Juga:  Begini Tampilan Fitur Polling di Aplikasi WhatsApp Beta iOS

Nah untuk penerima tautan, penerima hanya perlu mengklik tautan tersebut. Setelah itu akan tampil halaman panggilan dengan tombol “Gabung” dan “Keluar.”

fitur whatsapp terbaru

Kalau ingin gabung, penerima tautan bisa klik tombol “Gabung.” Kalau nggak mau bergabung ke panggilan, pengguna bisa klik tombol “Keluar.”

Fitur “Reaksi Status” WhatsApp di Aplikasi iOS

Ada fitur menarik yang hadir lewat pembaruan WhatsApp iOS versi 22.21.75. Sekarang pengguna WhatsApp iOS bisa mencicipi fitur Reaksi Status.

fitur whatsapp terbaru
Sumber: Digital Information World

Sesuai namanya, fitur Reaksi Status memungkinkan pengguna memberikan reaksi ke status orang lain. Untuk saat ini, reaksi yang bisa diberikan adalah berupa emotikon.

Fitur untuk Mengembalikan Chat yang Dihapus

Fitur WhatsApp terbaru yang satu ini tidak kalah seru. Jadi fitur ini memungkinkan pengguna WhatsApp mengembalikan pesan yang sudah mereka hapus.

fitur whatsapp terbaru

Eits, tapi bukan sembarang pesan yang bisa dikembalikan. Hanya pesan yang dipakai pakai fitur ‘Hapus untuk saya’ saja yang bisa dikembalikan.

Fitur ini akan bekerja otomatis setelah pengguna menghapus pesan. Setelah pesan terhapus akan muncul pop-menu “Undo.” Klik menu tersebut dan pesan akan muncul secara ajaib di ruang obrolan.

Fitur Baru WhatsApp “Edit” Biar Nggak Salah Ketik Pesan

Namanya mengetik pesan, ada kalanya tentu pernah salah ketik juga. Ada beberapa hal yang biasa dilakukan pengguna WhatsApp saat mereka salah ketik.

Biasanya ada yang mengirim ulang pesan dengan ejaan yang benar, di bawah teks yang salah. Lalu ada yang menghapus pesan tersebut, lalu mengirim ulang pesan dengan ejaan yang benar.

Tapi WhatsApp sepertinya sudah punya solusinya. Dilansir dari WABetaInfo, WhatsApp sekarang tengah menguji coba fitur edit.

fitur whatsapp terbaru
Sumber: WABetaInfo

Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna mengedit pesan yang sudah terlanjur terkirim. Nanti pesan yang pernah diedit, akan ada label ‘diedit’ atau ‘edited’ pada balon chat.

Namun sepertinya fitur edit WhatsApp tidak bisa dipakai sewaktu-waktu. WABetaInfo mengatakan kalau WhatsApp akan memberi waktu 15 menit untuk pengguna mengedit pesan. Kalau lebih dari 15 menit, pesan sudah tidak bisa diedit.

Baca Juga:  WhatsApp Kini Bisa Bikin Status Terakhir Dilihat Buat Kontak Tertentu

Ingat ya, fitur yang sedang saya bahas ini masih dalam tahap uji coba. Jadi belum ada yang tahu kapan WhatsApp akan meluncurkannya.

Oke, itu dia beberapa fitur WhatsApp terbaru bulan Oktober 2022. Dari beberapa fitur baru yang saya jelaskan di atas, mana yang paling bikin kamu tertarik? Kalau saya sih fitur edit, soalnya saya sering salah ketik. Hehehe.

Jika kamu ingin kasih masukan, kritik atau saran terkait artikel ini, kamu bisa sampaikan ke email [email protected] Atau kamu juga bisa meninggalkan pesan cinta di kolom komentar. ^_^


Oya, jangan lupa baca juga artikel seru seputar teknologi lainnya di Urbandigital. Seperti artikel seputar tutorial, media sosial, game, dll dari Indri. Jangan sungkan juga untuk meninggalkan komentar di artikel saya atau teman-teman yang lain.


Sumber:

  • Fitur “Reaksi Status” WhatsApp di Aplikasi iOS – https://wabetainfo.com/whatsapp-news-of-the-week-editing-messages-and-business-news/
  • Fitur untuk Mengembalikan Chat yang Dihapus –
  • Fitur Baru WhatsApp “Edit” Biar Nggak Salah Ketik Pesan – https://wabetainfo.com/whatsapp-news-of-the-week-editing-messages-and-business-news/