4 Gestur Magic Mouse yang Membuat Navigasi Mac Lebih Cerdas

Magic Mouse adalah item laptop Mac yang sering digunakan. Nah, kalian bisa gunakan 4 gestur Magic Mouse berikut ini agar navigasi Mac lebih canggih.

Sebagai pengguna Mac, kalian punya dua opsi untuk mengontrol komputer. Opsi tersebut adalah menggunakan Magic Mouse atau Magic Trackpad.

Kedua opsi di atas menyediakan gerakan yang berguna untuk menavigasi Mac. Selain itu, kedua opsi tersebut membuat pengguna bisa mengoperasikan fitur macOS dengan lebih mudah.

Walau pun Magic Trackpad lebih hebat, tapi beberapa pengguna justru lebih nyaman memakai mouse. Nah, kali ini saya akan berbagi 4 gestur Magic Mouse untuk kalian.

Gestur Magic Mouse di bawah ini akan membuat navigasi Mac menjadi lebih pintar. Seperti apa gestur tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Sumber Gambar : IT-Planet

Cara Mengaktifkan Gestur Magic Mouse

Setidaknya, mouse ini memiliki 4 gestur yang bisa kalian lakukan. Tapi sebelum menggunakan gestur yang ada di mouse ini, kalian harus mengaktifkannya terlebih dahulu.

  • Buka β€˜System Preferences’ di perangkat Mac kalian.
  • Pada bilah menu, klik menu β€˜Apple > System Preferences.’
  • Klik menu β€˜Mouse’ untuk membuka panel kontrol mouse.
  • Setelah itu, aktifkan fitur β€˜Smart Zoom.’
  • Buka tab β€˜More Gestures.’
  • Centang semua gestur yang ada di bilah ini.
Sumber Gambar : Mac Rumors

Fitur Magic Mouse Gestures

Smart Zoom

Untuk melakukan gesture ini, klik mouse dua kali dengan satu jari di halaman web, gambar atau PDF. Gestur tersebut memungkinkan kalian untuk memperbesar atau memperkecil halaman.

Nah, gestur ini berlaku di area pointer mouse berada. Selain itu, gestur ini berfungsi di sebagian besar browser, PDF atau gambar yang kalian buka di Mac.

Jumlah yang dapat diperbesar gestur ini adalah 50%. Setelah kalian klik dua kali di area yang sama, layar kalian akan mengecil ke tampilan normal.

Smart Zoom adalah cara cepat memperbesar dan memperkecil layar. Jadi, kalian tidak perlu menggunakan shortcut keyboard seperti biasanya.

Buka Mission Control

Salah satu gerakan di Magic Mouse juga bisa kalian gunakan untuk membuka Mission Control lho. Untuk menggunakan gestur ini, kalian hanya perlu klik dua kali mouse menggunakan dua jari.

Sebagian besar pengguna Mac terbiasa dengan Mission Control. Sebab fitur ini dapat menampilkan semua jendela yang terbuka dengan cepat.

Apple Magic Keyboard memang menyediakan shortcut untuk membuka Mission Control, yakni tombol F3. Tapi kalian bisa gunakan gestur ini agar lebih cepat.

Swipe ke Halaman Navigasi Browser

Untuk menggunakan gestur ini, kalian cukup swipe mouse dengan satu jari ke kiri atau kanan. Swipe ke kiri akan menampilkan halaman sebelumnya. Lalu swipe ke kanan akan menampilkan halaman berikutnya.

Gestur ini sangat berguna ketika kalian sedang mencari informasi di browser. Kalian bahkan bisa pindah ke beberapa hasil pencarian Google dengan cepat.

Swipe Aplikasi Full-screen

Cara menggunakan gestur ini yaitu dengan swipe ke kiri atau kanan. Bedanya dengan gestur sebelumnya, kali ini kalian swipe mouse menggunakan dua jari.

Mode layar penuh macOS akan memaksimalkan satu aplikasi, agar tampilan menjadi full-screen. Fitur ini membuat pengguna lebih fokus menggunakan aplikasi.

Di sisi lain, menonaktifkan fitur ini agak susah. Kalian harus klik β€˜sana-sini’ agar mode layar kembali normal. Tapi dengan menggunakan gestur yang saya jelaskan sebelumnya, maka hal tersebut akan lebih mudah.