Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

4 Kelebihan Fitur Komunitas WhatsApp yang Resmi Rilis, Bisa Kirim File 2GB!

fitur komunitas whatsapp
Sumber: Engadget
Indri Penulis

Fitur Komunitas WhatsApp akhirnya resmi tersedia. Ini dia berbagai hal yang bisa kamu lakukan lewat fitur WhatsApp Komunitas.

Sudah sejak beberapa bulan lalu, kabar fitur Komunitas di WhatsApp santer beredar di jagat maya. Akhirnya setelah melewati masa uji coba, fitur tersebut resmi hadir di WhatsApp.

Bagaimana cara membuat Komunitas WhatsApp? Di aplikasi Android, kamu bisa klik tab Komunitas di bagian atas chat. Kalau di iOS, kamu bisa klik tab Komunitas di bagian bawah chat.

Selanjutnya pengguna bisa bikin Komunitas baru dari awal. Atau pengguna juga bisa menambahkan beberapa grup yang sudah ada sebelumnya.

Dalam pengumumannya, WhatsApp mengatakan kalau mereka sudah mulai meluncurkan fitur Komunitas secara global. Fitur tersebut dipastikan tersedia untuk semua orang dalam beberapa bulan mendatang.

Apa Saja yang Bisa Dilakukan di Fitur Komunitas WhatsApp?

Bisa Mengumpulkan Grup dalam Satu Wadah

Kalau diibaratkan, fitur Komunitas adalah wadah untuk menampung beberapa grup dalam satu tempat. Dan yah, memang seperti itulah fungsinya.

fitur komunitas whatsapp
Sumber: WhatsApp

Contohnya kamu bisa bikin komunitas “Desa Plaosan” dengan fitur Komunitas. Lalu di dalamnya kamu bisa memasukkan beberapa grup yang terkait Desa Plaosan. Seperti grup RW 01 Desa Plaosan, grup RW 2 Desa Plaosan, PKK Desa Plaosan, Karang Taruna Desa Plaosan, dll.

Ada Admin untuk Mengatur Komunitas

Sama seperti grup, Komunitas juga akan dipimpin orang seorang admin. Admin punya beberapa kewanangan di dalam komunitas. Apa saja?

Admin bebas memasukkan grup ke dalam komunitas. Admin juga bisa memberikan berbagai informasi kepadasemua orang di grup pengumuman. Tidak hanya itu, Admin juga bisa menghapus chat sesama anggota kalau diperlukan.

Bisa Bikin Polling, Reaksi Emoji dan Share File 2GB

Di Komunitas pengguna bisa bikin polling dan juga reaksi emoji untuk lebing menghidupkan suasana. Bahkan Komunitas juga mendukung pengiriman file dengan ukuran maksimal 2GB (cocok banget buat komunitas kerja sih).

fitur komunitas whatsapp
Sumber: WhatsApp

Masih ada lagi, Komunitas juga mendukung panggilan video hingga 32 orang. Fitur ini juga mendukung grup dengan maksimal anggota sampai 1024 orang.

Baca Juga:  Cara Memperbarui Whatsapp Kadaluarsa di Laptop dan HP, 5 Menit Selesai!

Fitur-fitur tersebut sudah bisa dinikmati di dalam Komunitas. Tapi WhatsApp mengatakan kalau fitur-fitur di atas juga akan hadir di dalam grup biasa.

Chat Aman dan Terenkripsi End-to-End

Karena Komunitas adalah wadah untuk menampung banyak grup, jadi keamanan data tentu sangat penting. WhatsApp sendiri sudah menjamin keamanan setiap chat yang ada di dalam Komunitas.

Setiap pesan yang ada di dalamnya sudah dilindungi oleh enkripsi end-to-end. So, pengguna nggak perlu khawatir chat-nya akan bocor ke pihak lain.

Oke, itu dia beberapa hal yang bisa dilakukan dalam fitur Komunitas WhatsApp. Mana kah fitur yang paling kamu suka?

Jika kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silaka tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected] Jangan lupa baca artikel lain seputar WhatsApp dari Indri ya.


Sumber:

  • Apa Saja yang Bisa Dilakukan di Fitur Komunitas WhatsApp? – https://blog.whatsapp.com/communities-now-available?lang=id