5 Film “Cinematic Universe” Yang Menarik Diikuti

marvel cinematic universe

Istilah “cinematic universe” memang lekat dengan Marvel. Namun selain itu, masih ada beberapa film lain yang mengikuti resep “universe” itu. Yuk kita bahas.

Istilah “universe” berarti dunia. Di sini maksudnya adalah film-film yang ada berada dalam “dunia” yang sama. Jadi walau tokoh-tokoh bisa berbeda di tiap film, tapi mereka masih berkaitan dan bisa bertemu.

Resep ini cukup ampuh menarik minat penonton. Dengan begitu, mereka akan lebih rajin mengikuti film-film yang dirilis. Bahkan dalam jangka waktu lama. Tapi tentu saja, semua tetap tergantung pada si pembuat film.

Nah, sekarang mari kita lihat rangkaian film apa saja yang memiliki “dunia” sendiri.

Dark Universe

dark universe movies

Dark Universe berisi film-film dengan tokoh utama monster dari film horor klasik. Di antaranya terdapat mumi, Dr. Jekyll & Mr. Hyde, the Invisible Man, dll.

Disebutkan bahwa Dark Universe bermula dengan film Dracula Untold. Kemudian film The Mummy yang dibintangi Tom Cruise dan Sofia Boutella hadir. Di film itu juga hadir Russell Crowe sebagai Dr. Jekyll, yang mengindikasi film selanjutnya.

Namun, proyek ini juga disebut gagal dan belum diketahui perkembangannya. Di situs resmi Dark Universe, terdapat foto dengan beberapa pemeran lain selain Tom Cruise, Russell Crowe, dan Sofia Boutella. Di sana ada Javier Bardem dan Johnny Depp. Lalu ada juga video Dark Universe – Monster Legacy di YouTube.

Jujur saja, susunan pemainnya terlihat mantap. Tapi memang jalan cerita sangat menentukan. Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya.

DC Extended Universe

DCEU justice league

DC Extended Universe atau DCEU berisi rangkaian film dengan tokoh-tokoh dari komik DC. Di sana ada Superman, Batman, Wonder Woman, Aquaman, The Flash, Cyborg, dll. Film-film yang sudah hadir di bawah bendera DCEU ini meliputi Man of Steel, Batman v Superman: Dawn of Justice, Suicide Squad, Wonder Woman, Justice League, dan Aquaman.

Yah, kita sudah sama-sama tahu apa yang terjadi dengan “dunia” satu ini. DCEU mendapat kritik pedas dan tidak sesuai yang diharapkan. Proses produksi film-film berikutnya pun penuh dengan bongkar pasang pemeran dan reboot/remake.

Di masa mendatang, DCEU akan menelurkan film-film seperti: Shazam (tahun 2019), Birds of Prey, Wonder Woman 1984, The Batman, The Suicide Squad (reboot), The Flash, dan Aquaman 2. Selain itu juga akan ada film Joker yang diperankan oleh Joaquin Phoenix. Namun belum jelas apakah akan masuk film DCEU atau tidak.

Marvel Cinematic Universe

MCU avengers endgame

Hah. Kelihatannya untuk yang satu ini tidak perlu dibahas lagi. Marvel Cinematic Universe atau MCU adalah “universe” yang paling sukses di dunia film. Rangkaian filmnya sudah terbentang melebihi 3 fase selama lebih dari 10 tahun dan sudah lebih dari 20 film.

Kesuksesan MCU merupakan hasil dari kecermatan mereka menyusun cerita dan urutan film-film terkait. Satu persatu mereka memperkenalkan tokoh-tokoh. Dari belum terkenal sampai menjadi tokoh favorit.

Saat artikel ini ditulis, fase ke-3 akan ditutup dengan film Avengers: Endgame. Namun, setelah itu kita masih bisa berharap ada berbagai film lagi dirilis. Misalnya lanjutan Dr. Strange, lanjutan Black Panther, dll.

Apalagi kini Disney, perusahaan yang memiliki Marvel, sudah membeli Fox, yang memegang lisensi X-Men, Deadpool, dll. Jadi bisa saja MCU akan semakin luas cakupannya dan makin banyak cross-over di dalamnya.

MonsterVerse

godzilla king of the monsters 2019

MonsterVerse adalah rangkaian film yang menampilkan monster-monster raksasa. Yang sudah kita lihat sejauh ini adalah Godzilla dan Kong: Skull Island. Kedua film ini cukup sukses, terutama film Godzilla yang membawa monster asal Jepang ini ke bentuk awalnya (berbeda dengan film Godzilla buatan Hollywood sebelumnya)

Tahun 2019 menghadirkan kelanjutannya, yaitu Godzilla: King of the Monsters. Film itu akan menghadirkan Godzilla beserta kaiju klasik lain (disebut MUTO atau Titan). Ada Mothra, Rodan, dan King Ghidorah.

Film terakhir MonsterVerse akan hadir tahun 2020 (saat ini sedang diproduksi) dengan judul Godzilla vs Kong. Film ini terinspirasi film lama yang berjudul sama (atau mirip). Belum jelas apakah kedua monster ini akan benar-benar bertarung, atau mereka kemudian akan menghadapi musuh lain (sejauh ini mereka sama-sama protagonis).

Wizarding World

wizarding world of harry potter

Wizarding World adalah rangkaian film dari dunia Harry Potter. Sejauh ini kita sudah melihat film Harry Potter yang berdasarkan buku, dan seri Fantastic Beast yang sedang berjalan.

Seperti kita ketahui, film Harry Potter sudah hadir sebanyak 8 film. Sedangkan seri Fantastic Beast dirumorkan akan memiliki 5 buah film. Sudah dua yang beredar, yaitu Fantastic Beast and Where to Find Them dan Fantastic Beast: The Crime of Grindelwald.

Kamu juga sudah tahu bahwa seri Fantastic Beast bercerita dengan latar masa naiknya Grindelwald sebagai penyihir hitam, dan hubungannya dengan Dumbledore. Yah, dengan kemasan makhluk-makhluk ajaib, walau Newt Scamander merupakan tokoh kunci.

Seri kedua Wizarding World ini mendapat cukup banyak kritik. Walau begitu, tetap saja menarik. Karena, berbeda dengan Harry Potter, rangkaian film ini belum ada bukunya. Jadi imajinasi bisa liar.

%d blogger menyukai ini: