6 Aplikasi Menulis Terbaik di Android Yang Perlu Kamu Coba

aplikasi menulis android

Kamu hobi menulis atau ingin jadi menulis? Ingin bisa menulis kapan pun dan di mana pun? Kali ini kami mencoba menawarkan beberapa aplikasi untuk menulis terbaik di Android.

Saat ini kita sudah dimudahkan dengan teknologi. Ketika ada ide datang dari langit, kita sudah tidak perlu menunggu lebih lama untuk menuangnya. Menunggu sampai berhadapan dengan komputer bisa jadi usaha sia-sia. Keburu lupa, bos. Kan ada hape.

Yang menarik, dengan kehadiran smartphone, kini tidak semua orang suka menulis di depan komputer. Ada sebagian yang lebih suka menulis di smartphone. Mungkin karena terasa lebih santai, proses menulis jadi lebih lancar.

Lalu apa aplikasi menulis di Android yang layak dicoba?

1. Jotterpad

aplikasi menulis android jotterpad
Aplikasi Jotterpad

Jotterpad merupakan salah satu aplikasi menulis populer. Tidak heran, karena aplikasi ini memang memiliki berbagai fitur menarik.

Aplikasi ini menawarkan proses menulis tanpa gangguan. Walau begitu, aplikasi ini punya berbagai fungsi untuk mengatur format tulisan, termasuk mendukung sistem markdown. Selain itu, Jotterpad juga mendukung berbagai penyimpanan cloud dan ekspor ke PDF.

Kamu bisa menggunakan Jotterpad secara gratis. Namun, untuk bisa memakai semua fungsi secara penuh, kamu harus memakai versi Creative, Pro, dan/atau Could+.

Download (Android)

2. Ruff

aplikasi menulis ruff
Aplikasi ruff

ruff dibuat khusus untuk proses menulis “sambil jalan”. Jadi tampilannya sederhana, tanpa gangguan, dengan fungsi yang sesuai dengan ponsel. Misalnya, kita bisa menyimpan hanya dengan menggeser ke kanan.

Selain itu, ruff juga memberi informasi teknis soal tulisanmu (banyak kata, dll), punya mode gelap, mendukung fungsi ekspor, dll. Fiturnya mungkin tidak sebanyak aplikasi pengolah kata pada umumnya. Namun, justru inilah yang membuatnya cocok sebagai aplikasi untuk menulis di Android.

Aplikasi ruff bisa kamu gunakan secara gratis (didukung iklan dan fitur terbatas). Kalau kamu memang suka dengan aplikasi ini, kamu bisa upgrade ke versi ruff+. Oya, ruff juga punya versi Windows.

Download (Android)

3. Pure Writer

aplikasi untuk menulis pure writer
Aplikasi Pure Writer

Aplikasi Pure Writer juga merupakan aplikasi yang dibuat khusus untuk menulis di ponsel. Walau tidak seminimalis aplikasi sebelumnya (ada header), namun aplikasi ini juga enak dipakai.

Pure Writer juga menawarkan cukup banyak fitur untuk mengatur format tulisan, menyimpan otomatis, punya folder sampah (trash) untuk menghindari menghapus secara tidak sengaja, dan mendukung penyimpanan cloud.

Aplikasi ini juga bisa kamu gunakan secara gratis.

Download (Android)

4. iA Writer

iA writer for android
Aplikasi iA Writer

iA Writer adalah aplikasi menulis yang sudah populer di Windows, iOS dan macOS. Secara umum, aplikasi ini juga sering dianggap sebagai salah satu yang terbaik. Terutama untuk penulisan dengan sistem markdown.

Selain penulisan dengan markdown, kamu juga bisa melakukan format tulisan dengan cara biasa (seleksi dan tentukan pilihan). iA Writer juga memiliki mode fokus, mode gelap, dan yang menarik, tidak disimpan dengan format khusus. Kamu juga bisa mengintegrasikannya dengan Medium atau WordPress dan dengan layanan cloud, seperti Dropbox dan Google Drive.

Hal lain yang menarik adalah di antara aplikasi menulis keren di macOS, baru iA Writer yang memiliki versi Android. Di platform lain, iA Writer termasuk aplikasi premium. Tapi di Android kamu bisa memakainya gratis.

Download (Android)

5. MS Word

Aplikasi MS Word

Kalau kamu lebih suka aplikasi menulis yang lebih konvensional, aplikasi MS Word tentunya bisa jadi pilihan. Yah, siapa sih yang tidak tahu aplikasi pengolah kata buatan Microsoft ini?

Dari sisi fitur, jelas MS Word sudah terbukti punya banyak dan powerful. Bahkan lebih dari sekedar mengatur format tulisan. Kamu bisa menandai, menambah gambar, dll. Kamu pasti sudah hapal.

Aplikasi MS Word juga sudah tersedia di berbagai platform dan secara online (via browser). Jadi kamu tidak perlu kuatir untuk menulis di mana pun, kapan pun, dan pakai apa pun.

Download (Android)

6. Google Docs

aplikasi google docs
Aplikasi Google Docs

Google Docs adalah aplikasi pengolah kata sejenis MS Word. Aplikasi ini juga punya banyak fitur untuk mengatur format tulisan atau fitur lainnya.

Secara umum, aplikasi ini hadir secara online. Namun di komputer, kamu bisa mengaksesnya dengan mudah lewat browser (termasuk mengakses secara offline). Tentu saja, karena ini Android, kemungkinan besar aplikasi ini sudah ada di ponsel saat kamu membelinya.

Kalau kamu belum punya dan tertarik memakainya, silakan unduh dengan tautan di bawah ini.

Download (Android)

More Stories
inspirasi desain interior kantor idaman
6 Inspirasi Kantor Idaman dengan Desain Interior Keren