8 Seri Game RPG Paling Populer Sepanjang Masa

skyrim rpg

Genre RPG merupakan salah satu genre yang paling populer di dunia game. Begitu populernya, sampai biasanya ada yang berkembang sampai beberapa seri. Nah, apa saja seri game RPG yang paling populer?

Daya tarik utama game RPG terletak pada cerita dan eksplorasi dunia melalui berbagai quest. Termasuk juga mendapatkan berbagai benda powerful entah dari menyelesaikan quest atau dari loot. Memadukan berbagai armor, senjata, jimat, skill, dll juga sangat mengasikkan. Semua elemen itu membuat game RPG bisa relatif lama kita mainkan.

Walau pada umumnya game RPG lekat dengan nuansa dungeon and dragon atau dungeon crawler, ada pula permainan dengan latar belakang berbeda. Di samping itu, juga terdapat mekanisme permainan yang berbeda pula. Seperti tipe hack ‘n slash atau turn-based (strategi).

Dari jaman dulu sampai sekarang, terdapat beberapa seri game yang mampu terus menarik perhatian. Bahkan, tidak hanya versi terbaru saja, versi lama pun masih tetap dicari.

Lalu, apa seri game RPG yang paling populer itu?

1. Final Fantasy

seri game RPG final fantasy IV

Siapa yang tidak kenal dengan seri Final Fantasy? Game RPG buatan Square Enix adalah salah satu game legendaris dengan daftar permainan yang panjang. Seri utamanya saja sudah mencapai 15. Seri utama ini pun sudah banyak yang punya expansion dan versi mobile, termasuk Final Fantasy XV Pocket Edition.

Selain itu, Final Fantasy juga memiliki berbagai permainan lain. Seperti Final Fantasy Tactics, Mobius Final Fantasy, Final Fantasy: Brave Envius, Final Fantasy Adventure, dan masih banyak lagi. Belum kalau kita bicara soal remake dan kaitannya dengan game lain (misalnya dengan Kingdom Heart).

Selain itu, seri Final Fantasy juga hadir sebagai permainan kartu, drama radio, manga, novel, dan juga film. Jadi sudah terbukti kalau seri game ini memang salah satu seri game RPG paling populer.

2. The Elder Scrolls

seri game rpg populer the elder scrolls v skyrim

Pernah lihat meme yang bertuliskan “I took an arrow in the knee“? Meme itu berasal dari kutipan game The Elder Scrolls V: Skyrim (lengkapnya berbunyi: “I used to be an adventurer like you, then I took an arrow in the knee.“).

The Elder Scrolls juga memiliki seri yang cukup banyak. Tiga seri game ini β€” Morrowind, Oblivion, dan Skyrim β€” berhasil memenangkan penghargaan Game of the Year. Selain seri utama tersebut, The Elder Scrolls juga memiliki seri lain, seperti The Elder Scrolls Online, The Elder Scrolls: Legends, dan The Elder Scrolls: Blades.

Di E3 2016, direktur Bethesda Game Studio, Todd Howard, menyatakan kalau mereka sedang mengerjakan seri ke-6. Namun proyek ini masih akan berjalan lama. Di E3 208, Howard menunjukkan teaser trailer seri tersebut dan menyatakan bahwa game ini akan rilis setelah game Starfield.

3. Fallout

fallout 3

Seperti dua game sebelumnya, game Fallout juga memiliki banyak seri, spin-off, dan beserta varian lain. Seri utama sudah sampai pada Fallout 4. Untuk spin-off, ada New Vegas sampai Fallout 76 sebagai yang terbaru. Selain itu ada pula Fallout Shelter yang juga tersedia untuk smartphone.

Game ini memiliki latar post-apocalypse dengan nuansa Amerika tahun 50-an paska perang. Nuansa itu hadir salah satunya melalui lagu-lagu yang ada di radio (pip-boy). Lagu-lagu tersebut pun dirilis sebagai album soundtrack tersendiri.

Oya, game Fallout 3 dan Fallout 4 juga berhasil memenangkan penghargaan Game of the Year. Kedua game ini diarahkan oleh Todd Howard dari Bethesda Games Studio. Fallout 4 dibuat dengan engine dari Skyrim, yang dikembangkan setelah kesuksesan Fallout 3.

4. Mass Effect

mass effect

Mass Effect adalah seri RPG bertema angkasa luar yang dikembangkan oleh BioWare. Seri utama seri ini (sejauh ini) merupakan sebuah trilogi dengan tokoh bernama Commander Sheppard. Trilogi tersebut sangat sukses baik dari pengakuan kualitas maupun komersil.

Trilogi tersebut kemudian bertambah dengan game baru Mass Effect: Andromeda. Selain itu ada pula beberapa spin-off seperti Mass Effect: Galaxy, Mass Effect Infiltrator, dll. Lalu seri ini juga punya wahana di taman hiburan, berbagai novel, komik, dan sudah dibeli hak pembuatan filmnya oleh Legendary Pictures dan Warner Bros.

5. Diablo

diablo 4 classes

Diablo adalah seri game RPG bertipe hack ‘n slash dungeon crawler. Begitu terkenalnya game ini sampai menjadi standar ukuran untuk permainan bertipe sejenis.

Sejauh ini, seri utamanya baru sampai Diablo III. Namun tiap generasi selalu punya expansion. Bahkan generasi ketiga punya 2 expansion, yaitu Reaper of Souls dan Rise of the Necromancer. Blizzard sebagai pengembang game ini sudah mengumumkan kelanjutan seri ini, yaitu Diablo IV, beserta game versi mobile Diablo Immortal.

Seri game Diablo juga sudah hadir dalam bentuk lain, seperti novel, komik, dan mainan.

6. Dragon Quest

dragon quest xi

Dragon Quest adalah seri game RPG populer dari Jepang yang dipublikasikan oleh Square Enix. Serial ini disebut memberi pengaruh besar terhadap permainan RPG di konsol. Seri ini juga sudah hadir dalam berbagai platform dan perangkat, mulai dari PC sampai smartphone.

Seri utama game ini sudah terbentang jauh, sejak edisi asli tahun 1986 sampai Dragon Quest XI di tahun 2017. Jadi hampir menyamai Final Fantasy. Selain itu, juga memiliki banyak spin-off. Misalnya Dragon Quest Monsters, Dragon Quest: Monster Battle Road, bahkan punya seri Slime tersendiri dengan monster itu sebagai tokoh utamanya.

Seri game ini juga sudah diadaptasi ke berbagai media lain. Seperti novel, manga, dan anime. Seri ini juga memegang 6 rekor dunia dari Guinness World Records, menginspirasi desain interior bar di Roppongi, Tokyo, dan menginspirasi serial drama televisi.

7. Might & Magic

might and magic x legacy

Might and Magic merupakan game RPG yang memiliki rentang seri panjang dan dengan spin-off yang tidak kalah populer. Sebagian besar permainan ini berlatar abag pertengahan dengan berbagai tingkat kesulitan, rahasia dan easter egg.

Seri utama Might and Magic sudah terbentang sejauh 10 seri dengan Legacy sebagai seri terakhir. Selain itu, spin-off game ini Heroes of Might and Magic juga sudah sampai 7 seri. Di samping itu masih ada Crusaders of Might and Magic, Warriors of Might and Magic, dll.

Seri ini sering disebut sebagai salah satu permainan yang meletakkan dasar genre RPG, bersama game The Bard’s Tale, seri Ultima, dan seri Wizardry.

8. The Witcher

the witcher 3 wild hunt

Seri The Witcher mungkin tidak punya sejarah panjang seperti seri lainnya. Namun sepanjang 3 generasi game ini, The Witcher selalu berhasil merebut hati penggemar game.

Game hack ‘n slash ini dibuat berdasar novel fantasi karya Andrej Sapkowski. The Witcher memiliki sekuel The Witcher 2: Assassins of Kings (2011) dan The Witcher 3: The Wild Hunt (2015). Seri ketiga game ini termasuk salah satu game RPG terbaik yang menadapat berbagai penghargaan.

%d blogger menyukai ini: