TikTok punya fitur dimana kamu bisa melihat analisis TikTok dari setiap konten-konten yang sudah dibuat. Mungkin beberaap dari kamu belum mengetahuinya, namun melihat analisis TikTok ini sangat penting demi keberlangsungan perkembangan akun TikTok kamu ke depannya.
Memang benar bahwa untuk mengembangkan konten TikTok, kamu harus membuat konten yang menarik. Namun, membuat konten menarik saja tidak cukup, masih ada faktor lainnya, misalnya konten yang fokus pada niche tertentu, model dan konsep video yang disukai penonton, hingga waktu yang tepat untuk posting video.
Bagaimana cara mengetahui semua itu? Nah, salah satu cara bisa mengetahui faktor-faktor itu bisa dilihat dari analisis TikTok. Dari melihat analisis TikTok, kamu bisa cek konten mana yang paling banyak disukai, dan perkiraan waktu posting yang tepat.
Baca Juga: Handheld Konsol Game Terbaik
Tidak hanya itu, analisis juga bisa membantu kamu untuk melihat presentase dan diagram perkembangan setiap konten, mulai dari video views, profile views, likes, comment, bahkan followers pun semua data analisisnya ada. Lengkap, kan?
Nah, untuk itu jika kamu merasa butuh semua informasi analisis tadi, berarti kamu harus tahu cara melihat analisis TikTok. Mudah, kok, kamu bisa coba tutorial dari kami berikut ini, ya.
Pentingnya Memahami Analisis TikTok

Memahami analisis TikTok sangat penting, terutama jika kamu ingin meningkatkan engagement di TikTok. Analisis TikTok memberikan informasi mendalam tentang bagaimana video kamu diterima oleh audiens. Dengan memahami data ini, kamu bisa mengembangkan strategi konten yang lebih efektif dan menarik bagi penontonmu.
Analisis TikTok mencakup berbagai metrik, seperti jumlah tayangan, waktu tonton, tingkat interaksi (seperti suka, komentar, dan berbagi), dan demografi penonton. Dengan memeriksa metrik ini, kamu dapat mengidentifikasi tren dan pola dalam konten yang kamu buat.
Baca Juga: Laptop Terbaik untuk Mahasiswa
Lalu, untuk performa video biasanya dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti waktu posting, tagar yang digunakan, atau bahkan perubahan algoritma TikTok. Oleh karena itu, dengan banyaknya faktor yang mungkin terus berubah, kamu perlu melihat analisis TikTok dengan cermat dengan menggunakan data yang ada.
Selain itu, analisis TikTok juga bisa membantu kamu mengidentifikasi konten mana yang paling efektif dalam menarik audiens baru. Dengan memahami jenis konten yang disukai penonton, kamu dapat mengoptimalkan strategi konten untuk mencapai tujuan spesifik, seperti meningkatkan kesadaran merek, mempromosikan produk, atau membangun komunitas.
Secara keseluruhan, analisis TikTok adalah alat yang membantu untuk membangun engagement dan efektivitas konten di TikTok.
Cara Membuat Akun Bisnis TikTok

Setelah kamu mengetahui alasan betapa pentingnya melihat analisis TikTok, kali ini kami akan menunjukkan bagaimana cara mengakses sekaligus melihat analisis TikTok. Caranya sangat mudah, namun pastikan akun TikTok diubah menjadi akun bisnis dulu.
Untuk membuat akun TikTok kamu beralih menjadi akun bisnis, kami sudah memberikan tutorial detailnya melalui langkah-langkah di bawah ini:
1. Pertama, buka aplikasi TikTok di perangkatmu. Pastikan kamu sudah memiliki akun TikTok. Jika belum, kamu perlu membuatnya terlebih dahulu.
2. Pada bagian bawah aplikasi, kamu akan menemukan ikon ‘Profil’. Ketuk ikon tersebut untuk masuk ke halaman profil akunmu.
3. Selanjutnya, di bagian atas halaman profil, akan ada ikon Menu (biasanya ditandai dengan tiga garis horizontal atau titik). Ketuk ikon tersebut untuk membuka menu.
Baca Juga: Laptop Tipis Terbaik
4. Dari menu yang muncul, pilih opsi ‘Pengaturan dan privasi‘. Dalam menu ‘Pengaturan dan privasi’, cari dan ketuk opsi ‘Kelola akun‘.
5. Di dalam menu ‘Kelola akun’, kamu akan menemukan opsi ‘Beralih ke Akun Bisnis‘. Ketuk opsi tersebut. TikTok mungkin akan memberikan beberapa informasi atau pertanyaan tambahan tentang bisnismu. Ikuti petunjuk yang disediakan untuk menyelesaikan proses peralihan.
6. Terakhir, setelah memilih untuk beralih ke Akun Bisnis, ikuti petunjuk yang disediakan oleh TikTok. Kamu mungkin perlu mengisi informasi tambahan tentang bisnismu atau memilih kategori yang sesuai untuk bisnismu.
Cara Akses dan Melihat Analisis TikTok
Nah, sekarang akun TikTok kamu sudah beralih menjadi akun bisnis, untuk itu kamu bisa mengakses dan melihat analisis TikTok. Ada dua cara untuk mengakses analisis TikTok, yaitu via ponsel dan web, seperti berikut ini:
Melihat Analisis TikTok di HP

Oke, yang pertama, kamu bisa mengakses analisis TikTok melalui HP. Cara ini mudah dilakukan, kamu bisa ikuti tutorial berikut ini:
1. Kamu bisa akses langsung ke akun TikTok di HP.
2. Kemudian, kamu bisa Profile yang ada di bagian kanan pojok bawah.
3. Setelah itu klik bagian Menu dengan ikon garis tiga di bagian atas pojok kanan.
4. Jika Menu sudah keluar, maka kamu bisa langsung klik Settings & Privacy.
5. Di bagian Account, kamu bisa langsung klik Analytics. Selesai deh.
Melihat Analisis TikTok di PC

Oke, selanjutnya adalah kamu bisa akses dan baca analisis TikTok di PC. Namun perlu diketahui bahwa analisis di PC ini kamu harus install dulu aplikasi TikTok untuk PC yang bisa kamu download di sini. Jika sudah, ikuti langkah-langkah ini:
1. Buka aplikasi TikTok PC yang sudah kamu unduh dan install sebelumnya.
2. Kemudian, masuk dan login ke akun TikTok.
3. Untuk melihat fitur analisis TikTok, kamu bisa langsung Profile.
4. Kemudian, lanjutkan dengan klik menu Bussiness Suite. Nah, di sini kamu bisa langsung lihat analisis TikTok, mulai dari overview, audience, hingga video.
Cara Membaca Analisis TikTok
Setelah berhasil mengakses analisis, sekarang kami akan kasih tahu beberapa poin penting tentang cara membaca analisis TikTok. Ada 3 tab yang bisa kamu buka untuk melihat analisis TikTok dimulai dari Ringkasan, Konten, Pengikut dan LIVE
Analisis Konten

Tab Konten menyajikan analisis yang lebih luas untuk setiap video yang kamu posting. Di sini kamu bisa menemukan informasi seperti total penayangan, total suka, komentar, pembagian, waktu tonton rata-rata, video yang ditonton secara penuh, jenis sumber lalu lintas (dari mana orang bisa menemukan video kamu, misal dari FYP), profil, dll. Semua data ini hanya tersedia dalam 7 hari terakhir.
1. Performa
Analisis yang pertama ini bisa kamu lihat dalam dua tab yakni berdasarkan Tayangan Video dan Tingkat Penyelesaian. Tayangan Video akan menampilkan jumlah orang yang menonton kontenmu selama periode tertentu. Sedangkan Tingkat Penyelesaian akan menampilkan jumlah orang yang benar-benar menonton video-mu ‘sampai selesai.’
2. Keterlibatan
Analisis Performa bisa kamu pakai buat memantau jumlah keterlibatan audiens di kontenmu mulai dari suka, komentar, atau bahkan share.
Seperti yang bisa kamu lihat dalam gambar di atas, itu adalah contoh cara kerja TikTok dalam menganalisis keterlibatan audiens. Contoh di tanggal 14 Juni, tercatat ada 81 suka yang berhasil diterima oleh akun TikTok.
Baca Juga: Laptop Gaming Terbaik
3. Pertumbuhan
Pertumbuhan bisa kamu pakai untuk melihat pertambahan jumlah pengikut baru per tanggal, sesuai dengan video yang diunggah di tanggal itu.
4. Retensi
Retensi bisa kamu pakai untuk melihat penurunan durasi orang saat menonton video-mu. Nah lewat data ini, kamu akan lebih mudah menganalisa jenis dan durasi (seberapa lama) video TikTok yang diminati dan nggak diminati audiens.
5. Gender & Lokasi
Kalau yang bagian ini akan menampilkan persentase jumlah penonton di video tertentu berdasarkan gender dan lokasinya.
Analisis Follower TikTok

Tab ini fokus pada informasi soal komunitas yang kamu bangun di TikTok termasuk informasi tentang perkembangan jumlah pengikut, dari mana penonton kamu berasal, jam-jam di mana pengikut sangat aktif di TikTok (per hari / minggu). Data ini bisa kamu lihat dari 7 hari terakhir, atau mulai dari 28 hari terakhir.
1. Jumlah
Sesuai namanya, bagian ini bisa kamu pakai untuk melihat jumlah pengikut saat ini, dan memantau pertumbuhan pengikut selama periode tertentu.
2. Gender
Kalau ini dipakai untuk memantau persentase penonton konten selama periode tertentu secara umum, berdasarkan jenis kelaminnya.
3. Aktivitas
Bagian ini berguna untuk melihat jam-jam di mana follower paling aktif / banyak. Dengan analisis ini, kamu bisa mengira-ngira kapan waktu yang tepat untuk posting video TikTok.
Analisis LIVE TikTok

Terakhir soal tab LIVE. Sesuai namanya, tab ini akan membantumu mendapat insight dari aktivitas LIVE yang kamu lakukan di TikTok. Termasuk jumlah viewer, follower baru, sampai jumlah diamonds.
Oke itu tadi panduan dan cara melihat analisis TikTok ya. Intinya dengan melihat data-data yang ditampilkan di analisis kamu jadi bisa bikin konten yang lebih ringkas, menarik, dan tentunya bisa posting di waktu yang tepat. Dengan begitu, harapanya video milikmu bisa lebih sering muncul di FYP TikTok.
Jika kamu memiliki pengalaman dan tips lainnya seputar melihat analisis TikTok, jamgan ragu untuk bagikan di kolom komentar, ya. Semoga membantu.