Windows Laptop sony

Adaptive Taskbar: Bikin Taskbar Windows Lebih Ringkas

Ingin memakai taskbar Windows dengan ukuran ikon aplikasi lebih kecil supaya tampilan di layar lebih lega? Kamu bisa coba aplikasi yang bernama Adaptive Taskbar.

Bagini. Kalau kamu menggunakan laptop atau komputer dengan layar kecil dan membuka banyak program/aplikasi, Windows akan meletakkan beberapa ikon aplikasi di baris kedua di taskbar yang bisa di-scroll.

Walau cara itu baik untuk tingkat keterlihatan ikon aplikasi (visibility), tapi ada juga yang tidak suka. Karena tidak semua ikon terlihat dan butuh beberapa tindakan untuk mencapai aplikasi tersebut.

taskbar windows di layar kecil
Tampilan taskbar Windows di layar kecil

Adaptive Taskbar akan menggunakan ikon aplikasi versi kecil. Jadi taskbar akan berukuran tidak terlalu tinggi dan bisa menunjukkan semua aplikasi yang terbuka. Yah, tentunya juga dalam batas tertentu. Tapi sudah bisa mencakup cukup banyak kok.

tampilan adaptive taskbar
Tampilan dengan Adaptive Taskbar

Adaptive Taskbar ini bekerja secara otomatis saat kamu menggunakan layar kecil. Pengembang aplikasi ini menyebutkan kalau ukuran standar yang dipakai adalah lebar layar dengan resolusi 1920 pixel di DPI 100%.

Kalau kamu ingin mengatur resolusi tersebut, kamu perlu mengatur secara manual. Yah, hal ini mungkin agak sedikit rumit bagi kamu yang tidak terbiasa. Jika kamu mau mengubahnya, kamu harus mengedit berkas AdaptiveTaskbar.exe.configyang terletak di C:\YOUR_USER\AppData\Local\AdaptiveTaskbar\app-LAST_APP_VERSION\.

[irp posts=”62825″ name=”Kontrol Volume Windows 10 Lengkap? Coba EarTrumpet”]

Hal ini disebabkan karena aplikasi Adaptive Taskbar ini merupakan aplikasi tools yang tidak punya tampilan antar muka. Memang ditujukan untuk bekerja secara otomatis di latar belakang. Jadi, selain pengaturan manual di atas, kalau kamu mau mencabut (uninstall) aplikasi ini, kamu harus melakukannya dari halaman ‘Apps and Features’ di Control Panel.

Nah, kalau kamu tertarik mencoba aplikasi ini silakan donlot dari GitHub dan klik Setup.exe. Aplikasi ini diutamakan untuk Windows 10. Tapi disebut bisa kompatibel dengan Windows 7 atau Windows 8. Selamat mencoba. Siapa tahu kamu lebih suka dengan taskbar Windows yang lebih kecil

Download (Windows)

More Stories
Alien Hive: Tidak Semudah Yang Terlihat
%d blogger menyukai ini: