Adobe Akan Kembangkan Photoshop Untuk iPad

adobe photoshop untuk ipad

Adobe Photoshop mungkin merupakan aplikasi desain paling populer di muka bumi. Program ini sudah bertahun-tahun hadir di komputer. Kabar terbaru menyebutkan kalau Adobe akan mengembangkan Photoshop untuk iPad.

Bloomberg menyebutkan kalau Adobe melakukan hal itu sebagai bagian dari strategi baru, yaitu membuat produknya bekerja di berbagai perangkat. Termasuk Photoshop yang aslinya dibuat untuk komputer dengan keyboard dan mouse.

Langkah ini menyusul keputusan Adobe menyediakan aplikasi dan layanannya dengan teknologi cloud pada tahun 2012. Langkah itu juga merubah sistem beli putus yang sebelumnya ada menjadi sistem berlangganan.

BACA JUGA
Project Rush Dari Adobe Akan Jadi Aplikasi Edit Video Lintas Perangkat

Adobe juga kemudian merangkul perangkat baru yang sekarang paling banyak dipakai, smartphone. Kita bisa menemukan begitu banyak aplikasi dari Adobe, baik untuk Android maupun untuk iOS. Begitu banyak, sampai kadang fungsinya sulit dibedakan.

Namun dari sekian banyak aplikasi untuk perangkat bergerak, belum ada aplikasi desain yang selengkap Photoshop. Sebenarnya cukup masuk akal, karena peralatan desain program sekelas Photoshop sangat banyak. Tidak bersahabat dengan layar yang lebih kecil.

aplikasi adobe di app store

Berbagai aplikasi Adobe di App Store

Kelihatannya Adobe mengambil jalan tengah untuk menyediakan Photoshop untuk iPad, Sebagai tablet, iPad memiliki layar yang lebih besar dari smartphone. Apalagi sekarang sudah ada iPad Pro yang mendekati kemampuan komputer.

Scott Belsky, Chief Product Officer dari Creative Cloud, memberi konfirmasi kalau Adobe memang sedang mengembangkan Photoshop dan beberapa aplikasi desain lain yang bisa bekerja di berbagai perangkat. Mengutip pernyataannya: “There’s a lot required to take a product as sophisticated and powerful as Photoshop and make that work on a modern device like the iPad. We need to bring our products into this cloud-first collaborative era.”

Hal ini sejalan dengan rumor yang menyebutkan kalau Adobe juga mengembangkan aplikasi edit video yang lebih praktis dari Premiere dan bekerja lintas perangkat. Proyek ini disebut dengan nama Project Rush.

Tentu saja, seperti kata Pak Belsky di atas, banyak yang harus dilakukan. Terutama mengubah tampilan dan fungsi peralatan di dalam aplikasi untuk lebih bersahabat dengan sentuhan dan pena stylus.

BACA JUGA
Microsoft Merilis Tablet Baru Surface Go Yang Lebih Kecil dan Lebih Murah

Walau selama ini tablet ditujukan sebagai pengganti kertas, namun ternyata penggunaannya masih belum optimal. Selain masih belum bisa menyamai “feeling” goresan pensil, pena, atau kuas di kertas, harga untuk bisa memakainya cukup mahal.

Toh bagaimanapun perubahan pasti terjadi. Tablet seperti iPad merupakan langkah logis untuk ilustrasi dan desain. Adobe jelas tahu bahwa iPad saat ini masih tetap pilihan utama untuk tablet. Tidak banyak tablet Android yang menyaingi perangkat satu ini.

Apple pun sadar, tetangga sebelah yang bernama Microsoft sedang gencar mengembangkan perangkat 2-in-1. Apalagi perangkat itu bisa menggunakan Photoshop dan aplikasi desain lain sepenuhnya, bukan versi “ringan”.

Sebentar lagi Adobe akan menyelenggarakan acara tahunan MAX. Di acara ini Adobe biasanya mengumumkan berbagai hal dan aplikasi baru, yang nantinya akan dirilis tahun depan. Mungkinkah Adobe akan mengumumkan Photoshop untuk iPad? Kita tunggu saja.

Ada komentar?