Font Map: Melihat Jenis Font dengan Artificial Intelligence

font map peta jenis font
Anom Penulis

Melihat jenis font yang begitu banyak bisa bikin pusing kepala. Tapi ketika teknologi artificial intelligence mengambil alih, hal itu jadi pengalaman luar biasa.

Itulah yang berusaha diwujudkan oleh tim IDEO. Mereka mengumpulkan lebih dari 750 font, mengembangkan analisis dengan bantuan neural network, dan menampilkannya dalam bentuk peta di bidang dua dimensi. Hasilnya adalah Font Map.


Baca juga: Menggambar dengan Mudah dan Cepat di AutoDraw


Eksperimen ini berawal dari tantangan yang dihadapi tiap perancang grafis, yaitu menentukan font untuk proyek mereka. Seringkali font yang dipilih hanya itu-itu saja. Perancang grafis perlu sebuah cara untuk menemukan alternatif atau variasi font lain dengan mudah. Demikian penjelasan Kevin Ho, software designer dan project lead IDEO, di artikel blog-nya.

Font Map menampilkan bidang pencarian beserta beberapa alternatif font di sebelah kiri layar. Sedangkan di sebelah kanan, terdapat sejenis peta yang menampilkan huruf A dalam berbagai jenis font.

melihat jenis font dan alternatifnya

Tampilan berbagai jenis font di Font Map ini terlihat acak. Ada sans serif, serif, script, dll bergabung jadi satu. Sekilas, hubungan di antara font itu tidak nyata.

Kita bisa menggunakan bidang pencarian di sidebar kiri untuk memasukkan nama salah satu font (yang kita kenal). Nanti, akan muncul saran font sejenis di bawahnya, dan peta di sebelah kanan akan menunjukkan posisi font tersebut.

Kalau mau, kita juga bisa menelusuri font langsung di peta. Klik salah satu huruf A untuk melihat nama font tersebut. Sisanya sama seperti proses di atas. Akan muncul beberapa alternatif font sejenis di sidebar kiri.

Apakah hasilnya seperti yang diharapkan?


Baca juga: Edit Wajah dengan Efek Canggih di Aplikasi FaceApp


Mungkin tidak ada jawaban yang tepat. Tiap designer punya kekhasan masing-masing. Cara ini belum tentu sesuai dengan gaya mereka. Apalagi jumlah font yang ada di internet juga jelas lebih dari 750.

Toh, proyek Font Map ini masih disebut sebagai eksperimen. Ini berarti proyek ini bisa berkembang lagi. Apalagi kita bicara soal artificial intelligence.

Artificial intelligence memang sedang tren saat ini. Berbagai aplikasi dan layanan berusaha mengadopsi teknologi ini sesuai bidangnya masing-masing.

Lihat saja. Asisten pribadi seperti Siri, Alexa, Cortana, Google Assistant, atau Bixby. Pengolahan gambar seperti Prisma atau FaceApp. Di aplikasi email seperti Notion atau Astro. Bahkan sampai mobil cerdas seperti buatan Tesla.

Saya membayangkan nantinya Font Map bisa hadir dengan spesifikasi yang lebih jelas. Misalnya menentukan memilih jenis font untuk judul, atau kategori tulisan lain. Dengan demikian bisa digunakan dengan lebih praktis.

Walau begitu, melihat jenis font dalam bentuk peta seperti ini cukup keren juga. Nah, kalau mau melihat-lihat silakan kunjungi situs Font Map.

    %d blogger menyukai ini: