Adobe MAX 2020: Neural Filter di Photoshop, Illustrator Di iPad, dan Color Grading di Lightroom

Pada acara MAX 2020, Adobe memperkenalkan berbagai hal menarik pada aplikasi kreatif mereka. Salah satunya adalah filter canggih yang ada di Adobe Photoshop , iPad yang kini mendapat aplikasi Illustrator, dan kehadiran Color Grading di aplikasi Lightroom.

Adobe menyebutkan bahwa tantangan untuk para kreator di tahun 2020 ini adalah bisa bekerja bersama secara sinkron. Di samping itu, seiring perkembangan teknologi, proses kreatif harus bisa berjalan di mana saja, kapan saja, dan tetap relevan.

Untuk itulah Adobe mengembangkan berbagai fitur dan aplikasi di berbagai perangkat. Beberapa fitur dan aplikasi yang Adobe perkenalkan di acara MAX 2020 sangat menarik.

Filter Neural di Photoshop

Adobe menambahkan beberapa peralatan edit di Photoshop yang memanfaatkan teknologi machine learning Adobe Sensei. Di antaranya ada sky replacement tool dan edge selection berbasis AI. Tapi yang mencuri perhatian adalah kehadiran filter Neural di Photoshop.

contoh pemakaian Neural filter (foto: Adobe)

Dengan filter Neural ini, pengguna bisa menyesuaikan umur dan ekspresi pada obyek foto. Pengguna juga bisa menghapus kacamata atau menghaluskan kulit. Bahkan, bisa juga memindah makeup dari satu orang ke orang lain atau mewarnai foto hitam putih. Semua dilakukan dengan mudah.

Adobe Illustrator untuk iPad

Adobe memperbarui beberapa peralatan di Illustrator. Misalnya Recolor Artwork Tool yang bisa menarik warna dari foto. Tapi yang lebih seru, kini Illustrator juga hadir di iPad.

Keuntungan terbesar kehadiran aplikasi ini di iPad tentunya adalah menggambar dengan mudah di mana saja dan kapan saja menggunakan Apple Pencil di aplikasi vector nomor satu di dunia.

illustrator untuk ipad
(foto: Jhonny Núñez | Adobe)

Adobe menyesuaikan tampilan antar muka Illustrator agar mudah dipakai di layar iPad yang relatif lebih kecil dari laptop atau monitor komputer. Adobe nantinya akan membawa lebih banyak efek dan kuas dan juga akan melengkapi aplikasi ini dengan teknologi machine learning Adobe Sensei.

Adobe Fresco untuk iPhone

Adobe Fresco adalah sebuah aplikasi untuk menggambar dan melukis secara digital. Bisa disebut sebagai aplikasi dengan pemakaian yang lebih spesifik dibanding Illustrator. Nah, kini aplikasi Adobe Fresco juga hadir di iPhone. Jadi, kamu tetap bisa berkarya walau cuma punya smartphone.

adobe fresco untuk iphone
lukisan karya Jinjin Sun (foto: Adobe)

Color Grading Hadir di Lightroom

Sebelum ini, Adobe sudah memberikan teaser soal kehadiran Advanced Color Grading di aplikasi Lightroom. Kini Adobe sudah mengumumkannya secara resmi.

Dengan fitur ini, editor bisa menerapkan pewarnaan seperti yang biasa dilakukan untuk film. Pengguna bisa mengatur cahaya dan warna baik untuk highlight, midtone, dan shadow. Kamu bisa menemukan fitur Color Grading ini di Color tool di aplikasi Lightroom.

(foto: Adobe)

Pembaruan Fitur di Aplikasi Editing Video dan Animasi

Adobe juga memperbarui fitur di berbagai aplikasi editing video. Termasuk Adobe Premiere Rush, Premiere Pro, dan After Effect.

Premiere Rush mendapatkan koleksi grafis baru untuk judul, overlay, dan transisi. Selain itu ada pula dukungan akses untuk koleksi suara dari aplikasi Splice. Tidak lupa, ada motion effect seperti pan, zoom, dan auto reframe di aplikasi Rush untuk semua platform.

Di Premiere Pro, Adobe menambahkan fitur Speech to Text dan menambahkan sistem caption baru, termasuk mengatur gaya teks. Sedangkan untuk After Effect, Adobe menambahkan Roto Brush 2, animasi berbasis suara (speech-aware animation), dan 3D design space.

%d blogger menyukai ini: