Adobe Photoshop & Illustrator Punya Versi Web. Bisa Edit Foto Online!

Adobe resmi menghadirkan Photoshop dan Illustrator versi web. Di sana kamu bisa mengedit foto online, sampai berkolaborasi dengan orang lain.

Acara Adobe MAX 2021 telah resmi digelar. Dalam acara ini, Adobe mengumumkan banyak hal penting. Namun ada satu kabar menarik buatmu penggemar aplikasi Photoshop.

Melalui situs resminya, Adobe mengumumkan kalau mereka telah menghadirkan Photoshop dan Illustrator versi web. Meski masih dalam tahap beta, namun versi web ini cukup seru lho.

Adobe Photoshop & Illustrator Versi Web

Sebenarnya cara kerja aplikasi versi web ini sangat sederhana. Kamu bisa mengunggah gambar ke web Photoshop/Illustrator (bakal disimpan ke cloud).

Nanti kamu bisa mengajak orang lain buat berkolaborasi. Nah, orang yang kamu ajak kolaborasi bakal bisa meninjau dan menambahkan komenter langsung ke browser, tanpa perlu mengunduh aplikasi atau berlangganan Creative Cloud. Menariknya, komentar mereka nanti juga bakal tampil di aplikasi desktop atau iPad-mu.

Sumber : Adobe Blog

Nggak cuma itu, di aplikasi versi web ini kamu juga bisa melakukan pengeditan foto secara online lho. Tapi karena dia sifatnya online, jadi tools yang tersedia nggak selengkap versi aplikasi dekstop/iPad. Tools yang ada di versi web cuma diperuntukkan untuk proses pengeditan cepat saja.

Di Photoshop dan Illustrator versi web, kamu bisa berbagi foto dari aplikasi desktop atau iPad ke website. Karena ini sifatnya online, jadi kamu bisa mengajak orang lain buat berkolaborasi.

Untuk ketersediaannya, Photoshop web kini telah tersedia dalam versi beta publik. Untuk mengaksesnya, kamu bisa kunjungi Adobe Help Center dan klik tombol “Open in Photoshop on the web beta.”

Sedangkan Illustrator versi web saat ini tersedia dalam versi beta pribadi. Kamu bisa meminta akses dan bergabung dengan program beta di sini.

Creative Cloud Space & Creative Cloud Canvas

Selain mengumumkan Photoshop dan Illustrator versi web, Adobe juga ikut mengumumkan dua program anyar yang nggak kalah menarik lho. Mereka dalah Creative Cloud Space dan Creative Cloud Canvas.

Sumber : Adobe Blog

Creative Cloud Space adalah sebuah platform kolaborasi bikinan Adobe. Di platform ini, kamu dan semua anggota tim bisa mengakses file, pustaka, sampai berbagi tautan dalam satu lokasi.

Sedangkan Creative Cloud Canvas adalah sebuah tempat di mana kamu dan anggota tim bisa menampilkan dan memvisualisasikan karya kreatif. Intinya di platform ini, kamu dan tim bisa berkolaborasi secara real-time.

Sumber : Adobe Blog

Setiap kamu atau anggota tim mengedit foto, hasilnya bakal langsung terlihat. Selain itu, kalian juga bisa saling melempar komentar langsung ke Creative Cloud Canvas (ini cocok banget buatmu yang sedang WFH).

Sementara itu, Creative Cloud Space dan Creative Cloud Canvas tersedia hari ini dalam versi beta pribadi terbatas. Kamu bisa mengaksesnya di sini.

%d blogger menyukai ini: